Fakultas Kedokteran ULM

OSCE Komprehensif Perdana Setelah Pembelajaran Daring

HomeBeritaOSCE Komprehensif Perdana Setelah Pembelajaran Daring

Kegiatan ini merupakan bentuk evaluasi dan assessment akhir dari beberapa blok keterampilan medik maupun klinik yang dilaksanakan selama semester genap oleh mahasiswa PSPKS dari tingkat dasar sampai akhir. OSCE komprehensif ini menilai berbagai aspek keterampilan klinik yang harus dikuasai oleh seorang mahasiswa kedokteran. Adapun keterampilan klinik yang harus mereka kuasai yaitu:

  1. Anamnesis
  2. Pemeriksaan fisik
  3. Tes atau prosedur klinik dan atau interpretasi data penunjang,
  4. Penegakan diagnosis dan atau diagnosis banding,
  5. Tata laksana non-farmakoterapi
  6. Tatalaksana farmakoterapi
  7. Komunikasi dan atau edukasi pasien, serta
  8. Perilaku profesional

OSCE komprehensif bisa diselenggarakan jika semua komponen OSCE ini bisa berperan serta aktif dalam proses ini. Adapun komponen OSCE yang dimaksud adalah koordinator blok skill, peserta ujian, penguji dan pelatih pasien standar yang melibatkan tim instruktur skill, pasien standar, dan laboran yang melibatkan tenaga kependidikan (tendik) PSKPS.

OSCE komprehensif ini dimulai dari tahap persiapan yaitu proses untuk menyiapkan blueprint soal yang didalamnya berisi template soal OSCE, alat, bahan, manikin, setting ruang ujian berupa station ujian selain itu menyiapkan komponen OSCE yang akan terlibat dalam OSCE, dan menyusun daftar peserta dan penguji OSCE. Tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan OSCE komprehensif di ruang skill lab PSKPS. Setelah kegiatan pelaksaan selesai maka dilanjutkan kegiatan remedial OSCE untuk peserta yang nilai OSCE nya dibawah nilai batas lulus OSCE yaitu dibawah 70. Remedial ini melibatkan tim penguji dan tim laboran skill lab. (Hel/Dia)

 

Nama Penulis                          : Helmi Faniasa
Asal Program Studi                : Kedokteran Program Sarjana
Nama Editor                            : Noor Diani

Tags: