Fakultas Kedokteran ULM

Pelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II PSKM Program Magister

HomeBeritaPelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II PSKM Program Magister
Pelaksanaan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru Periode kedua pada Selasa (2/8/2022) di Gedung Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM

Banjarbaru – Penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang ada di institusi pendidikan seperti Universitas yang berguna untuk menyaring calon mahasiswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh Program Studi pada Universitas tersebut. Pada umumnya proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tertulis, dan pengumuman kelulusan mahasiswa baru. Tahapan dari proses penerimaan mahasiswa baru ini juga dilaksanakan tes penerimaan mahasiswa baru periode kedua pada Selasa tanggal 2 Agustus 2022 di Gedung Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Univeristas Lambung Mangkurat.

Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, akan tetapi untuk alur pendaftaran mahasiswa baru mengikuti syarat dan ketentuan dari Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pendaftaran Mahasiswa baru dilaksanakan secara online pada laman https://admisipasca.ulm.ac.id/ pada 15 Juni sd 15 Juli 2022.

Sebelum hari pelaksanaan Tes PMB, pada tanggal 29 Juli 2022 Program Studi melaksanakan kegiatan Pengarahan Pelaksanaan Ujian Penerimaan Calon Mahasiswa Baru melalui zoom meeting. Pada pertemuan yang diselenggarakan secara online ini Koordinator Program Studi Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes menjelaskan syarat dan ketentuan pelaksanaan ujian penerimaan calon mahasiwa baru. Calon mahasiswa baru wajib membawa kartu peserta ujian, surat pernyataan, surat ijin dari atasan langsung bagi yang  sudah bekerja, sertfikat vaksin booster atau sertifikat vaksin 2 dan swab antigen. Selain pengarahan tersebut, juga diadakan sosialisasi visi dan misi Program Studi bagi calon mahasiswa.

Jumlah Peminat yang mendaftar pada periode dua ini sebanyak 28 calon mahasiswa baru, yang terverifikasi lulus administrasi sebanyak 25 calon mahasiswa baru. Peserta yang telah lulus administrasi kemudian mengikuti serangkaian tes penerimaan sejak tanggal 30 Agustus sampai 2 Agustus 2022. Seleksi yang diikuti yaitu Tes Potensi Akademik berlokasi di Gedung Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat pada 31 Agustus 2022. Tes Bidang Kesehatan Masyarakat, Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan Wawancara berlokasi di Gedung II Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Univeristas Lambung Mangkurat.

Tes Wawancara dibagi menjadi dua sesi yaitu secara offline dan online. Wawancara secara offline dengan pewawancara Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si. selaku dosen program studi dan secara online dengan pewawancara ketua pelaksana penerimaan mahasiswa baru Prof. Dr. dr. Syamsul Arifin, M.Pd. Selama rangkaian tes ini ada 2 calon mahasiswa yang tidak berhadir mengikuti tes. Pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 12 Agustus 2022 mendatang pada masing masing akun peserta.

Adapun calon mahasiswa pada periode satu diterima sebanyak 40 calon mahasiswa yang memenuhi kriteria Program Studi. Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus, selanjutnya akan melakukan registrasi ulang pada Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa (SIREMA) : https://sirema.ulm.ac.id/login sehingga calon mahasiswa tersebut terdaftar secara administratif pada Sistem Informasi Akademik untuk memprogramkan Kartu Rencana Studi (KRS) agar mahasiswa aktif secara akademik. (Mel/Dia).

Tags: