Fakultas Kedokteran ULM

Pelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I PSKM Program Magister FK ULM

HomeBeritaPelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I PSKM Program Magister FK ULM

Banjarbaru – Penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang ada di institusi pendidikan seperti Universitas yang berguna untuk menyaring calon mahasiswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh Program Studi pada Universitas tersebut. Pada umumnya proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tertulis, dan pengumuman kelulusan mahasiswa baru. Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, akan tetapi untuk alur pendaftaran mahasiswa baru mengikuti syarat dan ketentuan dari Progra, Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Sistem pendaftaran Mahasiswa dilakulan secara online  pada tanggal 1 Maret – 12 Mei 2023 untuk periode pertama. Pendaftaran pada laman https://admisipasca.ulm.ac.id/.

Sebelum hari pelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru, pada tanggal 18 Mei 2023 Program Studi melaksanakan kegiatan Pengarahan Pelaksanaan Ujian Penerimaan Calon Mahasiswa Baru melalui zoom meeting. Pada pertemuan yang diselenggarakan secara online ini Koordinator Program Studi Dr. dr. Didik Dwi Sanyoto, M.Kes. M.Med.Ed menjelaskan syarat dan ketentuan pelaksanaan ujian penerimaan calon mahasiwa baru. Calon mahasiswa baru wajib membawa kartu peserta ujian, surat pernyataan, surat rekomendasi dari atasan langsung bagi yang  sudah bekerja.

Jumlah Peminat yang mendaftar pada periode dua ini sebanyak 52 calon mahasiswa baru, yang terverifikasi lulus administrasi sebanyak 51 calon mahasiswa baru. Peserta yang telah lulus administrasi kemudian mengikuti serangkaian tes penerimaan sejak tanggal 20 – 22 Mei 2023. Seleksi yang diikuti yaitu Tes Potensi Akademik berlokasi di Gedung Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat pada 20 Mei 2023. Tes Bidang Kesehatan Masyarakat, Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan Wawancara berlokasi di Gedung II Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Univeristas Lambung Mangkurat dilaksanakan dalam 1 (satu) hari pada tanggal 22 Mei 2023. Peserta datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Toleransi keterlambatan 15 menit sebelum ujian dimulai. Panitia sudah membuka registasi  peserta ujian pada pukul 07.00 WITA. Peserta yang datang harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membawa serta menyerahkan syarat administrasi yang diperlukan. Kemudian, panitia mengecek seluruh syarat yang dibawa. Peserta memasuki ruang ujian pada pukul 08.00 WITA untuk mengikuti Tes Bidang Kesehatan Masyarakat.

Tes Wawancara dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan masin masing satu kelompok dengan 1 pewawancara. Pewawancara pada penereminaan Seleksi periode satu ini yaitu : Dr. dr. Didik Sanyoto, M.Kes. M.Med. Ed, Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si., Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd., Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes., dan Dr. Silvia Kristanti Tri Febriana, S.Psi., M.Psi. Selama rangkaian tes ini ada 3 calon mahasiswa yang tidak berhadir mengikuti tes. Pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 2 Juni 2023 mendatang pada masing masing akun peserta.Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus, selanjutnya akan melakukan registrasi ulang pada Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa (SIREMA) : https://sirema.ulm.ac.id/login sehingga calon mahasiswa tersebut terdaftar secara administratif pada Sistem Informasi Akademik untuk memprogramkan Kartu Rencana Studi (KRS) agar mahasiswa aktif secara akademik.

Tags: