Sejak tahun 2006 telah di rintis PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi FK ULM/RSUD Ulin Banjarmasin dengan melakukan kegiatan-kegiatan berupa visitasi dengan pengampu, dalam hal ini sebagai pengampu adalah bagian Pulmonologi FK Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan visitasi oleh Kolegium Pulmonologi Persatuan Dokter Paru Indonesia pada tahun 2011 “Sejak saat itu dibuatlah MOU antara bagian Paru FK UNAIR dengan bagian Paru FK ULM berupa pengiriman tenaga PPDS Paru FK UNAIR untuk stase di RSUD Ulin Banjarmasin sebagai rumah sakit pendidikan FK ULM”.

Stase di bagian Paru RSUD Ulin Banjarmasin berlangsung setiap 2 bulan dengan mengirimkan PPDS Junior dan Chief. Pada tahun 2014 dilakukan proses pendaftaran Program Studi Pulmonologi di KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). Pada tahun 2015 mulai dilakukan Desk dan Visitasi oleh KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) merekomendasikan untuk membuka program ini sebagai syarat untuk pendaftaran lebih lanjut ke Dirjen Dikti Kementerian Riset dan Tekhnologi.

Pada tahun 2016 dilakukan visitasi oleh Tim Dirjen Dikti Kementerian Riset dan Tekhnologi dan dinyatakan bisa membuka PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Paru/Pulmonologi pada tahun 2017.

untuk informasi lebih lengkap silahkan mengunjungi website : http://ppds.pulmo.ulm.ac.id/