Fakultas Kedokteran ULM

Seminar Internasional HIMA PSKep FK ULM 2022

HomeBeritaSeminar Internasional HIMA PSKep FK ULM 2022
1Dec

The International Nursing Seminar “Nurses Stress Management Related to the Quality of Health Services” Oleh HIMA PSKep 2022 Berkolaborasi dengan Program Studi Keperawatan Universitas Lambung Mangkurat pada tanggal 26 November 2022 dilaksanakan secara daring.

Banjarbaru – Sabtu, 26 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan Seminar Keperawatan Internasional oleh Himpunan Mahasiswa PSKep FK ULM 2022 yang berkolaborasi dengan Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Seminar ini merupakan salah satu seminar keperawatan dalam ranah internasional yang pertama kali diselenggarakan oleh divisi Pendidikan dan Pelatihan (Penpel) dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Keperawatan FK ULM 2022 Kabinet Growth. Seminar Keperawatan Internasional ini telah sukses dilaksanakan dengan menghadirkan 6 pembicara dari berbagai negara sebagai pemateri.

Sambutan dan Pembuka dari Koordinator PSKep FK ULM di acara International Nursing Seminar Agianto, S. Kep., Ns., M.N.S., Ph.D.

Pada program kerja yang lalu, divisi Penpel Himpunan Mahasiswa PSKep FK ULM telah suskes melakukan berbagai seminar keperawatan di ranah nasional. Pada kesempatan ini, HIMA PSKep FK ULM mengembangkan program kerjanya dengan melaksanakan seminar keperawatan tingkat internasional yang merupakan kali pertama.

Seminar Keperawatan Internasional ini mengangkat tema mengenai “Nurses Stress Management Related to the Quality of Health Services” yang disampaikan oleh 6 pembicara dari berbagai negara dengan 6 topik menarik. Seminar Keperawatan Internasional ini dilaksanakan selama 9 jam secara online pada zoom meeting dengan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah sesi pagi yang diisi oleh 3 pembicara dari Indonesia, yaitu Dr. Retno Lestari, S.Kep., Ners., M.Nurs dari Universitas Brawijaya dengan topik “Tips and Tricks In Health Services To Minimize Stress On Nurses”, Kurniawan, S.Kep., Ners., M. Kep. Sp.Kep.J. dari Universitas Padjajaran dengan topik “Work-Life Balance Anti-Stress to Improve Care Skills in the Workplace”, dan Dhian Ririn Lestari, S. Kep., Ns., M. Kep. dari Universitas Lambung Mangkurat dengan topik “Taking Care of Patient With Mental Health Issues”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif.

Sesi kedua adalah sesi siang yang diisi oleh 3 pembicara dari luar negeri yaitu Malaysia, Thailand dan Irlandia dengan topik yang luar biasa tentunya. Ketiga pembicara yaitu Prof. Dr. Chong Mei Chan dari Universitas Malaya, Malaysia dengan topik “Why is Stress Management Important for Nurses?”, Asst. Prof. Dr. Jitpinan Srijakkot dari Universitas Khon Kaen, Thailand dengan topik “What Can Nurse Do to Deal With Stress for Good Quality of Health Services?”, dan Prof. Alice Coffey dari Universitas Limerick, Irlandia dengan topik “Translation and Implementation Research: the importance of context and the work environment”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi question and answer yang interaktif antara peserta dan pembicara.

Tema pada Seminar Keperawatan Internasional ini diangkat karena pada zaman sekarang banyak sekali permasalahan kesehatan mental yang diutarakan serta beredar pula cara mengatasinya baik di media sosial maupun secara mulut ke mulut yang entah benar atau tidak keakuratannya. Salah satu gangguan kesehatan mental yang banyak dikeluhkan yaitu stres. Semua orang tentu pernah mengalami stres termasuk seorang perawat sebagai tenaga kesehatan yang melayani masyarakat. Seorang perawat harus sehat baik secara fisik maupun mental dalam bekerja agar dapat memberikan pelayanan berkualitas.

Peserta The International Nursing Seminar “Nurses Stress Management Related to the Quality of Health Services”

Lantas, bagaimana jika perawat mengalami stres ketika bekerja? Bagaimana cara memanajemen stres agar tetap menjaga kualitas pelayanan? Mungkin tidak sedikit di luar sana yang mengalaminya sehingga dengan adanya Seminar Keperawatan Internasional ini dapat menjawab permasalahan tersebut oleh para ahli di bidangnya dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (ahd/dia).