Fakultas Kedokteran ULM

Profil Perpustakaan Fakultas Kedokteran ULM

HomeBeritaProfil Perpustakaan Fakultas Kedokteran ULM

fk.ulm.ac.id– Menurut UU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

https://www.bpkp.go.id/pustakabpkp/index.php?p=pengertian,%20tujuan

Dengan visi “Menjadi salah satu Perpustakaan Fakultas, sebagai unit penunjang yang handal untuk memajukan seluruh kegiatan Pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Fakultas Kedokteran secara efektif dan efisien dengan menggunakan manajemen dan teknologi modern.”

MISI

•           Melaksanakan penyediaan sumber pembelajaran bagi seluruh civitas akademik.

•           Menyediakan fasilitas penelusuran informasi ilmiah bagi seluruh civitas akademik.

•           Menyediakan fasilitas untuk menunjang kegiatan ilmiah.

•           Mengembangkan system komunikasi ilmiah dalam lingkup internal dan eksternal.

•           Membantu memberikan informasi ilmiah.

Fakultas kedokteran ULM menyediakan referensi dan bahan bacaan bagi mahasiswa untuk  memperluas pengetahuan disamping materi yang diberikan oleh dosen didalam perkuliahan  berkomitmen menyediakan ruang baca yang nyaman dengan fasilitas yang dilengkapi dengan koneksi internet yang mendukung bagi mahasiswa kedokteran ULM.

Berdasarkan alur pelayanan perpustakaan  FK ULM, Bagi yang ingin berkunjung  wajib mengisi daftar hadir, pustakawan akan meng kategorikan pengunjung menjadi anggota dan non anggota. Anggota yang ingin meminjam buku bisa mencari buku yang di katalog online digilib.ulm.ac.id/fk. Jika buku yang dicari tersedia, pengunjung boleh menghubungi pustakawan untuk mengurus administrasi peminjaman, sedangkan untuk non anggota, jika buku yang dicari tersedia pustakawan hanya akan memperbolehkan pengunjung untuk membaca ditempat. Perpustakaan menyediakan koleksi bahan Pustaka ( buku teks, karya ilmiah, dan jurnal termasuk juga dalam bentuk e-book , e-journal dan media lainnya ) dengan rincian buku teks sekitar 3000 judul, jurnal nasional yang terakreditasi 13 judul, jurnal internasioal 2 judul, prosiding 15 judul, skripsi mahasiswa 2578 judul, tesis 21 judul ,  dan disertasi dosen 16 judul.

Selain katalog fakultas kedokteran, perpustakaan juga menyediakan akses penelusuran katalog online bersama dilingkungan ULM. Pengunjung bisa melakukan browsing katalog dengan mengunjungi digilib.ulm.ac.id untuk repositori skripsi mahasiswa bisa mengunjungi https://lib.fk.ulm.ac.id, juga tersedia e-book langganan dari universitas https://lib.ulm.ac.id. Selain e-book perpustakaan juga menyediakan e-journal langganan seperti https://e-resources.perpusnas.go.id dan https://proquest.com. Untuk e-book dan e-journal langganan universitas lambung mangkurat hanya bisa diakses menggunakan jaringan internet dari Pusat data center ULM di lingkungan fakultas kedokteran. Seperti

Penulis Artikel : Arniansyah. S.Kom               
Fakultas                       : Kedokteran ULM
Editor                          : dr. Pandji Winata Nurikhwan
Tanggal Penulisan       : 26 -05-2023