Fakultas Kedokteran ULM

YUDISIUM PSIKOLOGI FK ULM PERIODE NOVEMBER 2023

HomeBeritaYUDISIUM PSIKOLOGI FK ULM PERIODE NOVEMBER 2023
28Nov

Yudisium Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (Psikologi FK ULM) pada Hari Senin (27/11/2023) di Ruang Rapat Lt.2 fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru

Banjarbaru – Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSIKOLOGI FK ULM) Kembali menggelar Yudisium Periode November 2023 pada pertengahan Semester Ganjil 2023. Sebanyak 39 Mahasiswa yang di yudisium pada hari Senin (27/11/2023) di Ruang Rapat Lt.2 Fakultas Kedokteran ULM.

Yudisium merupakan proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan merupakan suatu keputusan untuk seorang mahasiswa dinyatakan telah memenuhi berbagai macam persyarakatan akademik dan administratif yang diwajibkan sehingga secara sah dapat dinyatakan lulus dan berhak memperoleh gelar kesarjanaan Strata-1, S2 atau S3, yang mana Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM melakukan Yudisium untuk mahasiswa Program Strata-1 (S1).

Pelaksanaan Yudisium digelar secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan, turut hadir dalam kegiatan yudisium ini Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran, Staff Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran, serta Para Dosen dan Staff di Lingkungan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Program Sarjana ULM secara langsung di Gedung Fakultas Kedokteran ULM lantai 2 Banjarbaru.

Rangkaian Kegiatan yudisium ini yaitu pembukaan, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan Yudisium dari Wakil Dekan Bidang Akademik, pembacaan transkrip akademik oleh koordinator program studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama.

Kegiatan Yudisium dipimpin oleh Wakil Dekan Fakultas Kedokteran ULM dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D. Kemudian selanjutnya pembacaan transkrip akademik yang dibacakan oleh Sekretaris Program Studi Psikologi, Rika Vira Zwagery, M.Psi., Psikolog. Mahasiswa yang diluluskan  adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan kurikulum program studi kedokteran program sarjana sebanyak 144 – 146 SKS, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari atau sama dengan 2,75, tidak ada nilai E, D, dan D+, Lulus Skripsi, dan memenihi seluruh persyaratan administrasi.

Acara selanjutnya yaitu pembacaan Putusan Lulusan Yudisium yang disampaikan kembali oleh dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D. “Hasil perjuangan anda selama ini telah membuahkan hasil, anda dinyatakan lulus sarjana psikologi dan berhak menyandang gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Saya yakin anda semua bisa berkontribusi di masyarakat dan terutama untuk universitas kita”.

dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D.  Beliau juga mengatakan . Pesan dan Harapan saya, Semoga bekal keilmuan yang sudah diberikan bisa benar benar  membantu dalam aplikasi pekerjaan di tempat Saudara bekerja nantinya. Untuk memberikan teoritif yang bagus di masyarakat terhadap lulusan kita di fakultas kedokteran ULM, maka tolong perlihatkan yang terbaik kepada dunia terutama masyarakat Kalimantan selatan. Kami juga berpesan untuk bisa menjaga nama baik dari Universitas, Fakultas Kedokteran, dan juga Program Studi Psikologi serta nama baik individu juga dalam bekerja di instansi masing-masing”.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Koordinator Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM Rika Vira Zwagery, M.Psi., Psikolog. menyampaikan bahwa yudisium untuk program studi Psikologi program sarjana dimana tercatat ada dari 39 mahasiswa ada 21 mahasiswa yang mengikuti yudisium pada hari ini dinyatakan lulus dengan pujian artinya memiliki IPK lebih dari 3.5 dan lulus dengan tepat waktu. Untuk Program Studi Psikologi kalian bisa menjadi ujung tombak kami dalam mempromosikan program studi psikologi artinya kami bisa meluluskan lulusan berkualitas dan ungguls seperti kalian. Dan Beliau menyampaikan harapan untuk para lulusan agar tetap bisa bekerjasama setelah menjadi alumni. “Harapan kami kepada para lulusan yang telah dinyatakan resmi menyandang gelar S.Psi. diharapkan alumni tetap berperan dan mendukung prodi secara khusus dan fakultas secara umum, yang nantinya akan bekerjasama dengan para alumni. Jaga nama baik Program Studi Psikologi ULM dan juga menjaga nama almamater ULM. Sekali lagi selamat kepada para peserta yudisium. Semoga teman teman yang lain juga bisa cepat menyusul dengan predikat terpuji juga”. Ucap Beliau.

Sambutan selanjutnya di bawakan oleh perwakilan peserta yudisium yakni Tunjung Tri Hapsari,  Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membuat Psikologi menjadi terbaik. Bahkan masih kita lihat sampai sekarang pembangunan dari luar dan dalam masih terus dilakukan.

Pada kesempatan ini,Sungguh suatu kehormatan bagi diri saya, dapat berdiri dihadapan bapak ibu dosen yang luar biasa, dan didepan rekan-rekan mahasiswa yudisi yang berbahagia. Maka dari itu, saya mohon izin untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai ungkapan rasa syukur kami, sebagai ungkapan rasa bahagia, karena akhirnya sampai jua lah pada hari yang begitu kami tunggu-tunggu kehadirannya.

Pada kesempatan yang istimewa ini, ada sepatah dua patah kata yang ingin kami haturkan khususnya untuk ibu bapak dosen yang tercinta. Jauh sebelum kami berada di titik ini, kami ucapkan berribu terima kasih kepada Bapa dan Ibu dosen yang telah sudi mendidik kami, membagikan pengalaman serta ilmu pengetahuannya, memberikan kasih sayangnya, serta inspirasi, dorongan dan pelayanan terbaik yang tak henti hentinya kepada kami selama menempuh pendidikan di Program Studi Psikologi FK ULM ini. Hingga pada akhirnya, kami dapat menyelesaikan tugas akhir kami. 

Terima kasih sedalam dalam nya kami haturkan, bapak ibu dosen yang dengan tulus tiada bosannya memberikan yang terbaik kepada kami. Kami tahu, begitu banyak perjuangan untuk membentuk kami menjadi sebenar-benarnya mahasiswa. Kami sadar pula begitu banyak waktu, pikiran dan perasaan yang terkuras hanya agar kami memahami setiap ilmu yang diberikan. 

Pada kesempatan ini izinkan pula kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas semua kekhilafan kami, atas semua kesalahan kami selama menjadi mahasiswa bapa dan ibu semua. Karena kami tahu, tak sedikit kesalahan bahkan kelalaian yang kami perbuat selama kami berkuliah hingga dalam proses penyelesaian tugas akhir kami.

Pada akhirnya kami sadar, kami tidak dapat membalas semua kebaikan bapa ibu semua, maka kami hanya dapat berdoa. Semoga Allah SWT membalas semua jerih payah yang telah dilakukan bapak ibu dosen, dengan mengantarkan pada derajat yang lebih tinggi di dunia hingga akhirat kelak. Dengan kerendahan hati, kami mohon pula… Doakan kami, agar kami dapat kokoh membulatkan tekad untuk mengamalkan semua yang telah diberikan dengan menebar manfaat sebanyak mungkin bagi masyarakat, kelurga dan bagi diri kami sendiri. 

Terakhir, teruntuk Rekan-rekan Yudisium yang saya banggakan, Perjuangan saya dan perjuangan kalian, tentu bukan perjuangan yang mudah. Yakinlah, semuanya tidak lain adalah sebuah proses supaya kita lebih dewasa, sebuah proses agar kita menjadi sebenar benarnya makhluk yaitu manusia yang bermanfaat bagi sekitar. 

Maka satu hal yang perlu kita semua sadari, bahwa selayaknya sebuah bandar udara yang menjadi tempat transit sementara dalam sebuah perjalanan, kehidupan manusia di dunia pun tak jauh berbeda. Selayaknya jadwal keberangkatan penumpang yang berbeda beda, dalam hidup kita pun demikian. Maka, saya titip pesan untuk rekan rekan sekalian terkhusus untuk diri saya pribadi. Yudisium yang kita laksanakan hari ini bukanlah akhir dari perjalanan kita, melainkan awal dari PERJALANAN yang lebih besar. Ketahuilah, bahwa kita saat ini sudah Allah takdirkan menjadi sarjana yang begitu besar tanggung jawabnya. Oleh karenanya, hina rasanya apabila ilmu yang kita dapatkan, pengalaman yang kita alami tidak menjadikan manfaat untuk sebanyak mungkin manusia di dunia ini. Hidup dan hadirlah di masyarakat untuk memberikan kebermanfaatan yang sejatinya hanya sebentar saja di dunia. 

Maka, Teman-teman yang saya cintai

Mari kita gunakan waktu transit perjalanan kita sebaik mungkin untuk mengabdi pada keluarga tercinta, masyarakat bangsa dan negara. Mari kita berkontribusi dengan tulus dengan segala apapun yang kita miliki untuk negeri kita tercinta Indonesia. 

Penutup

Akhir kata, tak akan ada saat yang tepat untuk meninggalkan, atau ditinggalkan. Kita harus selalu siap, siap menjadi sebaik-baiknya manusia. Semoga Allah senantiasa meridhoi setiap langkah yang kita lakukan. Mohon maaf atas segala salah dan ucap dan terima kasih atas segala perhatiannya.(Fad/Rendy)

A group of people in yellow jackets standing in a row

Description automatically generated

Foto Semua Mahasiswa Psikologi yang sedang di yudisium

A group of people posing for a photo

Description automatically generated

Foto Bersama 39 orang Mahasiswa Yudisium beserta Wakil Dekan dan Serta Para Dosen Program Studi Psikologi FK ULM

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, SE

Asal Program Studi : Program Studi Psikologi FK ULM

Nama Editor : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.ATanggal Penulisan : 27 November 2023