Fakultas Kedokteran ULM

Sudah Dinyatakan Lulus Kedokteran, Apa Langkah Selanjutnya?

HomeBeritaSudah Dinyatakan Lulus Kedokteran, Apa Langkah Selanjutnya?
31Jul

fk.ulm.ac.id – Bagi adik adik yang baru lulus SMA/SMK/MA/Sederajat yang bercita cita menjadi mahasiswa kedokteran wajib tahu hal hal mengenai jalur penerimaan mahasiswa kedokteran. Meskipun semua tahapan ujian calon mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 sudah berakhir pada seleksi mandiri 10-15 Juli 2023. Dan hasil kelulusan juga sudah di umumkan. Mari kita review sedikit mengenai jalur penerimaan dan tahapan tahapan untuk bisa menjadi mahasiswa kedokteran. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk perguruan tinggi, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan jalur Seleksi Mandiri

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP )

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, termasuk Universitas Terbuka dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). SNBP juga bertujuan agar PTN tersebut di atas memiliki peluang untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi. Informasi selengkapnya terkait mekanisme jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri bisa dilihat melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Agar bisa menjadi bahan persiapan bagi adik adik dan para orang tua dalam mempersiapkan anaknya yang berkeinginan menjadi mahasiswa kedokteran dari jalur prestasi silahakan kunjungi link berikut sebagai bahan pertimbangan https://ulm.ac.id/id/2023/01/30/snbp-seleksi-nasional-berbasis-prestasi/

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT-UTBK)

Tujuan dari UTBK-SNBT adalah untuk memprediksi calon mahasiwa yang dapat menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu , serta memberi kesempatan calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes. SNBT – UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 3 tahun terakhir, pada penyelenggaraan 2023 tadi maka ketentuannya adalah siswa lulusan 2021,2022,2023 dari pendidikan SMK/SMA/MA/Sederajat serta lulusan paket C dengan umur mak 25 tahun per 1 juli 2023. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti seleksi nasional berbasis tes pada PTN akademik, PTN vokasi, dan perguruan tinggi keagamaan islam negeri.

Peserta SNBT hanya boleh mengikuti UTBK sebanyak 1 kali, dan hasilnya hanya berlaku untuk mendaftar SNBT yang dijalani. SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN akademik, PTN vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan. Adapun persyaratan peserta SNBT-UTBK adalah sebagai berikut :

  • Memiliki akun SNPMB – BPPP yang sudah permanen
  • WNI
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  • Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib menggunggah portofolio
  • Bagi peserta berkebutuhan khusus tuna netra wajib mengunggah surat pernyataan tuna netra
  • Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk 1 kali pelaksanaan

Untuk materi yang diujikan pada pelaksanaan UTBK biasanya terdiri dari

  • Tes potensi skolastik  (TPS )
  • Literasi dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris
  • Penalaran matematika

Setiap peserta bebas memilih program studi di perguruan tinggi negeri, dan diperbolehkan memilih 2 program studi dimana urutan dalam pemilihan program studi menjadi acuan dalam prioritas pilihan jika lulus ujian. Pilihan anda harus merdeka dan bertanggungjawab.

Informasi selengkapnya terkait mekanisme jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri bisa dilihat melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan https://pmb.ulm.ac.id/

3. Jalur Mandiri

Jika dalam kesempatan Jalur Prestasi dan SNBT masih belum berhasil maka kesempatan terakhir adalah lewat jalur mandiri, Jalur mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa diperguruan tinggi negeri yang pelaksanaannya mulai dari registrasi sampai proses ujian dilakukan oleh perguruan tinggi negeri. Pelaksanaannya dilakukan setelah penggumuman hasil SNBT-UTBK sudah keluar. persyaratan dan ketentuan hampir mirip dengan SNBT. Untuk daya tampung mahasiswa mandiri biasanya 30 %  dari kuota yang ditentukan kemdikbud.

Untuk hasil kelulusan SNBT bisa diaskes pada link https://sbmptn.ulm.ac.id/ sedangkan untuk jalur mandiri bisa mengunjungi link https://admisi.ulm.ac.id/index.php/hasil.

pmb.ulm.ac.id

Setelah dinyatakan lulus dari tes masuk perguruan tinggi maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan tes kesehatan yang diselenggarkan oleh Lambung Mangkurat Medical Center ( LMMC ), Pemeriksaan Tes Kesehatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Syarat untuk Daftar Ulang kuliah dan WAJIB dihadiri oleh peserta sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pemeriksaan Tes Kesehatan ini dilaksanakan di Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC) Banjarmasin, tidak diperkenankan melakukan tes kesehatan ditempat lain.

https://lmmc.ulm.ac.id/

Setelah mengikuti tes kesehatan sesuai jadwal yang di tentukan LMMC, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir Uang Kuliah Tunggal ( UKT ), UKT adalah biaya yang dikenakan kepada setiap Mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan acuan diatas dibuat kriteria penetapan UKT

  • UKT terdiri atas kelompok 1-8
  • UKT Kelompok I antara Rp0,00 – Rp500.000,00
  • UKT Kelompok II antara Rp501.000,00 – Rp1.000.000,00
  • UKT Kelompok III dst ditetapkan dengan mempertimbangkan
  • kemampuan ekonomi.
  • Besaran UKT ≤ BKT
  • Penetapan kemampuan ekonomi dilakukan berdasarkan

Untuk menentukan besaran UKT, Mahasiswa melakukan pengisian data secara
daring/online dilaman ukt.ulm.ac.id dengan melampirkan :

melampirkan :

  • Surat Keterangan Penghasilan
  • Rekening Listrik
  • Kartu Keluarga
  • KTM/Bukti setor ukt/spp saudara yang sedang berkuliah
  • Kartu Indonesia Sejahtera (jika ada)
  • Kartu Indonesia Pintar (jika ada )

Dari data tersebut Fakultas melakukan verifikasi data hasil isian mahasiswa dan bukti lampiran yang telah di unggah, Pimpinan Fakultas Melakukan Validasi data yang akan di umumkan ke Mahasiswa.

ukt.ulm.ac.id

jika sudah tes kesehatan dan melakukan pembayaran ukt, langkah terakhir adalah mengisi biodata diri pada portal https://sirema.ulm.ac.id/login. Isi sesuai biodata diri kalian, pastikan hal detail seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir dan sesuai dengan KTP/KK dan ijazah SMA, karena data tersebut akan terekam pada database PD dikti yang mana akan digunakan untuk Uji kompetensi Mahasiswa Kedokteran, keperluan beasiswa, ujian CPNS, melanjutkan jenjang pendidikan dan lain lain.

sirema.ulm.ac.id

sumber

https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

https://ulm.ac.id/id/2023/01/30/snbp-seleksi-nasional-berbasis-prestasi/

https://pmb.ulm.ac.id/

https://admisi.ulm.ac.id/

Penulis Artikel                : Arniansyah, S.Kom

Fakultas                          : Kedokteran ULM

Editor                              : dr. Pandji Winata Nurikhwan

Tanggal Penulisan          : 31 Juli 2023