Fakultas Kedokteran ULM

Praktek Lapangan Mata Kuliah Pengantar Lingkungan Lahan Basah

HomeBeritaPraktek Lapangan Mata Kuliah Pengantar Lingkungan Lahan Basah
Kegiatan Praktek Lapangan Mata Kuliah Pengantar Lingkungan Lahan Basah dari Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Martapura – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedoktean Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) telah menyelenggarakan praktek lapangan mata kuliah Pengantar Lingkungan Lahan Basah yang dilaksanakan selama 2 hari Sabtu dan Minggu tanggal 21- 22 Mei 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Desa Keliling Benteng Ulu Martapura Barat Kabupaten Banjar. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan mahasiswa secara langsung kepada masyarakat yang ada di lingkungan lahan basah beserta aspek sosiokultural kearifan lokal serta menentukan solusi dari masalah yang mahasiswa temukan selama di lapangan dan melatih mahasiswa berkomunikasi di masyarakat.

Sesuai dengan Visi PSKPS FK ULM yaitu: “Menjadi Program Studi Kedokteran yang unggul dan berdaya saing dalam IPTEK kedokteran khususnya di lingkungan lahan basah”, maka pada kurikulum tahun 2021 terdapat mata kuliah Pengantar Lingkungan Lahan Basah. Mata kuliah ini bertujuan mengenalkan mahasiswa terhadap lingkungan tempat Fakultas Kedokteran ULM berada.  Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah Praktek Lapangan. Pada kegiatan ini mahasiswa terjun langsung ke lapangan melihat sosiokultural kearifan lokal pada lingkungan lahan basah serta menentukan model pemberdayaan masyarakat pada lingkungan lahan basah yang sesuai.  Jadi mereka bukan hanya mendapatkan teorinya saja tetapi juga langsung melihat di lapangan.  Hasil data yang mereka dapat dilapangan akan di tindak lanjuti dengan kegiatan yang sesuai dengan masalah yang ditemukan selama mereka praktek lapangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Martapura Barat Bapak Ahmad Rabani, A.Ks., M.Si; Dekan FK ULM Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F., SH; Wakil Dekan Bidang akademik Bapak dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D; Kepala Puskesmas Martapura Barat Bapak Irfan Maulana, Ns, M.Kep., Sp.KMB; Kepala Desa Keliling Benteng Ulu Bapak Mahlani; Ketua RT 1-9 Keliling Benteng Ulu; Dosen pembimbing prodi kedokteran program sarjana; Aparat desa lainnya serta para mahasiswa PSKPS FK ULM angkatan 2021 yang mengambil mata kuliah pengantar lahan basah.

Tags: