Fakultas Kedokteran ULM

FAKULTAS KEDOKTERAN ULM BANGUN GAZEBO DAN TAMAN KAMPUS HIJAU

HomeBeritaFAKULTAS KEDOKTERAN ULM BANGUN GAZEBO DAN TAMAN KAMPUS HIJAU
9Sep

FK ULM Banjarbaru (9/09) – Bangunan bernuansa lokal berbahan utama kayu dan beratapkan daun rumbia nampak menghiasi beberapa sisi area Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru. Bangunan tersebut adalah gazebo bernuansa rumah khas banjar dan menjadi salah satu ciri dari lahan basah yang berkaitan dengan Visi Fakultas Kedokteran ULM yaitu Menjadi Fakultas yang terkemuka dan berdaya saing dalam bidang kesehatan terutama di lingkungan lahan basah. “Nuansa Lokal hadir di kampus, semoga generasi milenial masih mengenal rupa rumah Banjar dan hatap rumbia, salah satu ciri khas lahan basah” ujar Dekan Fakultas Kedokteran ULM Dr. Iwan Aflanie., dr., M.Kes., Sp.F., SH dalam caption instagram beliau (Selasa,7/8/21)

Dekan FK ULM berfoto di depan gazebo FK ULM Banjarbaru
Sumber: Instagram @aflanie

Gazebo ini dibangun di beberapa titik strategis sekitar gedung program studi yang ada di Fakultas Kedokteran (FK) ULM. Pembangunan gazebo ini telah dimulai sejak awal tahun 2019 dengan  jumlah yang beragam mulai dari 1 sampai 2 bangunan di tiap program studi. Gazebo ini juga dilengkapi dengan sarana internet yang dapat diakses gratis oleh seluruh sivitas akademika FK ULM. Tujuannya tentu adalah untuk menunjang aktivitas dan kegiatan belajar mengajar di kampus ketika perkuliahan konvensional telah dilakukan.Selain itu, pembuatan gazebo ini juga menjadi daya tarik mahasiswa untuk menikmati keindahannya untuk berfoto atau sekedar berjalan-jalan sambil merasakan sejuknya di bawah pepohonan dan taman hijau nan asri. “jalan santai mengitari pojok-pojok kampus FK ULM Banjarbaru… Alhamdulilah semakin Hijau” ujar Dekan Fakultas Kedokteran ULM Dr. Iwan Aflanie., dr., M.Kes., Sp.F., SH dalam caption instagram beliau (Selasa,7/8/21)

Dekan FK ULM berfoto di depan gazebo FK ULM Banjarbaru
Sumber: Instagram @aflanie

Pembangunan gazebo ini merupakan salah satu bentuk nyata dari Fakultas Kedokteran ULM dalam implementasi konsep Kampus Hijau karena sebagian besar bahan yang digunakan adalah bentuk recycle dari bahan yang tidak digunakan atau barang sisa. Konsep Kampus Hijau sendiri merupakan sebuah upaya dalam pembangunan infrastruktur kampus berorientasi ramah lingkungan dan penggunaan sumber daya terbarukan, penggunaan air higienis secara efisien, pengolahan sanitasi yang ramah terhadap ekologi dan adanya kebijakan zero waste. Pembangunan infrastruktur berkonsep Kampus Hijau ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Tridharma Perguruan Tinggi secara sempurna guna, cerdas, sehat, nyaman, aman, ramah lingkungan, estetik dan berkelanjutan agar dapat menunjang kegiatan sivitas akademika secara aman serta produktif.

Mewujudkan FK ULM sebagai Kampus Hijau dibutuhkan perhatian dan penerapan dari hard element dan soft element. Hard element yaitu berupa pemetaan area, lanskap, bangunan, infrastruktur yang bersertifikat “hijau” dan soft element merupakan culture and behaviour berupa manajemen pengelolaan kampus hijau dan adanya mata kuliah yang berorientasi pada Kampus Hijau agar dapat membangun perilaku dan budaya yang baik untuk menjaga kelestarian Kampus Hijau FK ULM Banjarbaru.Agar dapat mencapai itu semua, Dekan Fakultas Kedokteran memberikan amanat bagi seluruh sivitas akademika untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pengimplementasian Kampus Hijau. Diharapkan pula bagi pengguna untuk dapat bertanggung jawab terhadap seluruh sarana dan prasarana yang ada, seperti tidak mencorat coret dinding atau tiang dengan apapun dan tidak membuang sampah sembarangan. Dikoordinir oleh Kepala Sub Bagian Umum dan BMN FK ULM Muhammad Arifin., S.Ap., M.AP sebagai pelaksana teknis bersama dengan seluruh staf dan petugas cleaning service berupaya untuk terus mengembangkan, memelihara dan mempertahankan konsistensi dari penerapan program ini (fad/ihy).

Gazebo dan taman di samping gedung Program Studi Psikologi FK ULM
Sumber: Instagram @aflanie

Gazebo dan ruang terbuka hijau di belakang Gedung Utama FK ULM Banjarbaru
Sumber: Instagram @aflanie

Pembuat Artikel : Muhammad Fadhillah., S.E

Program Studi Psikologi FK ULM

Editor : Ihya Hazairin Noor