Fakultas Kedokteran ULM

Pelantikan Pengda IAKMI Kalsel dan Seminar Nasional Fokus Tekan Stunting

HomeBeritaPelantikan Pengda IAKMI Kalsel dan Seminar Nasional Fokus Tekan Stunting

Banjarbaru – Pada Kamis (25/5/2023) digelar kegiatan pelantikan pengurus daerah IAKMI Kalimantan Selatan periode 2023-2027 di Hotel Aria Barito, Banjarmasin. Ketua Umum Pengda IAKMI Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih, Nurul Ahdani, SKM, M.Kes, mengatakan, sebanyak 97 orang yang dilantik terdiri dari dewan pembina, dewan penasihat, dewan etik, pakar ahli, pengurus harian, 8 bidang, dan 2 badan khusus.

Gambar 1. Pengambilan Sumpah Pelantikan oleh Ketua IAKMI Pusat di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis (25/05/2023)

“Semuanya diakomodasi dari para senior, Guru Besar yang berkecimpung di bidang kesehatan masyarakat, sampai para pengurus baru yang muda-muda dan bersemangat,” tutur Nurul pada acara tersebut.

Adapun untuk visi misi jangka pendek Pengda IAKMI Kalsel yang baru ini, pihaknya mengadakan seminar nasional dengan kolaborasinya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang membahas dan memfokuskan peningkatan program gizi dalam isu stunting. Tujuan utamanya yaitu bisa menekan angka kematian ibu, angka kematian balita, stunting, dan penyakit menular. 

 “Kami menunjukkan itikad baik dalam upaya penurunan stunting. Kita juga memfokuskan peningkatan program gizi dalam isu stunting,” ucapnya. 

Sedangkan untuk program jangka panjang, pihaknya tetap mengacu pada petunjuk teknis atau petunjuk operasional IAKMI pusat dan disesuaikan dengan keperluan daerah. 

“Setelah pelantikan, kami akan mengadakan rapat kerja dulu, dengan masing-masing bidang membawa rencana kerja jangka panjang selama lima tahun,” tutur Nurul.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah tenaga dosen dan staff Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yang juga dilantik menjadi pengurus daerah IAKMI Kalimantan Selatan.

Gambar 2. Foto Bersama Sejumlah Dosen dan Staff PSKM FK ULM Pada Acara Pelantikan Pengda IAKMI Kalsel di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis (25/05/2023)

Tak lupa mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dari Universitas Cahaya Bangsa, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, dan Universitas Lambung Mangkurat turut membantu terlaksananya acara tersebut.

“Sebuah kehormatan bagi saya, dapat membantu acara pelantikan ini agar berjalan lancar dan bertemu dengan tenaga dan petinggi instansi kesehatan masyarakat di Kalimantan Selatan yang sangat menginspirasi bagi saya. Juga bertemu dengan kawan-kawan dari universitas lain” ucap Muhammad Syarif mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat ULM angkatan 2021.

Tidak hanya pelantikan, acara tersebut juga diisi dengan seminar nasional yang bertemakan Profesi Kesehatan Masyarakat dalam Menjawab Peluang dan Tantangan Gizi Masyarakat di Kalsel.

Gambar 3. Pemberian Materi Seminar Nasional

Dalam penyampaian materi, Ketua Umum Pengurus Pusat IAKMI, Dedy Supratman, mengharapkan pengda yang baru dilantik ini bisa sukses mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang ada di Kalsel. 

 “Tadi dalam seminar juga sudah dipaparkan, cukup banyak masalah kesehatan dan masalah gizi di Kalsel. Saya menaruh harapan besar agar IAKMI bisa berkolaborasi dengan dinas terkait,” tuturnya. 

Dengan seminar nasional yang dipaparkan dalam acara tersebut, menurut Dedy, pihaknya bisa melihat permasalahan kesehatan yang ada di Kalsel. 

“Semoga, hal itu bisa menjadi bekal buat IAKMI di Kalsel untuk mengidentifikasi masalah yang prioritas yang segera harus diatasi. Semoga IAKMI bisa memberikan saran dan rekomendasi, serta bermitra dengan Dinas Kesehatan maupun instansi terkait lainnya,” harapnya.

Gambar 4. Foto Bersama Acara Pelantikan Pengurus Daerah IAKMI Kalimantan Selatan

Kepala Dinas Kesehatan  Provinsi Kalsel, melalui Sekretarisnya, Sukamto, mengucapkan selamat dengan dilantiknya pengurus IAKMI ini. 

“Saya kira ini hal yang penting dan tentunya bagus karena untuk membangun kesehatan itu tak cukup hanya sektor pemerintah,” ujarnya. 

Menurutnya perlu adanya organisasi-organisasi yang turut membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, salah satunya IAKMI ini. 

“Sebagaimana kita tahu, di anggaran dasar IAKMI ini adalah bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Saya rasa selaras dengan apa yang dilakukan pemerintah,” pungkasnya. 

Harapannya dengan dilantiknya kepengurusan baru, profesi dan bidang kesehatan masyarakat di Kalimantan Selatan dapat bersemangat serta sukses dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat  di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan (Rin/HHDL)

Nama Penulis : Mahrisya Rindu Wahyuni

Program Studi : Kesehatan Masyarakat

Editor : Hadrianti H.D.Lasari.,SKM.,MPH

Tanggal Penulisan : 25 Mei 2023