Fakultas Kedokteran ULM

Dies Natalis PSKM FK ULM ke-21 Berlangsung Meriah

HomeBeritaDies Natalis PSKM FK ULM ke-21 Berlangsung Meriah

Banjarbaru – Sabtu (08/06/2023). Terhitung sudah 21 tahun Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat berdiri berdasarkan SK Rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor 243/JO8/PP/2002, tentang Pembentukan Program Studi Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat tepatnya pada tahun 2002/2003 Program Studi Kesehatan Masyarakat mulai menerima mahasiswa baru. Dengan diterbitkannya Surat Keputusan oleh Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 1362/D/T/2004 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) pada Universitas Lambung Mangkurat. Melihat hal tersebut, sudah sepantasnya bagi para mahasiswa setiap generasi untuk melanjutkan tradisi yang sudah ada sejak lama, yakni perayaan Dies Natalis PSKM FK ULM.

Pagelaran acara Dies Natalis PSKM FK ULM diselenggarakan oleh divisi Kajian Aksi Strategis dan Eksternal (KASTERNAL) di bawah arahan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMA KESMAS). Dilaksanakannya program kerja Dies Natalis PSKM ini selain bertujuan untuk melanjutkan kegiatan rutin setiap tahun, tetapi juga menjadi wadah dalam mengembangkan keterampilan dan menggali potensi para mahasiswa, serta mempererat tali persaudaraan, keakraban, dan kebersamaan antar mahasiswa PSKM.

Gambar 1. Foto bersama mahasiswa PSKM FK ULM angkatan 2021 dengan dosen pengajar pada acara Dies Natalis PSKM FK ULM ke-21

Kegiatan Dies Natalis PSKM FK ULM adalah puncak acara dari perayaan hari lahir PSKM yang dimulai sejak tanggal 3 Juni 2023. Terdapat beberapa kegiatan pada Dies Natalis PSKM, seperti pembukaan, penampilan para pemenang lomba dan pemberian hadiah, pentas seni, penampilan kolaborasi antar angkatan yang dapat menghilangkan sekat-sekat antargenerasi, serta penutup. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk menguatkan komitmen dan semangat juang akan perubahan demi kemajuan. Selain itu, kegiatan Dies Natalis PSKM juga diharapkan dapat menjadi ajang hiburan yang bermanfaat, menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Program Studi Kesehatan Masyarakat.Kegiatan perayaan Dies Natalis yang menjadi tradisi dari tahun ke tahun oleh mahasiswa PSKM FK ULM dan diselenggarakan oleh Hima Kesmas 2023 khususnya divisi Kajian Aksi Strategis & Eksternal (KASTERNAL), yang ke-21 ini tak kalah ramai dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan membawa tema “PHEU 21st Anniversary: CHANGEFLORIAL; Awakening the Spirit of Exploration Towards Change” Acara dies natalis ini diawali dengan pembukaan acara oleh koordinator program studi kesehatan masyarakat yaitu Laily Khairiyati SKM. MPH.

Gambar 2. Pembukaan acara oleh Laily Khairiyati SKM. MPH selaku koordinator program studi kesehatan masyarakat.

Setelah dilakukannya pembukaan oleh koordinator program studi kesehatan masyarakat, acara dilanjutkan dengan berbagai macam penampilan. Ada penampilan tari, dan berbagai macam penampilan dari tiap angkatan.

Gambar 3. Penampilan tari pada Dies Natalis PSKM FK ULM ke 21 Gambar 3. Penampilan dari angkatan 2022 pada Dies Natalis PSKM FK ULM ke-2.
Gambar 4. Penampilan dari angkatan 2021 pada Dies Natalis PSKM FK ULM ke-21.

Setelah berbagai macam penampilan yang dibawakan oleh mahasiswa PSKM FK ULM, acara dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan. Untuk perlombaan Dies Natalis sendiri dibagi menjadi perlombaan opening dan perlombaan middle. Pada perlombaan opening terdapat lomba balon ular, lomba estafet, dan lomba mission X, yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa PSKM FK ULM.

Gambar 5. Potret mahasiswa mengikuti lomba balon ular pada acara Dies Natalis.

Setelah rentetan lomba opening masih terdapat beberapa rentetan lomba middle seperti lomba desain poster, Harmonia Music Echo Competition, podcast with harmonia, E-footbal, dan mobile legend. Dan penutupan untuk acara Diesnatalis ini sendiri akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 8/07/2023 mendatang.

“Saya pribadi berharap dengan adanya acara Opening Dies Natalis PSKM yang ke-21 ini dapat memeriahkan sekaligus mempererat antar civitas yang ada di internal PSKM maupun eksternal PSKM, mengingat yang berhadir di acara ini tidak hanya dari PSKM saja. Juga harapannya dapat memberikan semangat motivasi bagi kita semua dalam menjadi agen perubahan di masa depan seperti makna dari tema Dies Natalis PSKM kali ini.” Harap Madhea Maharani, Selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis PSKM Ke-21, Kamis  (15/06/23).Rin.HDDL

Nama Penulis : Mahrisya Rindu Wahyuni.,SKM

Program Studi : Kesehatan Masyarakat

Nama Editor : Hadrianti H.D. Lasari, SKM., MPH

Tanggal Penulisan : 15 Juni 2023