Fakultas Kedokteran ULM

Selamat Ulang Tahun Dekan FK ULM

HomeBeritaSelamat Ulang Tahun Dekan FK ULM
15Sep

Sumber: Dery Yuswanto Jaya

Fakultas Kedokteran ULM, Banjarbaru (14/09/2021) – Dr. Iwan Aflanie., dr. M.Kes., Sp.F., SH. adalah Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yang juga merupakan Dokter Spesialis Forensik di Departemen Forensik dan Medikolegal RSUD Ulin Banjarmasin. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Direktur di Borneo Law Firm. Dokter kelahiran 14 September 1973 ini lahir di kota Banjarmasin. Setelah menamatkan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat tahun 1999, beliau melanjutkan pendidikan magister Ilmu Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2007. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan Dokter Spesialis Forensik & Medikolegal dan lulus pada tahun 2008 di Universitas Gadjah Mada. Beliau juga meraih gelar sebagai Sarjana Hukum dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam Banjarmasin pada tahun 2014. Dokter Iwan, sapaan beliau, memperoleh gelar Doktor di bidang ilmu kedokteran pada tahun 2019 di Universitas Airlangga.

Perjalanan manajerial Dokter Iwan dimulai sejak tahun 2000 dengan menjabat sebagai pimpinan dan penanggung jawab di Medis Unit Kesehatan Pelabuhan (Ukespel) PT. Pelindo III Cabang Banjarmasin. Dilanjutkan dengan riwayat pekerjaan dan jabatan lainnya. Pada tahun 2012-2016 beliau menjabat sebagai Ketua (IDI) Cabang Banjarmasin, dan ditahun yang sama menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Kemudian di tahun 2016 – 2020 beliau menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, dan pada tahun 2020 hingga sekarang beliau menjabat sebagai Dekan di Fakultas Kedokteran ULM.

Berbagai penghargaan diraih oleh Dokter Iwan, salah satu diantaranya adalah Satya Lencana Karyasatya XX dari Presiden Republik Indonesia. Sosok beliau yang memiliki kepedulian tinggi kepada sesama terlihat ketika pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia dan Provinsi Kalimantan Selatan di tahun 2020, dimana jiwa sosial beliau terpanggil, bergerak memimpin Gugus Tugas Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat untuk membantu pencegahan penularan Covid-19. Hal yang sama juga terjadi ketika Bencana Banjir menimpa beberapa daerah di Kalimantan Selatan pada awal 2021, beliau turut bergabung dalam Tim Crisis Centre ULM untuk membantu korban terdampak bencana.

Di hari Ulang tahun Dekan FK ULM yang ke 48 dilakukan syukuran sederhana di Fakultas Kedokteran Banjarbaru dengan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri juga oleh pimpinan, serta Dekan FK ULM Periode 2016-2020 Prof. Dr. Zairin Noor, dr., Sp.OT (K)., M.M. “Semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk FK ULM” ucap Dokter Iwan sebagai doa di hari ulang tahunnya. 

Segenap Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengucapkan selamat ulang tahun kepada Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. Iwan Aflanie, dr. M.Kes., Sp.F., SH. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu (der/ihy). 

Dekan FK ULM memegang karangan bunga dan beberapa bingkisan dari sivitas akademika FK ULM

Hadir dalam syukuran ulang tahun Dekan FK ULM ke 48 (dari kiri) Bapak Karsu’ut Budianto (Anggota Tim Unit Komisi Etik Penelitian Kesehatan FK ULM); Prof. Dr. Zairin Noor, dr., Sp.OT (K)., M.M (Dekan FK ULM Periode 2016-2020); dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes., M.Med.Ed., M.Sc., Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM).

Pembuat artikel : Dery Yuswanto Jaya, S.Kom

Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Editor : Ihya Hazairin Noor

Dery Yuswanto Jaya