Fakultas Kedokteran ULM

FK ULM Jalin Kerjasama Dengan Universitas Airlangga & Universitas Brawijaya

HomeBeritaFK ULM Jalin Kerjasama Dengan Universitas Airlangga & Universitas Brawijaya

Banjarmasin – Dalam rangka mempersiapkan 3 program studi spesialis baru, yaitu Program Studi Spesialis Jantung, Program Studi Spesialis Saraf, Dan Program Studi Spesialis Orthopedi, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat menjalin kerjasama dengan Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang.

Kegiatan kerja sama antara FK ULM dengan FK Universitas Airlangga berlangsung pada hari Rabu, 7 September 2022 di Kampus A Universitas Airlangga, sedangkan kegiatan kerja sama antara FK ULM dengan FK Universitas Brawijaya berlangsung pada hari Kamis, 8 September 2022 di Ruang Senat Fakultas Kedokteran Gedung Pendidikan Bersama lantai 9 Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dekan FK ULM, Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Umum, dan Kepegawaian, Wakil Direktur Bidang Penunjang Non Medik, Hukum, & Diklat RSUD Ulin Banjarmasin, Kabid Penunjang Medik RSUD Ulin Banjarmasin, Ketua Komkordik RSUD Ulin Banjarmasin, Tim Unit Pengelola Kerjasama & Humas, Koordinator & Sekretaris Prodi Ilmu Kedokteran Program Doktor, Tim PPDS/Departemen Orthopaedi & Traumatologi, Tim PPDS/ Departemen Neurologi, Tim PPDS/Departemen Kardiologi, dan Tim PPDS/Departemen Radiologi.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F, SH menjelaskan bahwa kerja sama tersebut diperlukan sebagai pengampu, sebelum program studi spesialis baru bisa berjalan secara mandiri. Program Studi Spesialis Jantung dan Program Studi Spesialis Orthopedi bekerja sama dengan Universitas Airlangga, sedangkan Program Studi Saraf bekerja sama dengan Universitas Brawijaya. Kerja sama tersebut nantinya akan berfokus pada sumber daya manusia (SDM), manajemen, sistem pendidikan, hingga pertukaran mahasiswa.

Pendirian tiga program studi spesialis ini dilatarbelakangi oleh kurangnya dokter dari tiga spesialis tersebut bila dibandingkan dengan rasio yang seharusnya terpenuhi antara jumlah penduduk. Selain itu faktor tidak meratanya distribusi dokter di Indonesia sehingga perlu adanya penambahan dokter di luar pulau jawa.

Foto Bersama setelah Acara Penandatanganan Kerjasama FK ULM dengan FK Universitas Airlangga
Pemberian Cinderamata dari FK Universitas Airlangga kepada FK ULM