Fakultas Kedokteran ULM

Mahasiswa PSKPS Meraih Prestasi KN-MIPA Tingkat Universitas

HomeBeritaMahasiswa PSKPS Meraih Prestasi KN-MIPA Tingkat Universitas

Fathan dan Ahmad mengikuti perlombaan ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi keduanya dalam mencapai prestasi di KN-MIPA di Tingkat Universitas Lambung Mangkurat. Setelah lolos di tingkat Universitas Fathan dan Ahmad mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Tingkat Wilayah di tanggal 23-24 Juli 2022 dan berharap agar dapat lulus ke tingkat Nasional. “Alhamdulillah saya bisa mendapatkan juara 3 dalam bidang biologi. Walaupun prodi yang saya ambil ini tidak sepenuhnya mempelajari tentang biologi seperti yang ada di soal KN-MIPA, namun cukup untuk membuktikan bahwa mahasiswa kedokteran juga dapat berprestasi dibidang MIPA, dan dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya yang mengambil prodi FMIPA.” Kata Fathan

“Saya sangat kaget dan senang bisa lolos, karena seperti saya katakan tadi dari segi persiapan materi saya hanya mereview sedikit materi yang saya pelajari waktu Aliyah karena tidak ada banyak waktu bagi mahasiswa kedokteran untuk belajar yang lain.” Kata Ahmad

Selain itu keduanya juga memberikan tips and trick agar dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi. “Persiapan yang matang dan juga strategi dalam mengikuti lomba adalah hal sangat penting agar kita bisa menjuarai suatu kompetisi/lomba. Persiapan dalam mengikuti lomba meliputi persiapan teknis dan non teknis. Untuk persiapan teknisnya yaitu terkait dengan belajar dan juga mengatur strategi belajar. Pemahaman terhadap materi adalah kunci agar kita bisa menjawab soal soal dalam olimpiade/kompetisi. Strategi dalam pembelajaran juga tidak kalah penting agar kita dapat belajar dengan efektif dan efisien. Sedangkan untuk persiapan non teknisnya, terkait dengan pengalaman kita mengikuti kompetisi, pengalaman kita menjawab berbagai jenis soal dalam olimpiade/kompetisi, kesiapan mental kita dalam menghadapi suatu perlombaan. Terakhir yaitu do’a dan dukungan dari keluarga, teman, guru, dan juga orang orang yang ada di sekitar kita akan sangat berarti bagi kita, terutama untuk meningkatkan semangat juang kita ketika kita berada dalam titik terbawah/kalah dalam berkompetisi, karena sejatinya memang perjalanan menuju sukses tidak akan selalu mulus.” tutur Fathan.

“Menurut saya yang paling diperlukan untuk mendapatkan prestasi adalah semangat yang diberikan dari orang yang akan selalu ada untuk kita yakni orang tua dan guru spiritual, yang mereka selain memberikan semangat juga selalu memberikan nasihat dengan harapan saya bisa terus berprestasi, bila sudah ada perasaan seperti ini maka usaha untuk meraih prestasi akan terus dilakukan. Semangat dan harapan dari mereka lah yang membuat saya selalu memiliki ambisi untuk berprestasi karena mereka akan selalu ada untuk saya. Tidak perlu pacar karena ada waktunya pacar akan membuat kita sakit hati yang mana itu pasti membuat kita kehilangan semangat.” tutur Ahmad.

Kita doakan semoga Fathan dan Ahmad dapat mendapatkan juara di tingkat wilayah dan lolos ke tingkat nasional di KN MIPA. (Hel/Dia).

 

Nama Penulis                          : Helmi Faniasa
Asal Program Studi                : Kedokteran Program Sarjana
Nama Editor                            : Noor Diani

 

Tags: