Fakultas Kedokteran ULM

Pengenalan Dasar-Dasar Kesmas, 28 Mahasiswa Ikuti Matrikulasi

HomeBeritaPengenalan Dasar-Dasar Kesmas, 28 Mahasiswa Ikuti Matrikulasi
Kegiatan Matrikulasi melalui media Zoom Meeting dan Youtube Channel PSKM Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Sebagai bagian dari rangkaian penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2022/2023, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengadakan kegiatan Matrikulasi Online via Zoom Meeting dan Live di Youtube Channel Program Studi. Kegiatan diselenggarakan sejak Senin 22 Agustus 2022 hingga Jumat 26 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan pukul 08.00 WITA sd 16.50 WITA.

Matrikulasi adalah kuliah pendek khusus diperuntukkan bagi mahasiswa (i) baru yang memiliki latar belakang pendidikan bukan dari studi kesehatan masyarakat (non-SKM). Matrikulasi merupakan agenda tahunan Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister dengan tujuan penyetaraan kompetensi mahasiswa baru dengan ilmu-ilmu dasar. Kegiatan berisi pemberian kuliah tentang keilmuan dasar kesehatan masyarakat yaitu 8 ranah Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program matrikulasi diartikan sebagai kegiatan pemenuhan kompetensi peserta didik agar kesenjangan antara muatan/substansi dan pengalaman belajar dari kurikulum berbeda dapat dipenuhi sesuai dengan kompetensi yang harus dipenuhi, dengan kata lain program matrikulasi merupakan penyetaraan ilmu. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta memiliki pemahaman yang sama terkait Kesehatan Masyarakat.

Materi yang diberikan pada saat matrikulasi adalah materi materi Dasar Kesehatan Masyarakat, meliputi :      Dasar Dasar Manajemen dan Administrasi Kebijakan Kesehatan, Dasar Dasar Kesehatan Lingkungan, Dasar Dasar Epidemiologi, Kependudukan, dan Biostatistika, Dasar- Dasar Promosi Kesehatan dan Perilaku, Dasar Dasar Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Serta Dasar Dasar Gizi Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi.

Meski dilakukan secara online, hal ini tidak menghambat proses penyampaian materi dari masing masing dosen kepada peserta matrikulasi. Syarat peserta matrikulasi lulus kegiatan ini adalah kehadiran wajib 100 % dan mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan secara offline di Gedung Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM. Setelah peserta lulus dari matrikulasi, peserta akan mendapatkan Sertifikat Matrikulasi yang kemudian Sertifikat ini akan menjadi salah satu syarat Mahasiswa untuk mendaftar Yudisium. Peserta yang belum lulus kegiatan ini, wajib mengikuti lagi kegiatan matrikulasi tahun depan. Peserta yang mengikuti matrikulasi tahun ini sebanyak dua puluh delapan orang (28) mahasiswa baru dari total keseluruhan mahasiswa baru lima puluh enam (56) mahasiswa. Selama penyampaian materi, kegiatan berlangsung interaktif pada sesi tanya jawab dan diskusi dengan para dosen.

Semua peserta hadir dalam setiap jam pelajaran dan pemberian materi. Setiap peserta sudah menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh dosen dan menyelesaikan ujian akhir dengan hasil yang baik. Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan Ujian Matrikulasi di tanggal 25 dan 26 Agustus 2022 secara offline.

Tags: