Fakultas Kedokteran ULM

Yudisium PSKPS Periode Januari 2024 meluluskan 144 Mahasiswa

HomeBeritaYudisium PSKPS Periode Januari 2024 meluluskan 144 Mahasiswa
27Jan

Banjarmasin – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FKIK ULM) menggelar Yudisium Periode Januari 2024. Sebanyak 144 mahasiswa/i yang diyudisium pada hari Rabu, 24 Januari 2024. Pelaksanaan Yudisium digelar secara hybrid, pelaksanaan secara luring bertempat di  Gedung Teater Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM Banjarmasin. Sedangkan pelaksanaan secara online melalui Zoom Meeting untuk 1 mahasiswa karena masih berada di Malaysia dalam mengikuti kegiatan IISMA di University Malaya.

Kegiatan yudisium ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM, Koordinator Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran ULM, Staff Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran ULM, serta Para Dosen dan Staff di Lingkungan Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran ULM.

Foto Bersama Sesi 1

Rangkaian kegiatan yudisium ini yaitu pembukaan acara, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan yudisium dari Dekan atau yang mewakili, pembacaan transkrip akademik oleh Koordinator Program Studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama.

Yudisium periode Januari 2024 ini dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM dr. H. M. Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed., M.Sc, Ph.D. Adapun untuk pembacaan transkrip akademik dibacakan oleh Koordinator Program Studi Prof. Dr. dr. Triawanti, M. Kes. Mahasiswa yang diluluskan merupakan mahasiswa yang telah menyelesaikan kurikulum Program Studi Kedokteran Program Sarjana sebanyak 146 SKS, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari atau sama dengan 2,75, tidak ada nilai E, D, dan D+, Lulus Skripsi, dan memenuhi seluruh persyaratan administrasi.

Foto Bersama Sesi 2

Acara selanjutnya yaitu pembacaan Putusan Lulusan Yudisium yang disampaikan kembali oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM. “Peserta Yudisium Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 144 orang dinyatakan lulus sebagai sarjana kedokteran dan berhak menyandang gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked)”. Beliau juga memberikan kesan harapan kepada seluruh peserta yudisium. “Hari ini lah sebenarnya momen dimana kalian secara resmi dinyatakan sebagai Sarjana Kedokteran. Perjuangan yang pasti tidak mudah untuk sampai di titik ini, tapi apakah ini kemudian berakhir tentunya tidak karena setelah ini masih ada proses selanjutnya yaitu proses coass. Dimana jika pada momen S.Ked di level sarjana mungkin yang paling menguras kalian yaitu intelektualnya, tapi ketika nanti masuk coass, mulai dari intelektual yang harus dimaksimalkan, fisiknya juga harus dijaga dengan baik karena nanti akan ada jaga malam, pembuatan laporan, pembuatan laporan kasus, laporan pagi, persiapan ujian dan sebagainya itu memerlukan kesiapan fisik juga dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana kalian menjaga etika dengan sangat baik. Etika terhadap siapa? Tentunya yang pertama adalah orang tua kepada keluarga si sakit atau sang pasien kemudian selain keluarga si sakit yaitu para residen, dokter senior, konsulen, kemudian tenaga administratif, kemudian cleaning service, semuanya pun akan berinteraksi kepada kalian dari formal maupun non formal. Tidak hanya keilmuan yang harus di upgrade tetapi juga etika yang harus dijaga dan menjadi lebih baik agar jangan sampai pendidikan terhambat hanya karena etika” tutur beliau.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan harapan dari Koordinator Program Studi Kedokteran Program Sarjana Prof. Dr. dr. Triawanti, M. Kes. “Selamat kepada anda dan selamat berjuang di profesi mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan cita-cita kalian dan melampaui apa yang kalian cita-citakan.” Tutur beliau.

Foto Bersama Sesi 3

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan-kesan yang disampaikan oleh peserta yudisium yang diwakili oleh Mudrikah Khilda Noor. “Kami sebagai mahasiswa mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada para dosen yang telah membimbing kami dan memberikan ilmu sebanyak-banyaknya kepada kami selama masa pendidikan dari mahasiswa baru sampai mahasiswa tingkat akhir saat ini dan juga terima kasih para admin yang telah membantu kami dalam proses administrasi khususnya proses skripsi dan juga kepada Wakil Dekan Bidang Akademik dr. Bakhriansyah dan juga koordinator PSKPS Prof.Triawanti, kami mengucapkan terima kasih atas kesempatannya kami dapat menjadi bagian dari PSKPS FKIK ULM.” Tutur Mudrikah(hf/nss)

Penulis                        : Helmi Faniasa, S.Pd

Program Studi             : Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor               : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan       : 27 Januari 2024