Fakultas Kedokteran ULM

PSKM Program Magister Selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Publikasi Ilmiah

HomeBeritaPSKM Program Magister Selenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKM Program Magister FK ULM) pada Kamis (15/6/2022) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Ilmiah

Banjarbaru – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKM Program Magister FK ULM) menyelenggarakan kegiatan Worskhop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Ilmiah. kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Fauzie Rahman, SKM., MPH, seluruh mahasiswa aktif dan dosen PSKM Program Magister FK ULM, serta Koordinator Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Kegiatan berlangsung secara hybrid pada 15 Juni 2022 pukul 09.30 WITA hingga 13.00 WITA. Kegiatan offline dilaksanakan di Ruang Kelas dihadiri oleh narasumber kedua dan mahasiswa yang telah melakukan sidang akhir Tesis. Berlangsung secara online melalui media zoom dan Live Streaming pada Youtube PSKM Program Magister FK ULM.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, sambutan, sesi dokumentasi, pemaparan materi dan diskusi, dan penutup.  Kegiatan dibuka oleh Koordinator PSKM Program Magister FK ULM,  Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes

Kegiatan ini dilakukan dengan sasaran mahasiswa dan dosen dapat membuat proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang didanai, proposal yang dibuat bisa diajukan untuk didanai, baik untuk pendanaan artikel penelitian atau artikel pengabdian, sehingga bisa menghasilkan luaran yang dapat berkompetisi untuk menulis proposal. Proposal yang didanai untuk mahasiswa bisa mengajukan pendanaan untuk proposal, berupa bantuan untuk mahasiswa Pascasarana. Materi kedua tentang publikasi ilmiah, luaran kegiatan ini diharapkan bisa membuat draft publikasi ilmiah yang menghasilkan jurnal yang bisa masuk ke jurnal nasional terindeks maupun internasional terindeks. Mahasiswa bisa membuat draft artikel dan dapat mengetahui tujuan akan mensubmit artikel ke jurnal mana yang menjadi luaran dari tesis yang telah dikerjakan. Semoga luaran yang diinginkan bisa tercapai”.

Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Pelaksana Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si. Beliau menyampaikan kegiatan ini sangat penting untuk diikuti.

Ada dua hal penting pada kegiatan hari ini, yaitu bagaimana menyusun proposal riset yang didanai, harapannya mulai semester depan sudah mulai dirancang proposal tersebut, rancangan itu yang hari ini akan disampaikan oleh Bu Linda, bagaimana cara membuat proposal penelitian dan pengabdian yang didanai, khususnya yang berasal dari Tesis. Kedua yaitu bagaimana membuat jurnal yang bagus, jurnal yang diakui. Harus diperhatikan betul karena penting ketika Anda semua akan lulus wajib membuat Jurnal. Untuk angkatan 2021 materi disampaikan Bu Linda diperhatikan mana yang kira kira bisa digunakan untuk digunakan untuk diajukan agar didanai, mahasiswa yang berhadir secara offline yang mau lulus diperhatikan yang disampaikan oleh Bu Nurul bagaimana cara membuat artikel agar dapat masuk ke Jurnal Terindeks.”

Memasuki acara inti,  materi pertama yang disampaikan mengenai Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Kesmas yang didanai, dipaparkan oleh Dr. Linda Suwarni, SKM., M.Kes.  Dr.Linda merupakan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pontianak. Beliau aktif dalam melakukan penulisan karya ilmiah, lima tahun terakhir menghasilkan tujuh puluh artikel ilmiah yang terdiri jurnal ilmiah penelitian dan pengabdian masyarakat serta prosiding. Beliau menyampaikan Sistematika membuat Proposal pengabdian, Bagiamana membuat latar belakang yang judul yang menarik perhatian reviewer.

Materi kedua mengenai Publikasi Ilmiah di Jurnal Terindeks yang dipaparkan oleh Ibu Nurul Hidayah, SKM., M.Kes. Beliau merupakan Dosen Jurusan Promosi Kesehatan Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Beliau juga aktif penulisan karya ilmiah. Pada pemaparan materi sesi kedua peserta membawa draft artikel untuk dibedah secara bersama sama.

Tags: