Fakultas Kedokteran ULM

Perjalanan Karir Hingga Pengukuhan Guru Besar

HomeBeritaPerjalanan Karir Hingga Pengukuhan Guru Besar
14Sep
Foto Penganugerahan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional di Jakarta

Banjarmasin, 13 September 2023 – Pada hari ini dikukuhkan kembali seorang dokter spesialis anak menjadi Guru Besar, bertambah lagi satu orang profesor dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Bertempat di Aula Gedung Rektorat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, pukul 09.00 Wita, rapat terbuka senat ULM dengan acara Pengukuhan Profesor dilaksanakan dengan khidmat.

Rapat terbuka senat kali ini akan mengukuhkan sepuluh guru besar yang dibagi menjadi dua hari dengan masing-masing hari mengukuhkan lima orang profesor dan Prof. Parlin, nama panggilan beliau dikukuhkan pada hari pertama yaitu Rabu tanggal 13 September 2023.

Prof. Dr. dr. Harapan Parlindungan Ringoringo, Sp.A(K) dilahirkan di Palembang pada tanggal 28 Mei 1963, memiliki seorang istri yang bernama dr. Leonora Augusta Legoh, satu orang anak laki-laki dan dua orang anak perempuan yang semuanya mengikuti jejak orang tuanya sebagai dokter.

Beliau menghabiskan masa kecil di Jakarta dan berpindah ke Yogyakarta di masa remajanya, kemudian berkuliah kembali di Jakarta dengan mengambil jurusan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta. Beliau juga melanjutkan sekolah kedokteran di bidang spesialis Ilmu Kesehatan Anak dan Doktor di Universitas yang sama.

Pada tahun 1997 beliau hijrah ke Kalimantan Selatan dan menjadi staf dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, menetap di kota Banjarbaru dengan menjadi staf dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Banjarbaru.

Banyak Penelitian yang telah beliau publikasikan menjadi jurnal baik nasional maupun internasional seperti Prevalence of iron deficiency anemia and reference range of complete blood count, reticulocyte parameters in infants aged 9–11 months terbitan International Journal of General Medicine. 8017-8024. 2022 atau Reference range of complete blood count, Ret-He, immature reticulocyte fraction, reticulocyte production index in healthy babies aged 1–4 months terbitan Scientific Reports. 13 (1), 423. 2023.

Beliau juga aktif sebagai reviewer artikel di jurnal internasional bereputasi scopus, diantaranya Am J Case Rep, Open Access Macedonian Journal Of Medical Sciences:Scopus Q3, International Journal Of General Medicine: Scopus Q2, Clinical Epidemiology: Scopus Q1 atau Paediatrica Indonesiana: Scopus Q4.

Selain itu beliau telah memperoleh sebanyak 11 Paten HAKI, diantaranya Pendekatan Diagnosis Pucat dan Anemia pada Anak di tahun 2021 dengan nomor pendaftaran: EC00202124693 Tanggal Publikasi: 21 Mei 2021 Nomor Pencatatan : 000254889 atau Deteksi Dini Anemia pada Anak dan Remaja Serta Pencegahannya di tahun 2021 juga dengan nomor pendaftaran: EC00202158259 Tanggal Publikasi: 27 Oktober 2021 Nomor Pencatatan : 000294776.

Penghargaan-penghargaan yang telah beliau raih diantara Tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya XX Tahun. Sebagai dokter utama pada RSUD Banjarbaru, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan di tahun 2014 oleh Pemerintah Republik Indonesia, Juara 1 Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Kategori Dokter Pendidik Klinis di tahun 2023 oleh Gubernur Kalimantan Selatan atau Menjadi Tenaga Kesehatan teladan Tingkat Nasional Kategori Dokter Pendidik Klinis di tahun 2023 juga oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Bukan hanya itu saja, banyak kegiatan di masyarakat yang telah beliau laksanakan melalui kegiatan pengabdian masyarakat, diantaranya Penyuluhan Anemia Defisiensi Besi Pada Balita BGM di Puskesmas Rawat Inap Cempaka pada tahun 2021, Penatalaksanaan Penanganan Thalassemia di RSD Idaman Banjarbaru: bekerjasama dengan Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Banjarmasin pada tahun 2021 atau Penanggulangan Dampak Bencana Banjir juga di tahun 2021.

Kini beliau telah dikukuhkan sebagai Guru Besar sebagai bukti dari pengabdian beliau terhadap dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Teruslah berkarya dan membangun.