Fakultas Kedokteran ULM

Evaluasi Lapangan Virtual Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

HomeBeritaEvaluasi Lapangan Virtual Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
Evaluasi Lapangan Virtual Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Selasa (15/03/2022)

Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Lapangan Virtual atas usulan penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Selasa (15/03/2022). Acara tersebut dilaksanakan secara hybrid dimana peserta luring berhadir di ruang seminar 207 gedung Program Pascasarjana ULM dan peserta daring berhadir melalui aplikasi zoom meeting.

Banyak pihak yang berhadir dalam acara ini diantaranya; Direktur LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan; Tim Evaluator Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek); Rektor ULM beserta jajaran pimpinan ULM yaitu Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Humas; Ketua Senat ULM; Direktur Pascasarjana ULM; Dekan Fakultas Kedokteran ULM beserta jajarannya; dan calon Koordinator beserta calon dosen Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran ULM.

Direktur LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dr. Drs. Muhammad Akbar, M. Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya usulan penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran ULM dan beliau berharap semoga kedepannya akan ada Program Studi Doktor lainnya yang dapat direalisasikan oleh ULM.

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc merasa bersyukur dan berbahagia karena pada akhirnya bisa bertemu walaupun secara virtual untuk pendirian Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran ini. Ini merupakan langkah maju oleh fakultas kedokteran ULM karena mendirikan Program Studi Ilmu Kedokteran ini merupakan cita-cita yang sudah lama digagas dan akhirnya bisa sampai ke tahap visitasi ini pada periode Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH.

Prof. Sutarto Hadi membeberkan bahwa kemajuan-kemajuan yang signifikan sudah dicapai oleh ULM antara lain semakin banyak program studi yang sudah mendapatkan akreditasi A dan unggul, salah satunya adalah program studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat  FK ULM yang sudah mendapatkan akreditasi unggul dari LAM-PTKes. Secara institusi ULM sudah mendapatkan akreditasi A dan jumlah tenaga dosen semakin banyak yang berkualifikasi S3. 

“Pada saat saya menjadi rektor tahun 2014 yang lalu, jumlah doktor baru mencapai 135 orang, dan sekarang jumlah doktor sudah hampir mencapai 200 orang dari 1200 dosen. Kemudian jumlah guru besar, pada tahun 2014 adalah sebanyak 24 orang, dan sekarang sudah menjadi 66 orang. Jadi sudah lebih dari 200 persen peningkatan jumlah guru besar” tutur Prof Sutarto Hadi