Fakultas Kedokteran ULM

PS Spesialis Anestesiologi dan PS Spesialis Ilmu Bedah menjadi “Tim Khitanan Massal” Acara HBDI Ke 115

HomeBeritaPS Spesialis Anestesiologi dan PS Spesialis Ilmu Bedah menjadi “Tim Khitanan Massal” Acara HBDI Ke 115
24May

Banjarmasin – Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM dan Program Studi Spesialis Ilmu Bedah FK ULM menjadi “Tim Khitanan Massal” dalam rangkaian acara “Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) Ke 115” yang di adakan pada tanggal 18-21 Mei 2023. Adapun pelaksanan khitanan massal ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Mei 2023 yang bertempat pada 2 tempat yaitu di Desa Pandahan, Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut dan di Desa Baringin, Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Puskesmas Baringin.

Kegiatan ini di awali dengan perjalanan darat menuju tempat lokasi acara dengan di bagi 2 rombongan 1 ke Kabupaten Tanah Laut Kec. Pandahan dan yang ke 2 ke Kabupaten Tapin baik itu peserta ataupun para undangan berangkat pukul 06.30 WITA dari Banjarmasin. Dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam atau 2 jam peserta dan undangan sampai di lokasi acara. Kegiatan acara pun langsung di mulai pada pukul 09.00 WITA di 2 tempat yang berbeda dengan dimulainya sambutan dari Ketua Panitia HBDI Wilayah Kalimantan Selatan, dilanjutkan kemudian sambutan Kepala Desa Pandahan / Kepala Desa Baringin, sambutan Ketua IDI Wilayah Kal-Sel, sambutan Ketua PB IDI, sambutan vice President Danone, sambutan Bupati Tanah Laut / Bupati Tapin, dan sambutan Gubernur Kal-Sel / yang mewakili.

Kegiatan selanjutnya adalah peresmian jamban sehat dan sumber air bersih secara simbolis oleh seluruh rombongan, dilanjutkan dengan kegiatan pengobatan spesialistik, sunatan massal, skrining Kesehatan, penyuluhan dan donor darah. Pada kegiatan sunatan massal “Tim Khitanan Massal” yakni dari Program Studi Spesialis Anestesiologi sebagai tim anestesi dan Program Studi Spesialis Ilmu Bedah sebagai tim bedah pada kegiatan Pelayanan Sunatan Massal HBDI 2023. Kegiatan sunatan massal di Kab. Tapin ini di hadiri langsung oleh Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N.An(K) selaku Koordinator PS Spesialis Anestesiologi FK ULM dan Dr. dr. Agung Ary Wibowo, Sp.B, Subsp. BD (K) selaku Koordinator PS Spesialis Ilmu Bedah serta para Peserta Didik / Resdien Anestesi dan Bedah yang bertugas di Kab. Tanah Laut. Adapun kegiatan sunantan massal di Kab. Tapin di hadiri langsung oleh konsulen / Dosen Luar Biasa dr. Gusti Andhika Kusuma, Sp.An-TI, Subsp.T.I(K) dan dr. I Gusti Agung Bagus Kusuma Jayadi, Sp.An-TI, M.Biomed serta para Peserta Didik / Residen Anestesi dan Bedah yang bertugas di Kab. Tapin. 

Sebanyak 25 orang masyarakat Desa Pandahan 24 orang masyarakat Desa Baringin yang telah mengikuti kegiatan khitanan massal ini mulai dari usia 4 tahun hingga usia 10 tahun yang mengikuti kegiatan ini dengan di dampingi orang tua masing-masing atau yang mendampingi. Hal ini di harapkan dapat mempermudah dan membantu masyarakat dalam khitanan massal yang dilaksanakan secara gratis ini.

Pendapat pernyataan salah satu Peserta Didik / Residen Anestesi ketika mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat menyenangkan, bersyukur bisa terlaksanakan untuk masyarakat banyak, semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat terbantu terutama orang tua yang kesulitan membawa anaknya untuk di khitanan secara gratis ataupun jauh, terima kasih juga di ucapkan kepada semua yang telah mendukung acara baik dari pemerintahan, masyarakat dan seluruh tenaga Kesehatan yang ikut berperan aktif pada kegiatan ini. Imbuhnya.” (syf/pwn).

Nama Penulis : Syarif Hidayatullah, S.Pd

Program Studi : Sp-1 Anestesiologi

Nama Editor : dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked

Tanggal Penulisan : 22 Mei 2023