Fakultas Kedokteran ULM

PERKUAT KERJASAMA INTERNASIONAL, FK ULM LAKUKAN STUDY VISIT KE KHON KAEN UNIVERSITY, THAILAND

HomeBeritaPERKUAT KERJASAMA INTERNASIONAL, FK ULM LAKUKAN STUDY VISIT KE KHON KAEN UNIVERSITY, THAILAND
22Dec

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) lakukan kunjungan ke Khon Kaen University (KKU) di Thailand dari tanggal 13 hingga tanggal 17 Desember 2022. Khon Kaen University (KKU) merupakan salah satu dari sembilan universitas di Thailand yang berfokus dalam bidang edukasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, seperti di Indonesia yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Khon Kaen University juga merupakan universitas yang menjadi pusat studi pendidikan di area Mekong, Thailand. Target dari kunjungan ini adalah empat fakultas yang ada di KKU, yaitu Faculty of Nursing, Faculty of Public Health, Faculty of Medicine dan Faculty of Education.

Dalam kunjungan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara Khon Kaen University, Khon Kaen University juga mendiskusikan sejumlah hal. Tujuh delegasi perwakilan dari FK ULM yang hadir diantaranya adalah Dr. Mohammad Bakhriansyah, (M.Kes., M.Med.Ed., M.Sc., Ph.D.) yang merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM, Dr. dr. Istiana, (M.Kes.)  yang merupakan Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum, Agianto, (S.Kep., Ns., M.N.S., Ph.D.) yang merupakan Ketua Unit Pengelola Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (UPKH) FK ULM sekaligus juga merupakan alumni dari Khon Kaen University, Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, (M.Kes.) yang merupakan Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister, Vina Yulia Anhar, (S.K.M., M.P.H.) yang merupakan Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Herry Setiawan, (S.Kep., Ns., M.Kep.)yang merupakan Koordinator Program Profesi Ners dan Bernadetta Germia Aridamayanti, (S.Kep., Ns., M.Kep.) yang merupakan Sekretaris II di Ketua Unit Pengelola Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (UPKH) FK ULM.

Delegasi FK ULM pertama-tama mendatangi Faculty of Education, terkhusus program studi Psikologi untuk melakukan penjajakan dengan program studi FK ULM. Dalam diskusinya dr. Bakhrie menyatakan keinginan FK ULM untuk melakukan kerjasama seperti study exchange, staff exchange, consultant, research dan community services dengan program study Psikologi, dan Dekan menerima tawaran tersebut.

Penyerahan kenang-kenangan dari FK ULM ke Faculty of Education KKU

Hari selanjutnya, Delegasi FK ULM melakukan kunjungan dengan Faculty of Public Health (FoPH) dan diterima langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasamanya. Dalam diskusinya Dr. Metria selaku Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister menyatakan keinginannya untuk meningkatkan Jurnal Publikasi di prodi Kesehatan Masyarakat Program Magister menjadi terindex Scopus sehingga menawarkan dari pihak KKU untuk menjadi reviewer di jurnal publikasi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister. Ibu Vina selaku Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana mengucapkan terima kasih kepada Dekan FoPH karena bersedia menjadi pembicara dalam seminar internasional yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu sehingga membantu meningkatkan skor akreditasi menjadi Unggul.

Penyerahan kenang-kenangan dari FK ULM ke Faculty of Public Health KKU

Di Siang harinya, FK ULM diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan di Main Library, KKU dan mendapat banyak informasi terkait pengelolaan perpustakan dan update ilmu pengetahuan.

Poto Bersama delegasi FK ULM dengan pengurus perpustakaan umum KKU
Library KKU visit

Pada hari ketiga, Delegasi FK ULM melakukan kunjungan Kembali ke Faculty of Nursing. Pada kesempatan ini, Ns. Agianto mengajak untuk lebih memperkuat Kerjasama internasional. Salah satu implentasi sebagai rencana tindak lanjut ke depan adalah rencana experience study, yaitu rencana kedatangan 4 mahasiswa keperawatan Khon Kaen University ke Program Studi Keperawatan FK ULM selama sebulan bulan Mei 2023 mendatang.

Diskusi Bersama dengan Dekan Faculty of Nursing, KKU
Penyerahan kenang-kenangan dari FK ULM ke Faculty of Nursing KKU

Hari ke empat, FK ULM kembali melakukan kunjungan dan diskusi dengan Faculty of Medicine (FoM), dalam kesempatan ini Dr. Bakhrie Kembali menyatakan keinginannya untuk melakukan Kerjasama dengan FoM KKU, penjajakan ini dilakukan sebagai Langkah awal implementasi seperti rencana penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement (MoA)) dengan FoM KKU.

Poto Bersama delegasi FK ULM dengan Dekan Faculty of Nursing, KKU
Penyerahan kenang-kenangan dari FK ULM ke Faculty of Medicine KKU
Kunjungan ke Clinical Simulation Center, KKU – simulasi 3D praktikum khusus dokter residen
Poto bersama dengan ketua Clinical Simulation Center, KKU

Hari kelima, atau hari terakhir FK ULM melakukan hospital visit ke Srinagarind Hospital. Srinagarind Hospital adalah rumah sakit pendidikan universitas, berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Khon Kaen , terletak di Distrik Mueang Khon Kaen , Provinsi Khon Kaen . Ini adalah rumah sakit yang mampu memberikan perawatan terbaik di Khon Kaen. Pada kunjungan ini delegasi FK ULM diajak berkeliling ke Clinical Simulation Center untuk melihat ruangan-ruangan untuk melakukan simulasi 3D praktikum khusus untuk dokter-dokter residen. Selain itu Delegasi FK ULM juga diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung proses dan manajemen di Emergency Room, Srinagarind Hospital.

Kunjungan ke Emergency room, Srinagarind Hospital.

Melalui kunjungan ini, pihak FK ULM dan KKU tegaskan keberlanjutan kerjasama Internasional dengam berntuk formal perpanjangan MoU, sehingga memiliki dampak positif dapat dirasakan Fakultas FK ULM khususnya, dan civitas akademika ULM pada umumnya.

(Bernadetta Germia Aridamayanti/UPKH)