Fakultas Kedokteran ULM

PSKPS MENGGELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN GRATIS DI DESA PANTAI HAMBAWANG

HomeBeritaPSKPS MENGGELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN GRATIS DI DESA PANTAI HAMBAWANG
11Oct

Marabahan – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 8 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pantai Hambawang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan tepatnya di halaman kantor kepala desa dan ruang pertemuan desa setempat. Program pengabdian ini bertujuan memberikan pendampingan terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi problem kesehatan yang ada di tengah mereka. Program yang akan dilaksanakan adalah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Pantai Hambawang Kecamatan Mandastana Kabupaten Batola Kuala dengan dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Kegiatan ini sesuai dengan visi Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yaitu “Menjadi Program Studi Kedokteran yang Unggul dan Berdaya Saing dalam IPTEK Kedokteran Khususnya di Lingkungan Lahan Basah”, dengan salah satu misinya yaitu “Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang Relevan dengan Pendidikan dan Hasil Penelitian IPTEK Kedokteran Khususnya di Lingkungan Lahan Basah”. Untuk itu sebagai tindak lanjutnya, Program Studi Kedokteran Program Sarjana menggulirkan Program Pengabdian Desa Binaan (PPDB). Program ini memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen di PSKPS dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian dosen terhadap masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Pantai Hambawang, Sekretaris Desa, Babinsa, Ketua RT 1-7 Desa Pantai Hambawang, Koordinator Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK ULM, Para Dosen, Tenaga Kependidikan serta Mahasiswa PSKPS FK ULM dan para Masyarakat Desa Pantai Hambawang.

Acara dimulai dari Laporan Kegiatan dari dr. Rahmiati, M.Kes., Sp.MK “Kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini adalah pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Nanti ada juga sesi konsultasi dari bapak ibu yang mau bertanya mengenai kesehatan. Nanti akan ada dokter yang akan membantu. Kegiatan ini yang pertama bagi kami di Desa Pantai Hambawang ini ” ujar beliau.

Sambutan Koordinator Program Studi Kedokteran Program Sarjana

Sambutan selanjutnya dari Kepala Desa Pantai Hambawang, Bapak Mahdiyanoor “Harapan ulun kepada Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu, nanti dalam kegiatan ini kalau ada keluhan penyakit bepadah aja wan buhan sidin (dosen PSKPS FK ULM). Ilmunya sudah tidak diragukan lagi jar orang karena senior – senior buhan sidin. Jadi buhan pian ada keluhan – keluhan apa pian sampaikan artinya ini untuk supaya terpantau kesehatan kita” ujar beliau dalam Bahasa Banjar.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Koordinator Program Studi Kedokteran Program Sarjana FK ULM, Prof. Dr. dr. Triawanti, M.Kes “Kegiatan ini mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi warga desa. Hari ini ada kegiatan pemeriksaan kesehatan, dan konsultasi. Silahkan Bapak Ibu yang ingin memeriksakan kesehatannya kemudian konsultasi tentang kesehatan kami persilahkan” ujar beliau.

Pemeriksaan Kesehatan Kepada Masyarakat Desa Pantai Hambawang

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini melibatkan para dosen serta Mahasiswa PSKPS FK ULM yang memeriksa kesehatan para warga desa yang datang di kegiatan tersebut. Warga Desa Pantai Hambawang sangat antusias memeriksakan kesehatannya. Para mahasiswa juga sangat bersemangat sehingga mendapatkan pengalaman luar biasa pada kegiatan ini (hf/nss).

Penulis: Helmi Faniasa, S.Pd

Program Studi: Kedokteran Program Sarjana

Nama Editor: dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan: 11 Oktober 2023