Fakultas Kedokteran ULM

Raihan Fantastis FK ULM di Duta Genre 2023!

HomeBeritaRaihan Fantastis FK ULM di Duta Genre 2023!
8Aug

fk.ulm.ac.id – Fantastis! Itu mungkin kata yang dapat menggambarkan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) pada Sabtu malam (5/8/23) di ajang Apresiasi Duta GenRe (ADU) Provinsi Kalimantan Selatan 2023. Bukan tanpa alasan, 8 mahasiswa/i nya meraih juara pada ajang yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasiona (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut.

Delapan orang mahasiswa/i tersebut berasal dari 2 program studi, yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) dan juga Program Studi Psikologi (PS Psikologi). Mereka adalah Alfito Dodi Forsatama Akbar (PSKM Angkatan 2022), Regista Tri Puspitasari (PSKM Angkatan 2021), Yoga Putra Wibowo (PSKM Angkatan 2021), Anandyta Amalia (PS Psikologi Angkatan 2022), Faris Zaky Mahendra (PSKM Angkatan 2021), Suci Tri Wulandari (PSKM Angkatan 2022), Muhammad Nadzwa Ali Wafa (PS Psikologi Angkatan 2022) dan Annisa Mutia Rahmah (PSKM Angkatan 2021). Mereka berhasil meraih gelar Duta GenRe Putra dan Putri 2023, Wakil 2 Duta GenRe Putri, Wakil 3 Duta GenRe Putra, Wakil 4 Duta GenRe Putra, Duta GenRe Intelegensia Putra dan Putri, Duta GenRe Media Sosial, dan Duta GenRe Ini Genting.

Keberhasilan kedelapan mahasiswa tersebut tidak lepas dari adanya dukungan yang diberikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat melalui Unit Pengembangan Potensi Mahasiswa dan Alumni (UPPMA) yang bekerjasama dengan PIK-MA Humanis Philia Fakultas Kedokteran. Pembinaan dan pendampingan dilakukan secara sistematis dan terstruktur melibatkan tim dosen dan alumni serta mahasiswa/i angkatan 2020 dengan berbagai kegiatan seperti pembekalan materi tentang GenRe, sharing alumni Duta GenRe, pelatihan public speaking dan simulasi Grand Final.

Fauzie Rahman, SKM., MPH selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK ULM menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya mahasiswa/i yang meraih prestasi tersebut. “Alhamdulillah FK ULM mendapatkan berkah dan rezeki untuk menjadi juara, tentu raihan ini didapatkan atas kerja keras dari mahasiswa/i dan bantuan serta kerja sama dari para pendamping dan mentor yang dengan tulus ikhlas dalam membina” ucap beliau.

M Irwan Setiawan, S.Gz., M.Gz selaku Koordinator Unit Pengembangan Potensi Mahasiswa dan Alumni juga menyampaikan pesan kepada para pemenang, “Selamat dan terima kasih kepada para pemenang Duta Genre Provinsi Kalsel 2023 yang telah menoreh prestasi serta mengharumkan nama Fakultas Kedokteran ULM. Ini raihan yang sangat penting dan prestisius. Semoga kedepan menjadi pelecut semangat rekan lainnya untuk memanen prestasi di ajang lainnya” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Andini Octaviana Putri selaku Pembina PIK-MA Humanis Philia “Borongan Prestasi yang membanggakan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan semangat berprestasi yang tinggi dari para mahasiswa. Apresiasi setinggi-tingginya saya ucapkan kepada para mahasiswa yang mengharumkan nama Fakultas Kedokteran ULM, semoga dapat menjalankan amanah sebagai duta genRe dan terus menebar manfaat serta kebaikan untuk seluruh remaja di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan” tuturnya.

Peraih gelar juara Duta GenRe Putra 2023, Yoga Putra Wibowo, tidak lupa mewujudkan rasa syukur atas raihan prestasi yang didapatkan. “Mewakili teman-teman yang lain, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga, fakultas kedokteran, dan, khusus saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dekat yang telah memberikan dukungan hingga saya mencapai titik ini. Perjalanan ini tidaklah mudah, selalu ada perjuangan dan upaya perbaikan. Semoga dengan tanggung jawab sebagai Duta Genre, saya dapat membawa perubahan yang positif terutama untuk para remaja di luar sana. Terima kasih banyak atas segala dukungan yang diberikan” ucapnya.

Duta Generasi Berencana, biasa disingkat sebagai Duta GenRe, merupakan sebuah ajang yang dijalankan di bawah pengawasan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan diadakan secara berkala setiap tahun. Pada tahun 2023, kegiatan ini berlangsung mulai dari bulan Mei hingga Agustus. Selain melibatkan perwakilan dari Duta Kota/Kabupaten dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R/M), kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada seluruh remaja di Provinsi Kalimantan Selatan untuk mendaftar melalui jalur mandiri. Proses seleksi calon Duta GenRe, yang melibatkan remaja berusia antara 16 hingga 22 tahun, dilakukan dengan ketat.

Para Duta GenRe terpilih akan menjadi teladan (role model) dan juru bicara untuk Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Mereka memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang kesehatan reproduksi dan mempromosikan gaya hidup yang bebas dari penggunaan narkoba dan penyebaran HIV/AIDS. Dalam rangka mencapai tujuan ini, mereka juga akan membawa pesan tentang Triad KRR, yang mencakup isu-isu seks pranikah, pernikahan dini, dan bahaya NAPZA (Narkoba, Alkohol, dan Zat Adiktif Lainnya). Selain itu, mereka juga akan mendorong remaja untuk menjadi “Tegar Remaja”, yaitu remaja yang berperilaku sehat dan terhindar dari risiko. Tegar Remaja memiliki tanggung jawab untuk menunda usia pernikahan, merencanakan kehidupan berkeluarga dengan bijaksana, dan mewujudkan keluarga kecil yang bahagia serta sejahtera. Dengan menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya, para Duta GenRe akan turut serta dalam membangun generasi muda yang kuat dan berwawasan.

Raihan prestasi 8 mahasiswa/i ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran lainnya untuk terus berprestasi baik pada bidang akademik maupun non akademik.

Penulis Artikel            : Arniansyah

Fakultas                       : Kedokteran

Nama Editor                : dr.Pandji winata nurikhwan

Tanggal Penulisan      : 8 Agustus 2023