Fakultas Kedokteran ULM

PSKPS MENYELENGGARAKAN KLINIK PROPOSAL PENELITIAN 2023

HomeBeritaPSKPS MENYELENGGARAKAN KLINIK PROPOSAL PENELITIAN 2023
14Sep

Banjarmasin – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) telah menggelar Klinik Proposal Penelitian untuk Dana Hibah Nasional (Pembimbingan Intensif Hingga Menghasilkan Proposal) pada hari Rabu, 13 September 2023. Pelaksanaan kegiatan ini digelar secara offline yang bertempat di Ruang Seminar Lantai 4 Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin.

Penelitian merupakan salah satu kegiatan pendidikan di perguruan tinggi, selain dari kegiatan pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan penelitian adalah syarat mutlak yang harus dilakukan untuk peningkatan publikasi nasional dan internasional serta paten. Berdasarkan data tahun 2022, proposal penelitian yang mendapat dana hibah nasional adalah sebesar <5%, dana hibah institusi (ULM) adalah sebesar 99,1% dari 127 proposal yang diajukan. Sedikitnya proposal yang mendapat dana hibah nasional mendorong Unit Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) PSKPS untuk melakukan upaya agar ada peningkatan kualitas dan kuantitas proposal penelitian yang mendapat dana hibah nasional. Upaya UP2M PSKPS dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen adalah dengan menyelenggarakan Klinik Proposal Penelitian dengan mengundang reviewer nasional yang kompeten dalam pembuatan proposal penelitian dana nasional.

Kegiatan ini mengundang reviewer nasional, Dr. M. Syahdan, S.Pi., M.Si dari Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat. Beliau juga memiliki sertifikat kompetensi dalam Bidang Pengelola Perikanan dengan kualifikasi/kompetensi Ahli Evaluator Pengelolaan Perikanan dengan Pendekatan Ekosistem dari Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan. Beliau juga memiliki sertifikat Asesor Kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi, dan Reviewer Penelitian (Research Reviewer) Standards of SNI ISO/IEC 17024: 2012, yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Person (LSP) Quantum HRM International. Selain itu beliau juga memiliki berbagai penelitian maupun publikasi ilmiah. 

Acara diselenggarakan mulai pukul 09.00 WITA, dimulai dengan pemberian sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Dr. Dra. Fujiati, M.Si. “Proposal yang didanai hibah nasional masih sedikit, jadi pada hari ini kita bersama-sama dari Unit P2M sepakat, kita membuat pokja sehingga minimal ada 1 yang diterbitkan dan digarap bersama-sama untuk diajukan ke nasional. Jadi kita bisa mengajak para dosen homebase PSKPS untuk bersemangat membuat penelitian. Kita hari ini akan mendapatkan trik bagaimana agar bisa lolos hibah nasional. Jika bisa dibimbing untuk mengetahui dimana kekurangannya, kemudian diperbaiki sampai menjadi minimal 1 proposal untuk diajukan di tahun 2024” tutur beliau.

Selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes “Harapannya, luaran dari kegiatan ini setidaknya ada proposal yang disubmit, entah itu nanti berkelompok atau pun nanti seperti apa yang penting goal kita harus tercapai. Sehingga nanti  saat diajukan itu sudah bentuknya matang tiga perempat lah jadi tinggal dipoles sedikit sehingga nanti kita bisa mensubmit proposal yang berkualitas sesuai dengan yang diinginkan oleh penyandang dana”. tutur beliau.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari reviewer, Dr. M. Syahdan, S.Pi., M.Si tentang Trik Menghindari Kesalahan Dalam Pembuatan Proposal Penelitian Hibah DRPM dan beliau juga membedah proposal penelitian dari para peserta sehingga dapat mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki dan menjadikan proposal penelitian dapat lebih baik lagi. (hf/nss). 

Penulis                  : Helmi Faniasa, S.Pd

Program Studi      : Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor         : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 14 September 2023

Tags: