Fakultas Kedokteran ULM

AIPKI : “Forum Dekan Kedokteran 2023”

HomeBeritaAIPKI : “Forum Dekan Kedokteran 2023”
26Jul

fk.ulm.ac.id – AsosiasiInstitusi Pendidikan Kedokteran Indonesia ( AIPKI ) adalah  merupakan forum komunikasi institusi penyelenggara pendidikan kedokteran di Indonesia untuk berkumpul, berbagi pengetahuan, dan berdiskusi mengenai isu-isu kunci dalam bidang pendidikan kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas lambung Mangkurat turut berhadir pada acara yang pada periode kali ini diselenggarakan di Fakultas kedokteran Syiah Kuala Aceh pada 21-22 Juli 2023. Peserta yang hadir mencapai 250 orang dari seluruh Indonesia, dari jumlah total fakultas kedokteran di tanah air adalah sebanyak 92. Keseluruhannya bergabung di dalam organisasi Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI). Dari 92 FK se Indonesia, yang hadir pada kegiatan kali ini adalah 79 fakultas kedokteran

Tuntutan pemerintah terkait keinginan untuk melakukan transformasi kesehatan sangat erat kaitannya dengan upaya produksi tenaga dokter yang dapur utamanya adalah fakultas kedokteran. Tema kegiatan forum dekan kali ini adalah Sinegitas pemerintah dan Universitas dalam meningkat akan Kualitas Pendidikan Kedokteran Indonesia. Kegiatan Fordek ini sendiri  diisi pemaparan  dari kementerian terkait seperti Kemendikbud, Kemendagri para kepala daerah serta dari institusi pendidikan kedokteran itu sendiri terkait sinegitas yang diperlukan dalam peningkatan jumlah dan kualitas dokter Indonesia. Dalam pertemuan itu, dihasilkan sejumlah kesepakatan bersama. Pertama, AIPKI akan terus mengawal dan memastikan sistem pendidikan dokter, dokter spesialis, dan sub spesialis tetap berkualitas. Kemudian, AIPKI akan membentuk pokja untuk memberikan masukan terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri sebagai representasi Asosiasi Institusi Pendidikan Kesehatan

Terakhir, AIPKI tetap berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan kedokteran yang bermartabat, beretika, bermoral, dan profesional. Kegiatan Fordek ini sendiri akan diisi pemaparan dari kementerian terkait seperti Kemendikbud, Kemendagri para kepala daerah, serta dari institusi pendidikan kedokteran.

Dekan FK USK Prof, Dr,  dr. Maimun Syukri Sp.PD KGH Finasm dalam sambutannya mengatakan, USK merasa terhormat atas penunjukan menjadi tuan rumah dalam kegiatan penting ini apalagi pemerintah belakangan menyapaikan bahwa Indonesia kekurangan tenaga dokter. Dirinya  berharap dalam pertemuan strategis ini akan lahir kebijakan baru dari para dekan yang akan menjadi jalan dalam membantu pemerintah menyediakan tenaga kesehatan khususnya dokter di seluruh Indonesia. Prof Maimun Syukri juga berterima kasih kepada para peserta yang sangat antusias datang ke Banda Aceh yang secara geografis berada di ujung barat Indonesia.

aipki forum dekan aceh 21 -22 juli 2023

Ketua AIPKI Pusat Prof Dr dr Budi Santoso SpOG (K) dalam pembukaan menyampaikan, bahwa AIPKI komit untuk terus mengembangkan pendidikan kedokteran Indonesia meskipun belakangan pola pendidikan kedokteran sedang mendapat sorotan dari berbagai pihak. AIPKI juga menyambut baik dibukanya moratorium Fakultas Kedokteran di Indonesia dan sampai saat ini sudah 6 Fakultas kedokteran baru yang mulai menerima mahasiswa baru. Perkembangan kedokteran Dunia juga mengalami perkembangan cepat khususnya paksa pandemi covid-19. Menurutnya, Indonesia juga harus beradaptasi dengan transformasi ini.

Pertemuan dekan kedokteran kali ini akan mulai banyak membahas pendidikan spesialis dan sub spesialis lebih dalam, karena lahirnya undang undang kesehatan menyiratkan upaya pemerintah untuk memperluas layanan spesialis dan sub spesialis ke seluruh pelosok negeri. Kegiatan Forum dekan kali ini juga dijadikan sebagai ajang promosi wisata provinsi Aceh, para peserta umumnya menyempatkan diri untuk menikmati berbagai kuliner Aceh hingga Wisata ke pulau Sabang.

Sumber

https://usk.ac.id/fk-usk-tuan-rumah-pertemuan-dekan-kedokteran-se-indonesia/

https://aceh.tribunnews.com/2023/07/22/forum-dekan-fk-komit-kawal-pendidikan-dokter

Penulis Artikel             : Arniansyah

Fakultas                       : Kedokteran ULM

Editor                          : dr. Pandji Winata NurIkhwan

Tanggal Penulisan       : 24 Juli 2023