Fakultas Kedokteran ULM

Melalui Bakti Sosial, FK ULM Inisiasi Klinik Terapung

HomeBeritaMelalui Bakti Sosial, FK ULM Inisiasi Klinik Terapung

Banjarbaru – Fakultas Kedokteran (FK) ULM melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di daerah Lok Baintan, Kabupaten Banjar pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Pengabdian dalam bentuk bakti sosial (Baksos) kali ini merupakan salah satu Program Kerja Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Wilayah Binaan sekaligus rangkaian kegiatan Dies Natalis FK ULM ke 32. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pengobatan gratis secara terapung di atas sungai dan di daratan, Kegiatan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penyuluhan tanaman obat serta komunikasi keluarga sehat. “Kegiatan ini merupakan sebuah inovasi karena untuk pertama kalinya dilakukan pada komunitas pasar terapung yang merupakan salah satu kearifan lokal di Kalimantan Selatan. Harapan kami, masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran sungai, pedagang dan pengunjung pasar terapung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan” ujar  Fauzie Rahman, SKM., MPH selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FK ULM sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Pelayanan kesehatan pada pedagang Pasar Terapung Desa Lok Baintan

Kegiatan dibagi menjadi 2 dengan sasaran berbeda. Kegiatan pertama dilakukan langsung di pasar terapung dengan menggunakan kapal mesin dengan sasaran para pedagang dan pengunjung di pasar terapung. Kegiatan ini disambut sangat antusias. Salah seorang pedagang menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat membantu para pedagang dan juga pengunjung, karena tidak memiliki waktu ke puskesmas untuk mengecek kesehatan di jam pelayanan yang bersamaan dengan waktu berjualan. “Kalau bisa kegiatan ini terus berkelanjutan” ujarnya.

Pemeriksaan tekanan darah di atas jukung pada pedagang Pasar Terapung Desa Lok Baintan

Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan kedua, yaitu melakukan pengecekan kesehatan pada masyarakat sekitar pasar terapung di Balai Desa Lok Baintan disertai penyuluhan oleh tim dosen dari FK ULM. Senada dengan yang ada di perairan, warga dari Desa Lok Baintan dan sekitarnya juga sangat antusias dan berharap di waktu mendatang FK ULM dapat kembali hadir untuk memberikan pengobatan gratis bagi warga desa.Sekretaris Desa Lok Baintan, Muhaimin mengucapkan banyak terima kasih, karena dengan pengobatan gratis ini, masyarakat dapat melakukan pengecekan parameter penyakit degeneratif dan tidak menular, seperti gula darah, kolesterol, dan lainnya. “Alhamdulillah pada kegiatan ini kami mendapatkan pengecekan kesehatan secara gratis, sangat bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Kami berharap semoga kegiatan ini tidak hanya satu kali kegiatan ini saja, kalau bisa dilaksanakan setiap bulan” ujarnya.

Suasana pemeriksaan kesehatan di Balai Desa

Pengobatan gratis dan edukasi masyarakat ini sudah yang kesekian kalinya diselenggarakan oleh FK ULM, setelah sebelumnya melakukan pengobatan yang serupa di berbagai tempat. Koordinator acara Agung Waskito, ST., MT selaku Ketua Pokja Pengembangan Wilayah Binaan FK ULM menyampaikan “Sesuai dengan tujuan Pokja serta salah satu misi FK ULM, yakni penyebaran IPTEK dan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat khususnya di lahan basah”.

Foto bersama Dekan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Pokja Pengembangan Wilayah Binaan dan Civitas Akademika FK ULM sebagai pelaksana kegiatan, aparat dan masyarakat Desa Lok Baintan.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH yang juga turut hadir dan membuka acara tersebut menyebutkan bahwa kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga dan dengan kegiatan baksos ini beliau berharap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kegiatan baksos seperti ini dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa FK ULM dalam mengimplementasikan teori yang telah didapatkan pada saat perkuliahan. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan akan menjadi langkah awal dari FK ULM dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dikemas dalam bentuk Klinik Terapung. Kedepan, FK ULM akan memiliki sebuah kapal sendiri yang dikemas dalam bentuk KLINIK TERAPUNG FK ULM untuk memudahkan kegiatan pelayanan kesehatan bagi warga pinggiran sungai, dan  lebih mencerminkan ciri khas kearifan lokal budaya banjar yakni kota seribu sungai, serta implementasi dari Visi dan Misi FK ULM” ucap beliau.

Kegiatan baksos FK ULM kali ini berjalan dengan lancar, terbukti dari apresiasi dan antusiasme para warga yang mengikuti seluruh rangkaian acara tersebut dari awal sampai akhir. Acara tersebut terselenggara karena dukungan dari tim dosen dari prodi-prodi di lingkungan FK ULM, seperti: Prodi Kedokteran Program Sarjana, Keperawatan, Psikologi dan Kesehatan Masyarakat serta mahasiswa FK ULM. Semoga kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin sehingga terjadi kolaborasi keilmuan yang bersinergi dalam bidang kesehatan (rin/ihy).

Nama Penulis : Mahrisya Rindu Wahyuni.,AMKg

Program Studi : Kesehatan Masyarakat

Nama Editor : Ihya Hazairin Noor

Tanggal Penulisan : 26 Oktober 2022