Fakultas Kedokteran ULM

BAKTI SOSIAL DIES NATALIS FK ULM KE-33 TAHUN 2023

HomeBeritaBAKTI SOSIAL DIES NATALIS FK ULM KE-33 TAHUN 2023
15Oct

Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat bekerja sama dengan Ikatan Alumni FK ULM untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Kedokteran ULM ke-33 dengan tema “ATYETI: Spirit of Better Quality” yang di laksanakan di Fakultas Kedokteran Banjarmasin.

Dalam kegiatan Bakti Sosial ini, Fakultas Kedokteran ULM tidak turun untuk melaksanakan Bakti Sosial di pedesaan namun berfokus kepada warga di sekitar Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin pada 9 RT dengan sasaran para lansia di lingkungan sekitar fakultas.

Dalam sambutan Ketua Pelaksana Dosen Prof. Dr. dr. Triawanti, M.Kes menyatakan bahwa alasan dipilihnya lokasi tersebut dikarenakan dengan kegiatan Bakti Sosial ini menjadi salah satu cara para mahasiswa dan dosen agar semakin dekat dengan masyarakat yang ada di sekitar fakultas serta para masyarakat dapat merasakan manfaat dengan terselenggarakannya kegiatan ini.

Salah satu kegiatan dari Bakti Sosial adalah Cek Kesehatan, Senam Lansia dan Psikoedukasi.
Dalam kegiatan tersebut diawali dengan melakukan Gerakan Senam Otak untuk Para Lansia selanjutnya Penyampaian Materi Psikoedukasi oleh ibu Ainun Alkaff, M. Psi dengan tujuan untuk mengedukasi serta mendeteksi secara dini gangguan mental yang mungkin terjadi kepada para lansia kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tinggi badan, berat badan, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat serta pemeriksaan mata, penyakit dalam, kulit, maupun THT oleh dokter spesialis dan juga terdapat sesi konseling bersama dokter spesialis terkait hasil pemeriksaan para lansia dengan tujuan agar para lansia dapat memahami dan mengetahui pentingnya menjaga kesehatan.

Target dari para lansia berjumlah sekitar 150 orang dan para lansia tersebut sebelumnya sudah mendapatkan kupon cek kesehatan gratis dari masing-masing RT di lingkungan tersebut dan setelah dilakukan pemeriksaan Kesehatan juga mendapatkan obat yang sudah diresepkan oleh dokter spesialis dan sembako secara gratis.

Semoga segala rangkaian kegiatan Bakti Sosial yang telah dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Kedokteran ULM ke-33 ini dapat membawa keberkahan, memberikan dampak meluas, dan manfaat berkelanjutan sesuai dengan yang diharapkan.

Peserta Bakti Sosial
Penyampaian materi psikoedukasi
Gerakan senam otak lansia

 

Cek Kesehatan

Penulis : Zahra Septiana Tarlianty

NIM : 2110913320009

Program Studi : Keperawatan

Tanggal : 15 Oktober 2023