Fakultas Kedokteran ULM

PPDS Ilmu Penyakit Dalam Turut Memeriahkan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) Nasional Ke-115

HomeBeritaPPDS Ilmu Penyakit Dalam Turut Memeriahkan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) Nasional Ke-115
23May

Banjarbaru – Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, bertepatan dengan acara puncak Hari Bakti Dokter Indonesia Nasional (HBDI) yang ke 115, Prodi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Selatan turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis dokter spesialis. 

Acara Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia Nasional (HBDI) yang ke 115 sendiri dilaksanakan di Kalimantan Selatan dan IDI Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah. Berlangsung di Balai Kota Banjarbaru dan dihadiri oleh para Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), setelah dilepas oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin, Rombongan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Kalimantan Selatan. 

Adapun salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pengabdian masyarakat di desa binaan, ada dua desa berbeda yang dijadikan tempat untuk Prodi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengadakan pengobatan Gratis dokter spesialis yaitu, Desa Pandahan Kecamatan Bati – Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dan Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. 

Dari Kiri dr. Fadillah Alma Putra, dr. Ketut Suardana, SpPD, dr. Meldy Muzada Elfa, SpPD, FINASIM, dan dr. Julius Henry Banjuradja memberikan Pemeriksaan gratis untuk Warga Desa Pandahan Kecamatan Bati – Bati.

Kemudian Prodi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat menugaskan residen penyakit dalam dan dokter spesialisnya untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat di desa binaan untuk memberikan pengobatan gratis. Adapun yang di tunjuk bertugas di Desa Pandahan Kecamatan Bati – Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan adalah, dr. Meldy Muzada Elfa, SpPD, FINASIM, ditemani dengan dua dokter residen Ilmu Penyakit Dalam dr. Julius Henry Bajuradja dan dr. Fadillah Alma Putra. Selain itu dr. Ketut Suardana dari IDI Pelaihari juga turut serta melakukan screening dan pengobatan gratis untuk masyarakat di desa terebut.

Untuk Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, ada dr. Rina Yuniarti, SpPD dan ditemani Dua Dokter Residen Ilmu Penyakit Dalam yaitu, dr. Rudy Arindra Wijaya dan dr. Benny Tjan. Masyarakat desa terlihat sangat antusias terlihat dari banyaknya warga yang antri untuk memeriksakan diri mereka maupun sanak keluarganya untuk mendapatkan pengobatan gratis. Selain memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis para dokter spesialis dan residen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat juga memberikan sosialisasi kesehatan untuk masyarakat awam. 

dr. Rina Yuniarti, SpPD, dr. Rudy Arindra Wijaya dan dr. Benny Tjan memberikan Pengobatan Gratis untuk Warga Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan.

Dokter Fadillah Alma Putra salah satu residen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran yang ditunjuk untuk bertugas mengaku sangat senang karena bisa menjalin silaturahmi antar dokter di wilayah Kalimantan Selatan. Dokter Fadillah juga berharap semoga dengan adanya acara ini, mampu menjalin kerjasama yang baik antar dokter maupun tenaga kesehatan yang lain di wilayah Kalimantan Selatan dan juga dengan adanya kegiatan ini, mampu mendorong daerah untuk melaksanakan kesehatan masyarakat yang tertuju kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan pelayanan kesehatan yang terpadu.

Selain kegiatan pengabdian masyarakat di desa binaan, acara puncak Hari Bakti Dokter Indonesia Nasional (HBDI) yang ke 115 di Kalimantan Selatan juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti tarian daerah, fashion show dan berbagai booth makanan, minuman dan oleh – oleh khas Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Mess L Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Fr/Dia).

Nama Penulis:Fauzan Rivazie, S.Kom
Program Studi:Spesialis Ilmu Penyakit Dalam
Nama Editor:Noor Diani, Ns, M.Kep, Ns.Sp.Kep.MB
Tanggal Penulisan:22 Mei 2023
Tags: