Fakultas Kedokteran ULM

Orientasi Praktik Lapangan Mahasiswa KMB PSKep di RSUD Ratu Zalecha

HomeBeritaOrientasi Praktik Lapangan Mahasiswa KMB PSKep di RSUD Ratu Zalecha
13Nov

Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKep FK ULM) pada Minggu (02/11/2022) melaksanakan Orientasi Praktik KMB Mahasiswa PS. Kep. FK ULM di RSUD Ratu Zalecha Martapura secara luring

Martapura – Sebanyak 18 mahasiswa Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat (PS. Kep. FK ULM) melaksanakan Pembukaan Kegiatan Orientasi dan Serah Terima Mahasiswa Praktik KMB serta Persamaan Persepsi Pembimbing Klinik di RSUD Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Pelaksanaan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 02 November 2022, dimulai pada pukul 09.30 WITA dan bertempat di Aula Al-Alim Lantai II VIP Intan RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Mata kuliah Praktik Keperawatan Medikal Bedah dilaksanakan pada tahap akademik yang dapat diambil mahasiswa pada semester VII. Mata kuliah ini berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang memiliki bobot 3 SKS yang seluruhnya adalah praktik lapangan di rumah sakit. Metode pembelajaran yang digunakan adalah bedside teaching, case study, discovery learning, problem-based learning, dan contextual instruction.

Praktik KMB dilaksanakan tanggal 14 November – 3 Desember 2022, selama tiga minggu, di tiga rumah sakit, yaitu; Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura, Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru, dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah.

Acara orientasi ini dihadiri oleh Manajemen RSUD Ratu Zalecha Martapura dalam hal ini diwakili Kasubbag SDM Hj Erni Hastati, SKM, MM beserta Staf, dr. Dyah Roselina, Sp. A selaku Koordinator Pendidikan RSUD Ratu Zalecha Martapura serta Clinical Instructure (CI) ruangan. Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh pihak dari PS. Kep. FK ULM diantaranya Ns. Rieh Firdausi, M. Kep. selaku koordinator PKL dan tim dari Nursing Education Unit (NEU) serta Ns. Bernadetta Germia Aridamayanti, M. Kep selaku Clinical Teacher (CT).

Sambutan oleh dr. Dyah Roselina, Sp. A selaku Koordinator Pendidikan RSUD Ratu Zalecha Martapura

Sebelum pembukaan dimulai, mahasiswa yang hadir akan melakukan registrasi dan pengumpulan data peserta serta pre-test. Pada saat pembukaan, sambutan pertama dibuka oleh Ibu Erni Hastati yang menjelaskan bahwa tujuan umum dari kegiatan praktik KMB ini adalah mengembangkan wawasan akademik profesional pengalaman dan keterampilan mahasiswa dalam belajar bekerja pada suatu kegiatan/ usaha sesuai dengan kompetensi.

“Praktik KMB ini juga merupakan implementasi untuk melengkapi kemampuan praktik klinik mahasiswa yang sebelumnya sudah dibekali secara akademik dari perkuliahan teori dan skill laboratorium sebagai simulasi.” Tambah Ns. Rieh Firdausi pada saat sambutan kedua. Ns. Firda juga mengucapkan terima kasih karena RSUD Ratu Zalecha Martapura bersedia menjadi wahana atau lahan bagi mahasiswa untuk menggali ilmu, dan kemudian menitipkan mahasiswa untuk berdinas kepada CI lahan.

dr. Dyah Roselina, Sp. A selaku Koordinator Pendidikan juga menekankan agar mahasiswa selalu mengikuti protokol kesehatan yaitu senantiasa memakai masker, menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menghindari menyentuh wajah, penerapan etika batuk dan bersin serta selalu menjaga jarak dengan orang lain selama berada di rumah sakit mengingat wahana atau lahan praktik mahasiswa berada di ruang penyakit dalam, bedah dan infeksius lainnya.

Setelah pembukaan mahasiswa melanjutkan pembekalan materi orientasi diantaranya materi pertama, penjelasan mengenai profil dan alur pelayanan yang berlaku dirumah sakit oleh tim dari bidang keperawatan, materi kedua yaitu Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Code Blue System oleh tim code blue RSUD Ratu Zalecha Martapura, materi ketiga yaitu Sasaran Keselamatan Pasien oleh tim POKJA SKP, materi keempat yaitu Pencegahan dan Penanganan Infeksi oleh tim pokja PPI dan yang terakhir adalah post-test, evaluasi, pembagian identitas mahasiswa selama berdinas dan pengenalan lingkungan.

Pengalungan ID Card Mahasiswa secara Simbolis

Bersamaan dengan hal tersebut, Clinical Instructure (CI) dan Clinical Teacher (CT) melakukan penyamaan persepsi terkait proses dinas, penugasan dan kompetensi yang akan diraih mahasiswa diantaranya penentuan jadwal dinas di pagi hari, empat ruangan yang akan digunakan berdinas, serta kompetensi pada level .(Ahd/Raa)