Fakultas Kedokteran ULM

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FK UNLAM

HomeBeritaPENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FK UNLAM
21Sep

PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN

 

Program studi pendidikan dokter (PSPD) sebagai salah satu program studi yang ada di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat juga diwajibkan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan pendidikan kesehatan untuk mendewasakan usia perkawinan pada santriwati di desa Lok Baintan Kabupaten Banjar.

Capture3
Sosialisasi Visi Misi PSPD FK Unlam

Program Pendewasaan Usia Perkawinan adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia ideal pada saat perkawinan.Usia terbaik untuk melakukan perkawinan sebagai wanita adalah usia 20 tahun keatas sedangkan untuk pria adalah 25 tahun keatas. Angka statistik pernikahan usia dini dengan pengantin berumur di bawah usia 16 tahun di Indonesia secara nasional mencapai lebih dari seperempat, bahkan di beberapa daerah, sepertiga dari pernikahan yang terjadi, yaitu di Jawa Timur 39,43%, Kalimantan Selatan 35,48%, Jambi 30,63% dan Jawa Barat 36%.

Capture4
Sambutan Panitia dan Ketua Yayasan Ponpes Nurul Hidayah

Di masyarakat pedesaan, perkawinan usia dini terjadi terutama pada golongan ekonomi menengah kebawah yang lebih merupakan bentuk sosial pada pembagian peran dan tanggung jawab dari keluarga.Desa Lok Baintan merupakan salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Banjar. Desa ini memiliki satu pondok pesantren puteri yaitu Pondok Pesantren Puteri Nurul Hidayah. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan peserta didik yang dilaksanakan secara seimbang antara lain sikap pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat secara luas, serta meningkatkan kesadaran terhadap alam lingkungannya, azas pembinaan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia.

Capture2

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2015. dimulai dari jam 13.00 WITA – 18.00 WITA. Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Pondok Pesantren Puteri “Nurul Hidayah” desa Lok Baintan Kabupatrn Banjar.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dibentuk tim pelaksana dengan susunan sebagai berikut:

PELINDUNG                        : Prof. Dr. dr. H. Ruslan Muhyi, Sp.A(K)

 

PENASEHAT                        : 1. Prof. Dr. Zairin Noor, dr., Sp.OT(K)., M.M

2. H. Syamsul Arifin, M.Pd., DLP

3. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F

 

KETUA                                   : dr. Mashuri, Sp.Rad., M.Kes

 

SEKRETARIS                       : dr. Lena Rosida, M.Kes

 

ANGGOTA                             : 1. Hj. Lisda Hayatie, S.Ked., M.Kes

2. dr. Husnul Khatimah, M.sc

3.Dwi Lestari, S.Pi