Fakultas Kedokteran ULM

PSKPS DAN PAAI BEKERJA SAMA DALAM MENYELENGGARAKAN KONGRES & 4th LUMMENS

HomeBeritaPSKPS DAN PAAI BEKERJA SAMA DALAM MENYELENGGARAKAN KONGRES & 4th LUMMENS

Banjarmasin – Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKPS FK ULM) dan Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI) telah menggelar kegiatan Kongres XV dan HUT ke-52 Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI) 2023 & 4th Lambung Mangkurat Medical Seminar (4th LUMMENS) dengan tema “The Role of Gut-Brain Axis In Indonesian Human Development” di Banjarmasin pada tanggal 26 – 29 Oktober 2023.

Adapun ruang lingkup yang diangkat pada kegiatan ini yakni bidang ilmu Anatomi, Fisiologi, Histologi, Biokimia, Biologi Sel Molekuler, Mikrobiologi, Parasitologi dan Infeksi, Antropologi, Pendidikan Kedokteran, Farmakologi, Imunologi, Keperawatan, Radiologi, Kebidanan, Fisioterapi, Farmasi, Akupuntur, Biosains Lahan Basah, dan Kedokteran Klinik.

PAAI merupakan organisasi yang bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu pengetahuan anatomi, mendorong penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan anatomi terbaik dalam penyelenggaraan ilmu pendidikan dalam bidang anatomi di Indonesia, membina kerja sama dan menjalin hubungan dengan perhimpunan sejenis di tingkat regional dan internasional.

Foto Bersama dengan narasumber Workshop

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 26 – 29 Oktober 2023. Pada hari pertama tanggal 26 Oktober 2023 dilaksanakan Workshop dan Rapat Pleno dari rangkaian Kegiatan Kongres XV & HUT KE-52 PAAI 2023 & 4th LUMMENS. Kegiatan Workshop yang dilaksanakan adalah 3 tema, workshop pertama yaitu “Computational Drugs Discovery & Biomarker Analysis” oleh narasumber Didik Huswo Utomo, Ph.D dari Inbio Indonesia, workshop kedua tentang “Applied Anatomy in Musculosceletal Disorder Treatment (Cupping and Biomechanic Therapi)” oleh narasumber dr. Hendra Sutysna, M.Biomed, Sp.KKLP, AIFO-K dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan workshop ketiga tentang “Bibliometric Analysis Bidang Kedokteran” oleh narasumber dr. Nanang Wiyono, M.Kes dari Universitas Sebelas Maret. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di Galaxy Hotel Banjarmasin. Sedangkan untuk kegiatan Rapat Pleno PAAI dilaksanakan di Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin.

Kegiatan Simposium dengan tema “The Role of Gut-Brain Axis In Indonesian Human Development” di Galaxy Hotel Banjarmasin

Pada hari kedua dan ketiga tanggal 27-28 Oktober 2023 dilaksanakan rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu   dengan tema “The Role of Gut-Brain Axis In Indonesian Human Development”. Kegiatan ini melibatkan banyak narasumber dari berbagai institusi di seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Galaxy Hotel Banjarmasin. Pada hari kedua dan ketiga ini juga dilaksanakan presentasi poster dan presentasi makalah bebas. Kegiatan ini juga didukung oleh para sponsor yang mempresentasikan produknya di stand-stand di area lokasi kegiatan.

Gala Dinner di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin

Pada malam hari kedua, diselenggarakan Gala Dinner yang didukung oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. Kegiatan Gala Dinner diselenggarakan di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin. Para peserta menikmati hidangan yang disediakan, juga menikmati pertunjukan – pertunjukan hiburan pada acara tersebut.

Foto Bersama di Patung Bekantan

Pada hari keempat (hari terakhir) tanggal 29 Oktober 2023 rangkaian kegiatan terakhir dari Kongres XV dan HUT ke-52 PAAI 2023 & 4th Lambung Mangkurat Medical Seminar (4th LUMMENS) yaitu Kegiatan City Tour Kota Banjarmasin. Kegiatan City Tour Kota Banjarmasin dilaksanakan dengan rute Patung Bekantan, Susur Sungai, Kampung Sasirangan, Siring Menara Pandang, dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Semoga kegiatan Kongres XV dan HUT ke-52 PAAI 2023 & 4th Lambung Mangkurat Medical Seminar (4th LUMMENS) ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan keilmuan serta dalam jangka panjang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum.

Sumber: pskps.ulm.ac.id