Fakultas Kedokteran ULM

FK ULM Kembali Adakan Seleksi PILMAPRES Tahun 2022

HomeBeritaFK ULM Kembali Adakan Seleksi PILMAPRES Tahun 2022
Peserta, Juri, dan Panitia Seleksi Pilmapres FK ULM, Banjarbaru (17/10/22-18/10/22)

Banjarbaru – Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik, dengan fokus program Sarjana dan Diploma.

Pilmapres diselenggarakan oleh Puspresnas, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahap-tahap seleksi meliputi (1) Seleksi Wilayah, (2) Seleksi Nasional Awal, dan (3) Final Pilmapres Nasional.

Sebelum mengikuti seleksi tingkat wilayah, masing-masing Perguruan Tinggi/ Universitas melakukan seleksi terlebih dahulu. Universitas Lambung Mangkurat melakukan seleksi dari tingkat Fakultas. Masing-masing Fakultas akan melakukan seleksi Pilmapres dengan memilih beberapa mahasiswa Program Studi sebagai kandidatnya. Setelah mendapatkan juara, kemudian masing-masing Fakultas mengirimkan perwakilannya ke tingkat Universitas. Di tingkat Universitas para peserta diseleksi kembali untuk menentukan juara. Para mahasiswa yang berhasil meraih gelar juara itulah yang nantinya akan diikutkan di seleksi tingkat wilayah.

FK ULM melaksanakan Pilmapres tahun 2022 selama dua hari, yaitu tanggal 17 dan 18  Oktober 2022 di Ruang Sidang Lantai 2 dan Gedung Teater Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru. Pilmapres pada tahun ini mengusung tema Mewujudkan Generasi Unggul yang Berprestasi, Berdaya Saing dan Beretika. Adapun jumlah peserta/kandidat dari Pilmapres ini sejumlah 8 (delapan) mahasiswa, masing-masing 2 delegasi dari Prodi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS), Prodi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Prodi Keperawatan (PS Kep) dan Prodi Psikologi (PS Psi).

Berikut daftar peserta Pilmapres FK ULM Tahun 2022 :

No

Nama

NIM

Program Studi

  1.  

Raudha Rizkiafillah

2010911320045

Kedokteran Program Sarjana

2. 

Gastin Gabriel Jangkang

2010911110031

Kedokteran Program Sarjana

3. 

Muhammad Syarif

2110912110013

Kesehatan Masyarakat

4. 

Melati Noormauldya Putri

2010912120016

Kesehatan Masyarakat

5. 

Norwaqi’ah

2110913120011

Keperawatan

6. 

Rahmat Nur Fadilah

2010913210014

Keperawatan

7. 

Ellya Nur A

2110914220018

Psikologi

8. 

Amalia Fitriyana

2010914220037

Psikologi

Pada hari pertama, acara diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH. Acara kemudian dilanjutkan dengan tiga rangkaian kegiatan yaitu psikotes, Leaderless Group Discussion (LGD), serta Wawasan Kebangsaan dan Capaian Unggulan. Masing-masing kegiatan dinilai oleh juri yang berbeda.

Kegiatan pertama ialah Psikotes. Tes ini dilaksanakan sebagai penunjang untuk penilaian dan memilih peserta yang terbaik. Tes ini dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WITA. Juri pada kegiatan psikotes ini adalah Meydisa Utami Tanau, M. Psi, Psikolog dan Firdha Yuserina, M. Psi, Psikolog.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Leaderless Group Discussion (LGD).  LGD adalah proses pertukaran pendapat, ide, dan informasi tentang beberapa topik oleh anggota kelompok tanpa pemimpin yang ditunjuk di awal diskusi. LGD umumnya digunakan dalam proses seleksi untuk menilai keterampilan interpersonal dan kepemimpinan. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WITA dengan juri dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd, Ked dan dr. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M.Sc, Ph.D.

Rangkaian kegiatan terakhir yaitu Wawasan Kebangsaan dan Capaian Unggulan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menilai seberapa besar wawasan kebangsaan yang dipahami oleh peserta dan untuk mengetahui hasil istimewa yang mendapat pengakuan dan diperoleh baik dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 13.30 sampai pukul 16.00 WITA dengan juri Wawasan Kebangsaan Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH dan Dr. Muhammad Abdan Shadiqi, S.Psi., M.Si, sedangkan juri Capaian Unggulan adalah Agung Waskito, ST., MT dan Dr. dr. Oski Illiandri, M.Kes. 

Acara Pilmapres ini dilanjutkan di hari kedua, (18/10/22) yaitu kegiatan Gagasan Kreatif yang dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WITA. Gagasan kreatif adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Tiap kandidat mengajukan gagasan kreatifnya di depan para juri. Juri pada kegiatan ini adalah  Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si, Vina Yulia Anhar, S.K.M., M.P.H, dan Bernadetta Germia Aridamayanti, S.Kep, Ners, M.Kep.

Berdasarkan hasil akumulasi nilai dari para juri, pemenang dari seleksi Pilmapres FK ULM adalah:

Nama

Program Studi

Perolehan Juara

Gastin Gabriel Jangkang 

Kedokteran Program Sarjana

Juara 1

Melati Noormauldya Putri

Kesehatan Masyarakat

Juara 2

Raudha Rizkiafillah

Kedokteran Program Sarjana

Juara 3

Acara seleksi Pilmapes berakhir dan ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Bapak Fauzie Rahman, SKM, MPH. Semoga mahasiswa yang berhasil meraih juara akan kembali mendapatkan juara di seleksi tingkat selanjutnya.

Penulis: Mirna Oktaria, S.Pd
Fakultas Kedokteran ULM
Editor: Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A