Fakultas Kedokteran ULM

Seminar Kewirausahaan Oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Angkatan 2021

HomeBeritaSeminar Kewirausahaan Oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Angkatan 2021
7Dec

Seminar Kewirausahaan Oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran ULM Angkatan 2021 bertema “Ready to be Nursepreneur Through Self-Awareness Improvement in Era 5.O” secara daring pada tanggal 27 November 2022

Banjarbaru – 27 November 2022 telah dilakukan Seminar Kewirausahaan yang mengangkat tema “Ready to be Nursepreneur Through Self-Awareness Improvement in Era 5.O”. Latar belakang dari tema ini menggambarkan kewirausaahan memiliki kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumberdaya untuk mencari peluang menuju sukses dan bagaimana menumbuhkan kesadaran diri bahwa seorang perawat tidak hanya bisa menjadi perawat saja namun mampu menjadi seorang wirausahawan. Berkaitan dengan hal ini maka, mahasiswa Program Studi Keperawatan tahun 2021 menyelenggarakan Seminar Nasional Kewirausahaan yang bertujuan untuk mengenalkan serta mengembangkan jiwa berwirausaha.

Berkaitan dengan tema tersebut, kami menghadirkan 6 orang narasumber sebagai pembicara yang terbagi menjadi 2 pemateri utama dan 4 orang pemateri sharing sessiong. Selain itu terdapat 76 panitia, 4 tamu undangan dan 136 peserta.

Peserta Seminar Kewirausahaan “Ready to be Nursepreneur Through Self-Awareness Improvement in Era 5.O”

Kegiatan seminar kewirausahaan ini dilaksanakan oleh mahasiswa program studi keperawatan angkatan 2021 untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 13.00 WITA. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana saudari Lia Safitri dan Ketua Program Studi Keperawatan yang diwakilkan oleh Hery Wibowo, S.Kep.,Ns.,M.Kep dilanjutkan dengan sambutan dari ketua BEM FK ULM saudara Raditya serta sambutan dari Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni bapak Fauzi Rahman, S.KM., MPH sekaligus membuka acara seminar. Acara selanjutnya pemaparan materi dari HIPMI terkait dengan tema materi karakter wirausaha yang dibawakan oleh bapak Qomaluddin Attar Nurriqli, kemudian dilanjutkan pemaparan materi yang kedua oleh Dr. Machli Riyadi S.H.,M.H membawakan topic Trend Issue Etik dan Hukum dalam Bisnis Keperawatan dilanjut dengan Tanya jawab. Sesi selanjutnya ada sharing session bersama empat pemateri yang bergelut di bidang keperawatan sekaligus mempunyai usaha. Empat orang pemateri tersebut ada Novi Mustahdiati Nasri S.Kep.,Ns.,M.Kep Founder of PT. Lentera Buana Mas, Ifa Hafifah, Ns.,M.Kep CEO of Klinik Mecca Rizqi Banjarbaru, Ns. Ahmad Jamaluddin, M.Kep.,Sp.Kep.MB, WOC(ET)N CEO of GoCare Indonesia, Gorontalo dan Makassar, Ulul Azmi Iswahyudi, S.Kep.,Ns.,M.Kep Owner of Rumah Perawatan Luka Ubalan Malang.

Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan peserta seminar terkait membangun jiwa berwirausaha dalam diri seorang perawat dan meningkatkan pemahaman mengenai etik dan legal dalam berbisnis.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan Seminar Kewirausahaan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar sampai rangkaian acara selesai.(ahd/dia).