Fakultas Kedokteran ULM

Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam Melaksanakan Yudisium Ke-4

HomeBeritaProgram Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam Melaksanakan Yudisium Ke-4
21Jun

Banjarmasin –  Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat kembali melaksanakan Yudisium ke-4 pada Selasa 20 Juni 2023 pukul 12.00 WITA bertempat di Ruang Rapat Dekanat Lantai 2 Fakultas Kedokteran Banjarbaru. Dalam Yudisium ke-4 ini program studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam Universitas Lambung Mangkurat meluluskan tiga residennya atas nama, dr. Anggarda Kristianti Utomo, dr. Loudry Amsal Elfa Gustanar dan dr. Bernadet Maria Sanjaya yang dinyatakan lulus setelah menyelesaikan ujian komprehensif.

Acara yudisium kali ini dipimpin oleh dr. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes., M.Med.Ed.,  M.Sc., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, dr. Djallalluddin, M.Kes., PKK., Sp.PD., K-KV., FINASIM selaku Koordinator Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam dan Rusimah, S.Pd selaku Sub. Koordinator Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Yudisium ini dilaksanakan setelah dr. Anggarda Kristianti Utomo, dr. Loudry Amsal Elfa Gustanar dan dr. Bernadet Maria Sanjaya berhasil menyelesakan tiga tahapan dalam kurikulum Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Keokteran Universitas Lambung Mangkurat, dinyatakan telah lulus dalam Ujian Board Nasional CBT (Computer Based Test) dan OSCE dengan kelulusan first taker 100%, serta telah lulus dalam Ujian Komprehensif yang menjadi syarat dari Program Studi. Yudisium inilah yang menandakan bahwa dr. Anggarda Kristianti Utomo, dr. Loudry Amsal Elfa Gustanar dan dr. Bernadet Maria Sanjaya berhasil lulus dari masa pendidikan  Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam.

Rangkaian kegiatan yudisium ini dimulai dari pembukaan, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan yudisium dari dekan, pembacaan transkrip akademik oleh koordinator program studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama. Acara yudisium digelar secara sederhana dengan penuh makna sebab mahasiswa yang di yudisium pada periode ini  adalah lulusan kedua dari angkatan ke-2 Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran ULM dengan gelar Spesialis Ilmu Penyakit Dalam (Sp.PD), dr. Anggarda Kristianti Utomo, Sp.PD memperoleh nilai indeks prestasi komulatif (IPK) 3,93 berstatus lulus dengan predikat “Dengan Pujian/ Cum Laude”, dr. Loudry Amsal Elfa Gustanar, Sp.PD memperoleh nilai indeks prestasi komulatif (IPK) 3,85 berstatus lulus dengan predikat “Dengan Pujian/ Cum Laude” dan dr. Bernadet Maria Sanjaya, Sp.PD memperoleh nilai indeks prestasi komulatif (IPK) 3,81 berstatus lulus dengan predikat “Dengan Pujian/ Cum Laude.

Pelaksanaan Yudisium ke-4 Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam

Dalam sambutannya dr. Loudry Amsal Elfa Gustanar selaku perwakilan peserta yudisium menyampakai terima kasihnya “saya ucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah membimbing, terima kasih kepada Fakultas Kedokteran, yang telah membantu selama masa Pendidikan 4 tahun, dan kami akan selalu menjaga nama baik almamater ini, dan kami menyampaikan permohonan maaf kami selama masa Pendidikan kami di Universitas Lambung Mangkurat”. 

Ucapan Selamat dari Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran dan Koordinator Program Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam

Yudisium merupakan titik awal untuk memulai tanggung jawab sebagai dokter spesialis ilmu penyakit dalam, dimana kedepannya akan semakin banyak berhubungan dengan masyarakat dan tenaga medis yang lain, oleh karena itu diharapkan lulusan dapat menggunakan keilmuan yang dimiliki dengan sebaik–baiknya, tetap menjaga nama baik almamater dan tidak melakukan hal – hal yang melanggar moral dan etika.

Setelah rangkaian acara yudisium ini terlaksana, berikutnya peserta akan mengikuti acara pelantikan dokter spesialis Penyakit Dalam dan Wisuda Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.(Fr/Dia).

Nama Penulis:Fauzan Rivazie, S.Kom
Program Studi:Spesialis Ilmu Penyakit Dalam
Nama Editor:Noor Diani, Ns, M.Kep, Ns. Sp.Kep.MB
Tanggal Penulisan:21 Juni 2023
Tags: