Fakultas Kedokteran ULM

Rangkaian Tes Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak Periode Februari 2024

HomeBeritaRangkaian Tes Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak Periode Februari 2024
12Jan

Banjarmasin, 4 – 8 Januari 2024 – Tes seleksi masuk dari Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat untuk periode Februari 2024 telah dilaksanakan.

Dimulai dari tahapan pertama yaitu seleksi berkas, dilanjutkan dengan tahapan kedua yaitu pemeriksaan kesehatan, kejiwaan, kemampuan bahasa inggris hingga tes wawasan yang semuanya dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Pendidik Program Pendidikan Dokter Spesialis (TKP PPDS).

Tahapan ketiga adalah tes tertulis dan tes wawancara yang dilaksanakan oleh Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak. Tes tertulis diadakan pada hari Kamis tanggal 4 Januari 2024 yang lalu di Gedung Teater Fakultas Kedokteran dari pukul 09.00 hinga 10.30 Wita, sedangkan tes wawancara diadakan pada hari Sabtu dan Senin tanggal 6 Januari dan 8 Januari 2024 di Departemen Ilmu Kesehatan Anak-RSUD Ulin.

Materi soal tes tertulis yang berupa pilihan ganda berasal dari Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia yang diserahkan langsung dari Ketua Kolegium kepada Koordinator Program Studi. Karena sifatnya yang rahasia dan tidak boleh diketahui siapapun maka soal diberikan pada H-1 dan diprint pada hari H oleh KPS. Setelah itu file dihapus. Berkas soal yang telah diujikan kepada calon PPDS kemudian dikirimkan kembali ke Kolegium melalui ekspedisi.

Ujian tertulis diadakan serentak oleh enam Prodi yaitu Prodi Ilmu Kesehatan Anak, Prodi Ilmu Penyakit Dalam, Prodi Anestesiologi, Prodi Ilmu Kebidanan dan Kandungan, Prodi Ilmu Bedah dan Prodi Pulmonologi di tempat yang sama yaitu Gedung Teater dan dimulai pada jam yang sama, namun dengan durasi yang berbeda.

Sebagian besar ujian dilaksanakan secara tertulis, namun ada juga prodi yang melaksanakan ujian secara online. Tergantung aturan masing-masing prodi.

Peserta ujian diawasi oleh pengawas yang berbeda-beda sesuai dengan prodinya masing-masing yaitu pengawas yang berasal dari tenaga pendidik dan staf prodi. Masing-masing prodi mengatur ujiannya, baik soal, durasi dan syarat pakaian yang dikenakan saat ujian.

Tes wawancara di Prodi Ilmu Kesehatan Anak dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 hingga 8 Januari 2024, dengan masing-masing diuji oleh dua tim. Setiap tim mewawancarai dua orang kandidat. Tes wawancara dilaksanakan pada pukul 10.00 hingga 12.00 WITA.

Sebelum diadakan tes wawancara, semua penguji berkewajiban menghadiri briefing yang diadakan 30 menit menjelang ujian. Briefing merupakan bagian dari syarat pelaksanakan ujian untuk menjelaskan aturan main, syarat-syarat penilaian, apa saja yang ditanyakan, apa saja yang dnilai, cara penilaian dan lain-lain.

Tes wawancara kali ini diikuti oleh delapan peserta yang ujiannya dibagi menjadi dua hari. Para peserta berasal dari berbagai daerah mulai dari ujung Sumatera hingga pelosok Kalimantan. Ada yang baru pertama kali mendaftar di Prodi Anak, ada yang sudah berulang kali mendaftar di Prodi Anak yang lain. Para peserta tentunya merasakan ketegangan selama menunggu dipanggil untuk wawancara dan ada beberapa peserta yang pergi ke toilet karena tegangnya.

Penguji wawancara berasal dari staf  Departemen Anak FKIK ULM yang sudah memiliki jenjang  konsultan atau staf yang bekerja lebih dari lima tahun. Bisa berasal dari RSUD Ulin maupun rumah sakit jejaring.

Keputusan nilai dilaksanakan pada hari itu juga oleh masing-masing tim setelah tes wawancara selesai. Satu tim beranggotakan 3 orang Penguji yang terdiri dari satu orang ketua dan dua orang anggota, mereka mendiskusikan nilai terbaik untuk setiap kandidat dan mengakumulasikannya.