Fakultas Kedokteran ULM

Yudisium PSKM Periode November 2022

HomeBeritaYudisium PSKM Periode November 2022

Banjarbaru – Yudisium merupakan istilah yang tidak asing ditelinga mahasiswa. Istilah tersebut bukanlah hal yang baru bagi mahasiswa. Bagaimana tidak? Yudisium menjadi sesuatu yang dinantikan oleh semua mahasiswa, terutama mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, karena kegiatan tersebut merupakan sebuah penanda baik bahwasanya perjuangan selama menempuh studi hampir tuntas. Yudisium merupakan proses akademik, dimana mahasiswa dinyatakan telah memenuhi berbagai macam persyaratan akademik dan administratif yang diwajibkan sehingga secara sah dapat dinyatakan lulus dan berhak memperoleh gelar kesarjanaan S1, S2 atau S3. Hakikatnya, istilah yudisium biasa muncul sebelum seorang mahasiswa melakukan wisuda. Yang mana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yudisium adalah nilai ujian lengkap. Yudisium dapat diartikan sebagai pengumuman hasil nilai kepada mahasiswa. Hal tersebut menjadi suatu keputusan untuk seorang mahasiswa yang dinyatakan telah memenuhi syarat dari berbagai macam persyaratan (persyaratan akademik dan administrasi yang diwajibkan), sehingga nantinya mahasiswa secara sah dinyatakan lulus dan sekaligus ditetapkan tingkat atau predikat kelulusannya.

Foto Bersama Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator dan Sekretaris Prodi, para Dosen, serta Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Usai Kegiatan Yudisium

Lima mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM dengan khidmat mengikuti seluruh rangkaian Yudisium yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2022. Kegiatan Yudisium Periode November Tahun 2022 ini dihadiri oleh Dr. Iwan Alfanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH. selaku Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Laily Khairiyati, SKM., MPH selaku Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM, rekan dosen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM dan mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti Yudisium Periode November tahun 2022 yang tentunya dalam suasana haru dan bahagia. Kegiatan Yudisium ini dilakukan secara luring di Gedung Depan Banjarbaru Fakultas Kedokteran ULM. Kegiatan yang digelar pada ruang sidang lantai 2 Fakultas Kedokteran tersebut dilaksanakan dari pukul 11.00-11.30 WITA.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Iwan Alfanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta Yudisium yang telah berjuang dan menuntaskan studi di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM. Selain itu, beliau juga memberikan pesan berharga yang disisipkan dalam sambutan beliau. Beliau memberi pesan kepada 5 mahasiswa yang akan menyandang gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat agar mahasiswa dapat berkontribusi bagi kemajuan kesehatan masyarakat melalui ilmu yang sudah mereka dapatkan selama perkuliahan. 

Kami berharap mahasiswa yang lulus bisa memanfaatkan ilmu dan kompetensi yang sudah didapat di bangku perkuliahan untuk memajukan kesehatan masyarakat di Indonesia. Terus lanjutkan perjuangan dengan terjun ke lingkungan kerja, ataupun berwirausaha menciptakan lapangan kerja dan berkarya dan silahkan bagi yang ingin melanjutkan studi S2”, tutur Dr. Iwan Alfanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH dalam sambutan pembukaan kegiatan Yudisium per November 2022.

Turut juga memberikan wejangan, Laily Khairiyati, SKM., MPH selaku Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM memberi pesan agar alumni dapat terus menjaga nama baik almamater ULM. “Setelah lulus sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat, diharapkan mahasiswa dapat berperilaku baik di lingkungan masyarakat. Sebagai alumni diharapkan dapat terus menjaga nama baik almamater ULM dan tetap berkomunikasi dengan dosen maupun sesama alumni”, ujar Laily Khairiyati, SKM., MPH dalam sambutannya. 

Segenap keluarga besar civitas akademika Fakultas Kedokteran ULM mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yudisium Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM. Semoga ilmu yang telah didapatkan dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya. (RIN/IHY)

Nama Penulis        : Mahrisya Rindu Wahyuni

Program Studi       : Kesehatan Masyarakat

Nama Editor        : Ihya Hazairin Noor

Tanggal Penulisan  : 22 November 2022