Fakultas Kedokteran ULM

HIMA Psikologi FK ULM adakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Dasar

HomeBeritaHIMA Psikologi FK ULM adakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Dasar
25Oct

Banjarbaru – Minggu, 23 Oktober 2022 pada pukul 09.00 WITA telah dilaksanakan kegiatan pra LKMM-D dari rangkaian program kerja Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa – Dasar (LKMM-D) HIMA Psikologi 2022 (HIMA Energik). LKMM-D ini mengusung tema CLUB : Character Building, Leadership, Unique, and Brilliant – Menciptakan pemimpin yang Cerdas, Berkualitas dengan Pembentukan Karakter Kreatif dan Inovatif, yang diharapkan dapat menanamkan karakter pemimpin yang berkualitas sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. 

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Pra LKMM-D ini adalah mahasiswa baru Program Studi Psikologi FK ULM dengan total 107 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring yaitu bertempat di Ruang Kuliah Besar 1 lantai 3 Gedung Program Studi Psikologi FK ULM yang diawali dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Indina Salsabila selaku ketua pelaksana dan sambutan dari Ahmad Fauzi selaku Ketua HIMA Psikologi sekaligus yang membuka rangkaian acara LKMM-D. 

Acara dilanjutkan dengan pengenalan panitia LKMM-D tahun 2022 yang dipandu oleh Indina Salsabila dan dilanjutkan oleh Koordinator tiap divisi serta materi LKKM-D yang dibawakan oleh Indina Salsabila. Materi LKMM-D ini berisi gambaran umum tentang kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan, tujuan dan manfaat dari kegiatan tersebut diadakan. Kegiatan selanjutnya adalah pemilihan koti LKMM-D tahun 2022. Tugas dari koti adalah untuk mengingatkan seluruh peserta agar tetap mentaati tata tertib yang sudah disepakati oleh seluruh peserta. Pemilihan koti ini dilakukan dengan metode pengajuan diri lalu di voting oleh seluruh peserta LKMM-D tahun 2022 dengan pertimbangan visi dan misi yang dibuat langsung oleh calon koti LKMM-D tersebut, yang menghasilkan keputusan bahwa Andi Maulana Nugroho menjadi koti LKMM-D tahun 2022. Setelah pemilihan koti LKMM-D tahun 2022, acara selanjutnya adalah pembagian kelompok. Kelompok LKMM-D ini terdiri atas 10 kelompok, dimana nama kelompok ini diambil dari nama-nama tokoh Psikologi. Setiap kelompok terdiri dari 10-11 orang anggota dimana setiap kelompok memiliki bina damping yang dipilih dari mahasiswa psikologi angkatan 2020 dan 2021. Setelah kelompok dibagikan, setiap kelompok duduk berdasarkan kelompok yang sudah ditentukan, kemudian menentukan ketua kelompok. Adapun ketua kelompok 1 (Abraham Maslow) adalah Muhammad Izzudin Arrasyad, kelompok 2 (Thorndike) adalah Tulus Setiawan, kelompok 3 (Sigmund Freud) adalah Ahmad Syauqi, kelompok 4 (Henry A. Murray) adalah Victorio Valentino, kelompok 5 (Carl Rogers) adalah Muhammad Nadzwa Ali Wafa, kelompok 6 (Carl Gustav Jung) adalah Gindra Dwi Hammam Satria, kelompok 7 (Eric H Ericson) adalah Muhammad Syarif Hidayatullah, kelompok 8 (Ivan Pavlov) adalah M. Gilang Syahrial Putra, kelompok 9 (Albert Bandura) adalah Muhaimin Moslem Nusantara, dan kelompok 10 (B.F. Skinner) adalah Afiata Malna Putranda. Setelah penentuan ketua kelompok, selanjutnya adalah pemaparan materi Pedoman Dasar Organisasi Kemahasiswaan (PDOK) dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat dan dilanjutkan pengenalan struktur organisasi ULM, FK, serta Civitas Akademika Prodi Psikologi. Selanjutnya adalah pembacaan etika di lingkungan FK, serta pembacaan dan persetujuan tata tertib di antara panitia dan peserta LKMM-D tahun 2022. Setelah itu memasuki kegiatan akhir dari rangkaian acara Pra LKMM-D yaitu pembacaan tugas LKMM-D yang nantinya akan dikerjakan oleh seluruh peserta kegiatan. 

Pemberian arahan kepada seluruh mahasiswa baru psikologi Angkatan 2022
HIMA Psikologi adakan Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Dasar di RKB 1 gedung Psikologi FK ULM
HIMA Psikologi adakan Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa  Dasar di RKB 1 gedung Psikologi FK ULM

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, SE

Asal Program Studi : Program Studi Psikologi FK ULM

Nama Editor :  Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M,A

Tanggal Penulisan : 24 Oktober 2022