Fakultas Kedokteran ULM

Pelatihan Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE 2023

HomeBeritaPelatihan Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE 2023
17Jul

Banjarmasin – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) telah menyelenggarakan Pelatihan Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE (Objective Structured Clinical Examination) pada Sabtu, 15 Juli 2023. Kegiatan ini bertempat di Ruang Kuliah Besar 4 Lt. 4, Ruang Seminar Lt. 4 dan Ruang Skill Lab FK ULM.

OSCE adalah suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. Objektif karena semua mahasiswa diuji dengan ujian yang sama. Terstruktur karena yang diuji keterampilan klinik tertentu dengan menggunakan sistem penilaian tertentu. Selama ujian peserta berkeliling melalui beberapa station yang berurutan. Pada masing-masing station ada suatu tugas atau soal yang harus dilakukan/ didemonstrasikan. Peserta akan diobservasi oleh penguji selama mengerjakan tugas. Pada beberapa station peserta juga dapat diuji mengenai kemampuan menginterpretasi data atau materi klinik serta menjawab pertanyaan lisan. Setiap station dibuat seperti kondisi klinik yang mendekati senyata mungkin dan mempunyai materi uji yang spesifik. Semua peserta diuji mengenai materi klinik yang sama. Lamanya waktu untuk masing-‐masing station adalah terbatas. Untuk itu mahasiswa yang telah menyelesaikan kepaniteraaan klinik harus mengikuti Ujian OSCE Nasional yang merupakan salah satu Ujian dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) sebelum dinyatakan lulus sebagai dokter.

Dalam pelaksanaan OSCE Nasional diperlukan Penguji dan Pelatih Pasien Standar yang terstandar nasional. Sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan ujian OSCE yang terstandar nasional sehingga dapat menyelenggarakan UKMPPD di FK ULM. Dengan bertambahnya jumlah dosen dengan kompetensi sebagai Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE UKMPPD akan meningkatkan mutu ujian OSCE yang akan dilaksanakan.

Pelatihan Penguji OSCE kali ini diikuti oleh 28 peserta dosen yang berasal dari FK ULM, sedangkan Pelatihan Pelatih Pasien Standar diikuti oleh 11 Peserta Dosen yang juga berasal dari FK ULM. Pelatihan ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Dr. dr. Welly Ratwita, M.Kes sebagai Narasumber Pelatihan Penguji OSCE dan dr. Dian Puspita Dewi, M.Med.Ed sebagai Narasumber Pelatihan Pelatih Pasien Standar OSCE. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK ULM Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes. “Acara pelatihan penguji OSCE kali ini memang sangat diperlukan sebagai syarat dosen untuk dapat menguji OSCE nasional karena yang sudah kita latih sebelumnya beberapa ada yang pensiun kemudian ada yang meninggal jadi kita memerlukan regenerasi penguji terutama dari para dokter-dokter baru yang masuk di departemen maupun prodi yang belum pernah mengikuti Penguji OSCE Nasional” Ucap Beliau.

Foto Bersama Peserta Dengan Narasumber Pelatihan Pelatih Pasien Standar OSCE

“Untuk Pelatih Pasien Standar, memang harapan kami nanti bisa kita rolling karena Pelatih Pasien Standar kita pun beberapa sudah pindah, sehingga perlu Pelatih Pasien Standar  baru yang akan membantu teman-teman Pelatih Pasien Standar yang sudah ada. Jadi yang sudah dilatih banyak beberapa ada yang pindah, ada yang lanjut pendidikan Sp.1 dan lanjut S2, sehingga kita pun kekurangan Pelatih Pasien Standar” terang beliau.

Acara dilanjutkan dengan melakukan pretest Pelatihan Penguji dan Pelatih Pasien Standar, kemudian dilanjutkan dengan dengan pemaparan materi dari narasumber Pelatihan Penguji dan Narasumber Pelatihan Pelatih Pasien Standar. Acara dilanjutkan dengan melakukan simulasi seperti halnya melaksanakan Ujian OSCE Nasional. Setelah simulasi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan posttest untuk mengetahui pemahaman sebagai Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE Nasional (HF/NSK).

Pemaparan Materi Dari Para Narasumber

Penulis: Helmi Faniasa, S.Pd

Program Studi: Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor: dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan: 17 Juli 202

Tags: