Fakultas Kedokteran ULM

PSKMPM Gelar The 2nd Wetland Conference of Public Health (WeCPH)

HomeBeritaPSKMPM Gelar The 2nd Wetland Conference of Public Health (WeCPH)
Seminar Nasional (Kamis, 10 November 2022) dilaksanakan hybrid melalui zoom meeting dan Live Youtube

Banjarbaru – Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat telah menggelar Seminar Nasional berkala melalui The 2nd Wetland Conference of Public Health (WeCPH) dengan tema utama “Issue Terkini Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Lahan Basah” pada tanggal 10 November 2022. Kegiatan berlangsung secara hybrid melalui zoom meeting, Live Channel Youtube dan bertempat di ruang kelas Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM.

Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si ini  menghadirkan tiga narasumber dari berbagai disiplin ilmu. Narasumber pertama adalah Ibu Loveria Sekarini, SKM., MKM dari AIPTKMI & Asosiasi Kesehatan Remaja Indonesia. Materi yang beliau bawakan bawakan “Upaya Akselerasi Kesehatan Remaja, Ibu dan Anak di Lingkungan Lahan Basah” dengan dimoderatori oleh Ibu Dr. Silvia Kristanti Tri Febriana, S.Psi., M.Psi. Narasumber kedua Ibu Ir. Nina Sintarinjana, MM dari PT. Tekno Buana Global Ind. Materi yang beliau bawakan tentang “Pengelolaan Limbah Cair Industri untuk Menurunkan Pencemaran di Lingkungan Lahan Basah” didampingi oleh Bapak Agung Waskito, ST., MT sebagai moderator. Narasumber ketiga Prof. Dr. dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangkaraya dan Fakultas Kedokteran. Materi yang beliau sajikan  “Tantangan Kebijakan Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Lahan Basah” didampingi oleh Bapak Dr. Muhammad Abdan Shadiqi, S.Psi., M.Si.

Diselenggarakan secara hybrid seminar diikuti peserta sebanyak 220 peserta seminar yang bergabung melalui zoom meeting. Peserta terbatas yang merupakan mahasiswa Program Studi PSKM Program Magister hadir secara offline sebanyak 8 mahasiswa. Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa, Dosen, tenaga kesehatan, praktisi dan lain sebagainya. Disampaikan pula peserta berasal dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Borneo Lestari, STIKES Abdi Persada Banjarmasin, Universitas Sari Mulia, Universitas Cahaya Bangsa, berbagai rumah sakit Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangkaraya, Universitas Halu Oleo Kendari, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, PERADI, Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna, Bappedalitbang, Balai Litbang Kesehatan, dan Puskesmas. Peserta oral presentation sebanyak 9 orang, sedangkan peserta poster presentation sebanyak 16 orang, sehingga total peserta 25 orang.

Rangkaian acara kegiatan seminar ini yaitu Penyampaian Laporan Kegiatan oleh Ketua Pelaksana Bapak Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si., dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes., Sp.F., SH, kemudian kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri. Se., M.Si.,

Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam rangka membangun akademik atmosfer yang semakin baik di lingkungan ULM. Melalui kegiatan seminar seperti ini akan muncul gagasan yang mampu memberi kontribusi melalui Tri dharma perguruan tinggi dalam persoalan bangsa kita dalam proses pembangunan terutama bidang kesehatan. Beliau apresiasi kepada penyelenggara seminar karena tetap yang fokus pada pengkajian dengan mengangkat tema lahan basah. “Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Penyelenggara yang telah mempersembahkan seminar ini. Kedepan ULM dalam rangka pengimplentasian visi misi dan tetap fokus pada lahan basah, tentu saja seluruh fakultas mengacu pada pengembangan kurikulum pada lahan basah. Diharapkan kedepannya Seminar tidak berhenti sampai seminar saja tapi dapat berlanjut dengan riset kerjasama, pengabdian kerjasama, dan publikasi kerjasama dengan universitas, dunia usaha atau konteks lainnya. Kegiatan seminar nasional dan seminar internasional harus menjadi kultur akademik.” tuturnya (Raa/Mel)

Nama Penulis           : Melan Sari, S.Kom
NIPK                       : 19930106 201511 2 09054
Asal Program Studi : Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister FK ULM
Nama Editor            : Rendy Alfiannoor Achmad, S.Psi., M.A
Tanggal Penulisan  : 13 November 2022

Tags: