Fakultas Kedokteran ULM

Pembukaan Program Pendidikan Dokter Spesialis

HomeBeritaPembukaan Program Pendidikan Dokter Spesialis
7Dec

Berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi maka Fakultas Kedokteran Lambung Mangkurat membuka pendaftaran untuk 3 Program Pendidikan Dokter Spesialis yaitu :

  1. Pulmunologi (SK KEMENRISTEK No. 230/KPT/I/2016;)
  2. Obstetri dan Ginekologi (SK KEMENRISTEK No. 245/KPT/I/2016)
  1. Ilmu Bedah (SK KEMENRISTEK 245/KPT/I/2016)

Dengan Prosedur Pendaftaran sebagai berikut :

ppds

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Persyaratan Umum

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Daftar Riwayat Hidup (DRH).
  3. IPK dengan kententuan sebagai berikut :

 

  • Untuk FK dengan Akreditasi A :
    • IP S.Ked : 2.50 dan IP Kumulatif (SKed dan Profesi) : 2.75.
  • Untuk FK dengan akreditasi B :
    • IP S.Ked : 2.75 dan IP Profesi : 3.00.
  1. Usia maksimal 35 tahun dihitung saat mulai pendidikan (1 Februari dan 1 September).
  2. Surat Ijin Belajar/Tugas Belajar dari Kepala Daerah (Bupati,Gubernur) / Badan Kepegawaian / Sekretaris Daerah Daerah Bagi yang PNS, Surat Keterangan Pasca PTT. Khusus TNI / POLRI harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen Kekuatan Pertahanan (Kuathan). Surat ijin dari Instansi / Lembaga bagi yang bekerja di Instansi.
  3. Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi-Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas materai.
  4. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakantidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran.
  5. Foto copy STR / bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedokteran Indonesia (STR Dokter Umum bukan STR Internship).
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  7. Fotocopy Sertifikat Nilai UKDI/UKMPPD.
  8. Melengkapi persyaratan khusus yang dapat diperoleh dari masing -masing Prodi

Persyaratan Khusus

Ilmu Bedah

  • IPK Sked min 2,75 ; IPK Profesi min. 3.00
  • Fotocopy Sertifikat telah mengkikuti san lulus Kursus ATLS
  • Fotocopy Sertifikat Basic Surgical Course For GP (jika ada)
  • Usia maksimal 35 tahun pada saat memulai pendidikan

Obstetri dan Ginekologi

  • Memiliki Sertifikat  ATLS dan ACLS yang masih berlaku.
  • Memiliki Sertifikat Seminar , Workshop dan Penghargaan yang berhubungan dengan Ilmu Obstetri Ginekologi (jika ada)
  • Surat pernyataan yang disahkan notaris bahwa setelah luluspendidikan dokter spesialis bersedia untuk ditempatkan di daerah wilayah Kalimantan atau sesuai dengan Program Pemerintah
  • Bagi calon peserta wanita tidak boleh hamil pada tahun pertama ika diterima dan apabila hamil di tahun berikutnya maka pendidikan dihentikan sampai melahirkan.
  • Merupakan nilai tambah bila memiliki pengalaman dalam mengikuti praktek / mendapat bimbingan dalam mengelola kasus Obstetri dan Ginekologi minimal selama 6 (enam) bulan, dengan menyertakan buku log yang sudah disahkan oleh dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit dimana pelamar bekerja.
  • Surat rekomendasi dari dokter SpOG setempat.
  • Bagi yang sudah menikah diperlukan surat persetujuan dari suami/isteri
  • Calon peserta hanya bisa mendaftar maksimal sebanyak 2 (dua) kali pendaftaran.

Pulmonologi

  • Berusia tidak lebih 38 tahun pada saat pendaftaran
  • Indeks prestasi komulatif (IPK) SKed dan profesi ≥ 3.0
  • Calon peserta PPDS merupakan peserta dengan tugas belajar
  • Nilai TOEFL / ELPT ≥ 500 dari lembaga bahasa yang terakreditasi
  • Diusulkan oleh pemerintah daerah, dan apabila berasal dari daerah terpencil, maka perlu
    menyertakan surat pernyataan bahwa bersedia untuk kembali ke daerah asal.

Tahapan Seleksi

  • Pemberkasan

Peserta menyerahkan atau mengirimkan berkas pendaftaran ke Sekretariat TKP PPDS dalam bentuk Softcopy dan Hardcopy, adapun berkas yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir pendaftaran  dan mengirimkan/upload formulir pendaftaran yang sudah diisi ke email tkp.ppds.fk@ulm.ac.id dengan subyek email dan nama file “Nama dan Program Studi Pilihan”.
  2. Surat Pernyataan yang ada diformulir pendaftaran dikirimkan kembali setelah ditanda tangan berupa hasil scan dalam file PDF, ke email tkp.ppds.fk@ulm.ac.id, dengan subyek email dan nama file “Nama dan Program Studi Pilihan”.
  3. Daftar Riwayat Hidup (DRH). (4 Rangkap).
  4. Fotocopy Ijazah Dokter dan Transkrip Keseluruhan (IP. Sked, IP. Profesi, dan IP. Kumulatif) = 4 lembar dilegalisir oleh Institusi Pendidikan asal.
  5. Sertifikat Akreditasi BAN-PT saat peserta lulus Dokter  (Jika Akreditasi tidak tertulis di Ijazah) = (Foto copy 4 Lembar).
  6. Surat Ijin Belajar/Tugas Belajar (1 Asli 3 Fotocopy).
  7. Surat Keterangan Pertanggung jawaban Sumber Pembiayaan Studi- Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas materai. (4 Lembar Bermaterai).
  8. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran (4 Lembar Asli/Legalisir).
  9. Foto copy STR / bukti telah mengurus STR dari KKI (Foto Copy 4 Lembar).
  10. SKCK ( Legalisir 4 Lembar).
  11. Foto Copy Sertifikat Nilai UKDI (4 Lembar Foto Copy), Sertifikat wajib asli dibawa saat Briefing kalau lolos tahap ke 2.
  12. Fotocpy KTP (4 Lembar).
  13. Persyaratan Khusus sesuai dengan Program Studi Pilihan (Masing-masing 4 Lembar).
  • Tahap I.

Pemeriksaan Berkas-berkas dan syarat-syarat administrasi, antara lain:

  1. Ijazah S.ked dan Profesi
  2. Transkrip S.ked dan Profesi
  3. STR
  4. KTP
  5. Sertifikat UKDI, dll
  • Tahap II.
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Toefl
  3. MCU dan/atau MMPI
  • Tahap III.

Tes Tertulis dan OSCE dan atau Wawancara sesuai dengan Program Studi pilihan

  • Penentuan Seleksi berkas

Tahap II dan Tahap III berdasarkan hasil rapat.

Biaya Pendaftaran dan Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran dan Tes
  • Biaya Pendaftaran   Rp.500.000,-
  • Biaya Tes                 Rp.2.105.000,-

(MCU, TOEFL,TPA)

  • Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan dibagi menjadi 3 (tiga) jenis pembayaran:

  • SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan), yang dibayarkan per semester.
  • DBP (Dana Bantuan Praktikum), dibayarkan per semester
  • SPIP (Sumbangan Pengembangan Infrastruktur Pendidikan), dibayarkan 1 (satu) kali selama masa studi. SPIP bisa dicicil sesuai dengan kesepakatan

ppds2

Download Formulir Pendaftaran Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis

Informasi lebih lanjut, hubungi:
Sekretariat Tim Koordinasi Pendidikan PPDS (TKP PPDS)
Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
Gedung Utama Lantai 5
Jl. Veteran No. 128B Banjarmasin
Telp/fax 0511-3255604
Email: tkp.ppds.fk@ulm.ac.id
Contact Person:
Ida : 0878-1546-0096