Fakultas Kedokteran ULM

Seminar Internasional 1st PUBHEIC

HomeBeritaSeminar Internasional 1st PUBHEIC

penyampaian materi oleh Keynote Speaker

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM pada Jumat (19/11/2021) telah melaksanakan Seminar Internasional dan Oral Presentation pada rangkaian kegiatan 1st PUBHEIC (Public Health International Conference of Lambung Mangkurat University). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunkan media Converence Zoom Meeting dengan persiapan yang terbilang sangat matang dengan 5 narasumber yang sangat luar biasa dihadirkan pada Seminar Internasional ini. PUBHEIC pada tahun ini dilaksanakan pertama kali oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan tema yang diangkat adalah “Public Health Response Amidst Prolonged Covid-19 Pandemic: Lesson Learned from Lower-Middle Income Countries”. Pada kegiatan 1st PUBHEIC turut dihadiri oleh Dr. Mohammad Bakhriansyah, M. Kes., M. Med.Ed., M. Sc., Ph.D, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM, seluruh rekan dosen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan PSKM FK ULM serta mahasiswa di lingkungan PSKM FK ULM dan peserta Seminar Internasional dari beberapa Universitas yang berjumlah lebih dari 200 partisipan.

 Kegiatan pagi diawali dengan kegiatan Seminar Internasional sebagai rangkaian kegiatan pertama dari 1st PUBHEIC. Thoric Abi Permana dan Zuhrufa Wanna Yolanda selaku Master of Ceremony (MC) membuka acara dan dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh Ketua Pelaksana 1st  PUBHEIC, yaitu Muhammad Irwan Setiawan, S. Gz., M. Gz. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam momentum kegiatan pertama PUBHEIC di tahun ini menjadikan ajang untuk mengembangkan sumber daya Program Studi untuk memfasilitasi Conference Internasional dan dilaksanakannya 1st PUBHEIC. Selain dilaksanakan Seminar Internasional yang mengundang 5 pemateri yang luar biasa, juga dilaksanakan Annual Scientific Meeting Session.

Selanjutnya penyampaian sambutan oleh Dr. Mohammad Bakhriansyah, M. Kes., M. Med.Ed., M. Sc., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM yang sekaligus membuka kegiatan 1st PUBHEIC secara resmi. Beliau menampaikan bahwa dengan diadakannya  1st PUBHEIC ini akan menjadi contoh dilaksanakannya Conference Internasional di tahun-tahun selanjutnya.

Setelah kegiatan dibuka, Thoriq dan Zuhrufa menyampaikan bahwa pada Seminar Internasional ini dihadirkan 5 narasumber dari berbagai belahan waktu yang berbeda, adapun narasumber yang pertama merupakan Keynote Speaker yang merupakan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, yaitu dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid. Selain itu beliau juga merupakan Control Spokesperson of the COVID-19 Vaccination Nasional Program. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan materi dengan tema “The Current Situation of COVID-19 in Indonesia from a Public Health Perspective”.

“Pada bulan Juli 2021, kita mengetahui bahwa kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan kasus yang sangat meningkat hingga pada bulan Agustus 2021. Hal ini merupakan gelombang kedua Covid-19 dan setelah gelombang kedua berakhir pada awal September 2021, banyak sekali daerahdi Indonesia yang mengalami penurunan kasus dan banyak yang mengalami penurunan level hingga ke level-1. Hal ini terjadi karena program vaksinasi semakin masif dan tentunya upaya 3T terus digencarkan. Namun, tetap saja kita harus waspada karena bukan berarti tidak ada kasus. Pandemi Covid-19 sudah berakhir, kita harus waspada dan menerapkan upaya preventif dan promotif dalam menghadapi gelombang kasus selanjutnya”, tutur dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid saat menyampaikan materi.