Fakultas Kedokteran ULM

Jaga Mutu, PSKM Program Magister Ikuti AMI Tahun 2022

HomeBeritaJaga Mutu, PSKM Program Magister Ikuti AMI Tahun 2022
Audit Mutu Internal oleh LPM ULM (Jum’at, 26 Agustus 2022) di Gedung Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM Lt 2

Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Sesuai dengan SPMI dimana tahapannya menggunakan siklus PPEPP (perencanaan-Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan), maka seyogyanya kegiatan yang diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan standar, kemudian dilakukan AMI sebagai proses evaluasi kesesuaian antara proses/pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan. AMI dilakukan secara berkala yang dilakukan oleh beberapa auditor yang telah dilatih untuk melakukan audit dan memahami standar perguruan tinggi dengan baik. Biasanya auditor perwakilan tiap prodi dan audit dilakukan secara silang.

AMI di Universitas Lambung Mangkurat dilakukan dengan 2 tahap, yaitu tahap pemeriksaan isian dokumen borang, laporan kinerja dan dokumen lain yang diperlukan. Dalam tahap ini Program Studi yang akan diaudit menginput isian secara online menggunakan username dan password yang telah dibagikan oleh LPM ULM. Kemudian tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi di lapangan (visitasi), dimana auditor akan mewawancara auditee dan pihak lain yang terkait untuk verifikasi hasil evaluasi dokumen.

AMI Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2022 ini terlaksana di Bulan Agustus dan diikuti oleh seluruh Program Studi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat kembali mengikuti Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan rutin oleh Lembaga Penjaminan Mutu ULM secara offline pada 26 Agustus 2022 setelah dua tahun dilakukan secara online melalui zoom meeting. Pada kegiatan ini turut berhadir Tim gugus penjaminan mutu, koordinator program studi, sekretaris Program Studi, Tim Dosen Program Studi, serta Tenaga Kependidikan Program Studi. Auditor pada kegiatan ini adalah Dr. Ir. Mufidah M.P dan Dhian Ririn Lestari, S.Kep., Ns., M.Kep.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Perwakilan dari LPM ULM Dr. Ir. Mufidah M.P, dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini bukan untuk mencari-cari kesalahan program studi, akan tetapi lebih kepada verifikasi saja. “Kami berdua ditugasi oleh LPM untuk melakukan Monev yang merupakan kegiatan rutin tiap tahun, kebetulan yang kami Monev adalah Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister, sifatnya disini hanya untuk verifikasi saja apa yang telah diinput oleh Program Studi pada instrumen monev internal, sifatnya hanya sharing saja, apakah yang dilakukan Program Studi sudah mencapai visi dan msi dan sesuai standar yang ditetapkan LPM. Beberapa bukti juga mungkin nanti akan ada yang harus ditingkatkan atau dipertahankan. Nanti kita bisa diskusi bersama. Semoga acara bisa sesuai dengan jadwal yang telah disediakan LPM. Dengan cara seperti ini kita bisa berinteraksi dan silaturahmi ya” tutur beliau.

Selanjutnya sambutan kedua disampaikan oleh Koordinator Program Studi Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan audit ini sangat bermanfaat untuk Program Studi, mengingat Program Studi sudah terakreditasi unggul, sehingga Program Studi harus dapat mempertahankan dan meningkatan kualitas program studi dari segala aspek. “Terima kasih kami sampaikan kepada tim auditor, kami sangat memerlukan masukan terhadap apa yang sudah kami lakukan selama ini, tentu saja kami harapkan apa yang sudah dilakukan selama ini sudah sesuai, tapi mungkin sebenarnya masih ada kekurangan, masukan itu yang kami perlukan untuk kedepannya. Tahun lalu kami baru saja terakreditasi, Alhamdulillah hasilnya Unggul. Karena terakreditasi unggul ada beban tersendiri untuk kami harus mempertahankan dan meningkatkan mutu dari Program Studi. Evaluasi secara bertahap tetap kami lakukan, terutama untuk kurikulum, kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian. Semoga kegiatan ini membawa kebaikan bagi kita bersama”. 

Kegiatan audit berlangsung dari pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA bertempat di lantai 1 ruang Rapat Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Kegiatan berjalan dengan lancar, bukti fisik yang diminta oleh auditor dapat dipenuhi oleh Program Studi. Kegiatan ditutup dengan penilaian berupa skoring  dari auditor terhadap tiga bidang, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Tags: