Fakultas Kedokteran ULM

Sistem Informasi Dosen Fakultas Kedokteran ULM

HomeBeritaSistem Informasi Dosen Fakultas Kedokteran ULM
25Oct

Banjarbaru – (24/10/2022) Sistem Informasi Akademik yang baik dibutuhkan untuk mendukung kegiatan perkuliahan, salah satunya adalah sistem informasi dosen. Sistem ini berfungsi sebagai sarana yang digunakan untuk menyampaikan data informasi kehadiran dosen kepada mahasiswa. Sistem informasi kehadiran dosen yang baik dan sistematik akan sangat berpengaruh besar dalam menunjang kelancaran kegiatan belajar dan mengajar yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa.

Sebelumnya, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat sudah memiliki aplikasi Sistem Informasi Kehadiran berbasis website yaitu pada buku tamu Aplikasi SIPALUI. Namun aplikasi SIPALUI tersebut sementara terbatas hanya menampilkan untuk Status Kehadiran Pimpinan di fakultas Kedokteran dan menampilkan berbagai macam layanan publik di Fakultas Kedokteran ULM. 

Pada beberapa Program Studi di Fakultas Kedokteran ULM khususnya Program Studi Psikologi FK ULM, untuk informasi status kehadiran dosen masih menggunakan cara manual yaitu ketika dosen sedang berhalangan untuk hadir,maka dosen akan memberi informasi kepada staff administrasi di program Studi, dan kemudian staff Administrasi melanjutkan informasi tersebut dengan menampilkan secara manual pengumuman di depan ruang administrasi dan juga menyebarkan informasi ke mahasiswa yang akan melaksanakan perkuliahan tersebut. 

Hal yang biasa terjadi jika dosen kosong dan diganti hari lain, pengumuman hanya menginformasikan tentang ketidakhadiran dosen dan hari yang akan diganti, sehingga data tidak utuh, seperti waktu dan tempat untuk hari yang diganti. Begitu juga ketika dosen mempunyai agenda yang sudah direncanakan berbulan bulan untuk tidak hadir pada suatu perkuliahan, dosen tidak dapat memberikan informasi tersebut secara langsung kepada staff Administrasi di Program Studi, dikarenakan staff tidak dapat menyimpan informasi tersebut. Hal semacam ini yang dapat menghambat proses kelancaran kegiatan belajar dan mengajar.

Oleh karena itu Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat di bantu oleh Unit ICT FK ULM yang diketuai oleh dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked beserta anggota unit ICT FK ULM membuat aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Dosen untuk semua dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM.

Pada hari Senin 24 Oktober 2022 telah dilaksanakan sosialisasi Aplikasi Sistem Kehadiran Dosen yang dihadiri oleh perwakilan dari Unit ICT Fakultas kedokteran ULM, Ketua Program Studi Psikologi FK ULM Sukma Noor Akbar, M.Psi, Psikolog beserta semua dosen Program Studi Psikologi FK ULM. Acara tersebut dilaksanakan secara daring via zoom meeting.

Koordinator Program Studi Psikologi menyampaikan bahwa “Aplikasi ini perlu disosialisasikan karena dirasa adanya potensi yang bagus untuk memberikan informasi kehadiran ke mahasiswa secara langsung lewat online. Begitu juga mahasiswa, bisa mengakses dimanapun dosen berada untuk mengetahui status kehadiran dosen tanpa bertanya kesana kemari” ujar beliau.  Beliau berharap bahwa aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan kepada semua mahasiswa Program Studi di Fakultas Kedokteran ULM, khususnya Program Studi Psikologi.

Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Dosen via Zoom Meeting

Website Sistem Informasi Dosen dapat diakses melalui link dosen.fk.ulm.ac.id.  Aplikasi ini dibuat untuk melayani publik yaitu seluruh mahasiswa dan dosen ataupun staff yang sangat membutuhkan informasi kehadiran semua dosen di lingkungan Fakultas kedokteran ULM dari jarak jauh atau secara online dimanapun berada. Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya, dimana publik atau penggunanya hanya tinggal mengisi nama dosen yang ingin di cari melalui browsing di website Informasi Dosen pada komputer atau smartphonenya masing-masing tanpa perlu datang ke Fakultas Kedokteran ULM atau bertanya langsung ke dosen untuk menanyakan informasi kehadiran dosen tersebut pada hari itu. 

Berikut adalah petunjuk penggunaan aplikasi Informasi Status Kehadiran Dosen Fakultas Kedokteran ULM:

Graphical user interface, website

Description automatically generated

Halaman awal Informasi Status Kehadiran Dosen dapat dilihat di website : https://dosen.fk.ulm.ac.id/

Untuk melakukan pencarian informasi kehadiran dosen, silahkan klik menu Status Kehadiran kemudian isi ketikan nama dosen pada kolom Cari Nama 

Kemudian bisa juga untuk memilih Prodi tertentu yang di inginkan silahkan klik Pilih di samping kolom pencarian nama

Untuk jadwal lengkap dapat dilihat di menu Jadwal Lengkap

A screenshot of a computer

Description automatically generated

Untuk melihat jadwal selama 2 minggu dapat menekan tombol Jadwal Selama 2 Minggu

Untuk melihat informasi seluruh dosen di lingkungan Fakultas Kedokteran ULM silahkan klik tombol Informasi Dosen

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, S.E

Program Studi : Psikologi

Nama Editor : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A

Tanggal Penulisan : 24 Oktober 2022