Fakultas Kedokteran ULM

Yudisium Angkatan Ke-Lima Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak

HomeBeritaYudisium Angkatan Ke-Lima Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak
12Jan

Banjarmasin, 10 Januari 2024 – Telah dilaksanakan acara Yudisium angkatan kelima Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Anak yang bertempat di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat.

Acara tersebut dihadiri oleh peserta Yudisium yaitu dr. Eileen Erica Mardiharto, Koordinator Program Studi yaitu dr. Wulandewi Marhaeni, Sp.A(K), Kepala Departemen yaitu Prof. Dr. dr. Edi Hartoyo, Sp.A(K), Sekretaris Program Studi yaitu dr. Pudji Andayani, Sp.A(K), Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu dr. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med, Ed, M.Sc, Ph.D, staf Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Staf Akademik Fakultas Kedokteran dan Tenaga Pendidik Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Tepat pukul 10.00 WITA acara dimulai. Peserta diminta untuk berada di luar ruang sidang. Kemudian acara dimulai oleh pembawa acara yang meminta pembaca do’a untuk membacakan do’a, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sidang yudisium oleh Wakil Dekan, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat akademik dr. Eileen di PPDS Anak, kemudian pembacaan transkrip nilai dan Indeks prestasi kumulatif yang bersangkutan oleh Koordinator Program Studi. Setelah itu dibuatlah pernyataan lulus oleh Wakil Dekan dan penutupan sidang Yudisium dengan ketuk palu.

Peserta yang berada di luar ruangan sidang kemudian dipanggil dan diminta berdiri di depan Wakil Dekan dan KPS untuk diberitahukan kelulusan yudisium beserta nilai indeks prestasi kumulatifnya.

Acara selanjutnya adalah pesan dan kesan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Program Studi dan peserta yudisium.

Pesan Wakil Dekan Bidang Akademik:

peserta diminta untuk menjaga nama baik almameter dan pencapaian semester yang tepat waktu serta indeks prestasi kumulatif yang tinggi memberikan pengaruh positif pada nilai akreditasi prodi, selamat dan sukses serta bisa menjalankan karirnya dengan baik sebagai dokter spesialis anak yang baru.

Pesan Koordinator Program Studi:

dr. Wulan merasa bersyukur bisa meluluskan lagi satu dokter anak dari Prodi Ilmu Kesehatan Anak FKIK ULM. Walaupun lulus sendirian, dr. Eileen dianggap mampu untuk lulus tepat waktu.

Ujian lokal merupakan exit exam dari Prodi sehingga seorang residen bisa melaksanakan yudisium apabila telah lulus ujian lokal.

Untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dan bisa menjalankan praktek kedokteran ilmu kesehatan anak adalah dengan melaksanakan Evaluasi Nasional Terpusat (ENT).

ENT selalu diadakan di tempat yang berbeda-beda, dari Bali, Semarang dan sekarang giliran Bandung.

Banjarmasin belum pernah mengadakan, namun apabila diminta maka harus menyediakan tempat yang besar karena kandidat berjumlah 60 orang lebih sehingga tempat harus besar.

dr. Eileen akan kembali ke NTT karena berasal dari sana, tidak mudah menjalani pendidikan bagi seorang ibu dengan anak yang masih kecil sehingga itu menjadi apresiasi bagi dr. Eileen yang mampu untuk tepat waktu.

Menjaga nama baik almameter dan berkiprah hingga ke mancanegara untuk melanjutkan pendidikan.

Tetap menjaga silaturahmi dengan prodi karena dalam akreditasi ada hubungan dengan Alumni.

KPS tidak lupa berterima kasih kepada semua staf pengajar karena dengan kesibukannya yang bukan hanya mengajar PPDS tapi juga mahasiswa lain dan dengan tempat mengajar yang berbeda-beda namun tetap bekerja tanpa pamrih dan keluh kesah untuk mendidik PPDS.

Juga kepada tenaga pendidik yang telah berperan membantu kegiatan akademik dan mampu mengikuti ritme kerja KPS dan SPS. Terimakasih kepada semua pihak.

Pesan dan kesan peserta:

Ucapan terimakasih kepada dosen pengajar yang telah banyak memberikan ilmu dan membantu yang bersangkutan sehingga bisa melaksanakan pendidikan tepat waktu.