Fakultas Kedokteran ULM

Mahasiswi Psikologi FK ULM Memenangkan Juara 2 MTQ Nasional 2022

HomeBeritaMahasiswi Psikologi FK ULM Memenangkan Juara 2 MTQ Nasional 2022
25Oct

Gusti Aisya Noor Khalisa, Mahasiswa Baru Program Studi Psikologi Angkatan 2022 memenangkan juara 2 Lomba MTQ Nasional 2022 Cabang Syarhil Qur’an

BANJARBARU – Musabaqah Tilawatil Qur’an  atau yang akrab dikenal sebagai MTQ adalah sebuah festival keagamaan islam Indonesia yang penyelenggaranya diadakan pada tingkat nasional yang mempunyai tujuan untuk mengagungkan Al-Qur’an.

Sedikit cerita singkat sejarah awal mula MTQ pertama kali dilaksanakan pada tahun 1968 dan dilembagakan secara nasional oleh Menteri Agama saat itu, yaitu K.H Ahmad Dahlan. Pertama kali MTQ diadakan di kota Makassar pada bulan Ramadhan pada tahun 1968. Sedangkan MTQ ketiga diadakan di kota Banjarmasin pada tahun 1970. Pada tahun 2022 ini, setelah 52 tahun akhirnya MTQ nasional akan Kembali dilaksanakan Provinsi Kalimantan Selatan, hal ini tentu saja membawa kebanggaan terhadap masyarakat Kalimantan Selatan.

MTQ di Kalimantan Selatan dilaksanakan pada tanggal 10-19 Oktober 2022, pembukaan acara MTQ ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden yaitu bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin. Acara MTQ dilaksanakan beberapa tempat di kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Pada MTQ kali ini diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi Psikologi Angkatan 2022 dan berhasill memenangkan Juara 2 lomba MTQ pada cabang lomba Syarhil Qur’an yaitu Gusti Aisya Noor Khalisha.

Berikut cerita singkat Gusti Aisya Noor Khalisa dari awal sampai memenangkan juara lomba MTQ Syarhil Qur’an :

Pada tanggal 7-9 April 2021 telah dilaksanakan MTQ Nasional ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupateden Tanah Bumbu. Alhamdulillah saya menjadi terbaik 2 di cabang lomba Tilawah Remaja Putri. Hasil dari MTQ Provinsi Kalsel tersebut dikirim ke STQ Nasional ke XXVI Tahun 2021 dan dikirim ke dalam ajang MTQ Nasional ke-XXIX 2022 yang dilaksanakan di Prov. Kalimantan Selatan. Jadi untuk MTQ Nasional tahun 2022 ini, Kafilah Kalimantan Selatan tidak ada mengadakan pelaksanaan MTQ Provinsi, melainkan diambil  hasil kejuaraan terbaik 1,2,3 pada MTQ Provinsi tahun 2021 yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu dengan dilaksanakannya seleksi Training Center untuk menjadi Duta Kalimantan Selatan pada MTQ Nasional ke-XXIX Tahun 2022. 

Pada seleksi Training Center tersebut dilakukan latihan secara intensif dari pelatih-pelatih profesional dari pusat untuk para peserta terbaik 1,2,3 pada cabang lomba masing-masing dan akan dilihat hasil dari Training Center itu siapa yang berhak menjadi duta Kalsel pada ajang MTQ Nasional ke XXIX. Pada pelatihan tersebut peserta yang dilatih akan diacak/diambil yang terbaik dan dimasukkan ke cabang lomba yang sesuai dengan potensi dirinya masing-masing, jadi tidak mesti yang juara 1 terpilih secara langsung, dan tidak mesti pula yang menjadi terbaik atas cabang lomba itu yang akan mewakili lagi pada cabang lomba itu, melainkan akan dilihat dari hasil pelatihan dan penilaian Training Center, kemudian hasil tersebut lah yang akan menjadi duta Kalsel pada ajang MTQ Nasional ke-XXIX di Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada 10-19 Oktober 2022. Dari hasil Training Center tersebut saya terpilih menjadi duta kalsel pada cabang lomba Syarhil Qur’an Puteri sebagai Qoriah. Pada Training Center tersebut dilakukan 10 bulan dari bulan Desember 2021-September 2022yang dilaksanakan sekali sebulan.

Berikut beberapa dokumentasi rangkaian lomba MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan dengan perwakilan mahasiswa dari Program Studi Psikologi FK ULM :

Website

Description automatically generated
Pemusatan Pelatihan (TC) Peserta Kafilah Kalsel pada Bulan Maret 2022
A group of people in robes

Description automatically generated with low confidence
Dokumentasi setelah Pelatihan Bersama pelatih Daerah pada bulan April 2022
A group of people posing for a photo

Description automatically generated
Dokumentasi setelah Pelatihan Bersama pelatih Pusat pada bulan Mei 2022
A group of people posing for a photo

Description automatically generated
Dokumentasi setelah pelatihan Bersama pelatih daerah pada bulan Juni 2022
Acara Pengajian Rutin di Kiram Park didakatan Try out Bersama Bapak Gubernur Kalimanatan Selatan H. Sahbirin Noor
Dokumentasi tampil penyisihan Cabang Syarhil Qur’an pada MTQ Nasional ke-XXIX
A picture containing text

Description automatically generated
Dokumentasi setelah tampil Grand Final Cabang Syarhil Qur’an pada MTQ Nasional ke-XXIX
A picture containing text, person, posing, group

Description automatically generated
Dokumentasi Pengambilan Piala pada Grand Closing MTQ Nasional ke – XXIX
Diagram

Description automatically generated
Foto Ucapan selamat diambil dari Instagram @Psikologifkulm

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, S.E

Program Studi : Psikologi

Nama Editor : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A

Tanggal Penulisan : 23 Oktober 2022