Fakultas Kedokteran ULM

Yudisium Psikologi FK ULM Periode November 2022

HomeBeritaYudisium Psikologi FK ULM Periode November 2022

Yudisium Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (Psikologi FK ULM) pada selasa (15/11/2022) di Gedung fakultas Kedokteran ULM Lantai 2

Banjarbaru – Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat kembali menggelar Yudisium Periode September 2022 pada awal Semester Ganjil 2022 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang pada hari Selasa 15 November 2022.

Yudisium merupakan proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan merupakan suatu keputusan untuk seorang mahasiswa dinyatakan telah memenuhi berbagai macam persyaratan akademik dan administratif yang diwajibkan sehingga secara sah dapat dinyatakan lulus dan berhak memperoleh gelar kesarjanaan Strata-1, S2 atau S3, yang mana Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM melakukan Yudisium untuk mahasiswa Program Strata-1 (S1).

Pelaksanaan Yudisium digelar secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan, turut hadir dalam kegiatan yudisium ini Dekan FK ULM, Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Program Studi, Sekretaris Program Studi, Kepala Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran, Staf Sub Bagian Akademik Fakultas Kedokteran, serta para dosen dan staf di lingkungan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Program Sarjana ULM secara langsung di Gedung Fakultas Kedokteran ULM lantai 2 Banjarbaru.

Rangkaian kegiatan yudisium ini yaitu pembukaan, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan yudisium dari dekan, pembacaan transkrip akademik oleh koordinator program studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama.

A group of people posing for a photo in front of a sign

Description automatically generated with medium confidence

Foto Bersama Mahasiswa Yudisium beserta para Dekan dan wakil Dekan Serta Para Dosen Program Studi Psikologi FK ULM

Kegiatan yudisium dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran ULM Dr. Iwan Aflanie., dr. M.Kes., Sp.F., SH. kemudian selanjutnya pembacaan transkrip akademik oleh Koordinator Program Studi Psikologi, Sukma Noor Akbar, M.Psi., Psikolog. Mahasiswa yang diluluskan  adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan kurikulum Program Studi Psikologi sebanyak 144 – 148 SKS, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari atau sama dengan 2,75, tidak ada nilai E, D, dan D+, lulus skripsi, dan memenuhi seluruh persyaratan administrasi.

Acara selanjutnya yaitu pembacaan putusan lulusan yudisium yang disampaikan kembali oleh Dr. Iwan Aflanie., dr. M.Kes., Sp.F., SH. “Hasil perjuangan anda selama ini telah membuahkan hasil, anda dinyatakan lulus sarjana psikologi dan berhak menyandang gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Saya yakin anda semua bisa berkontribusi di masyarakat dan terutama untuk universitas kita” tutur beliau.

Tidak lupa, Dr. Iwan Aflanie., dr. M.Kes., Sp.F., SH. juga menyampaikan pesan dan doa kepada peserta yudisium “Semoga bekal keilmuan yang sudah diberikan bisa benar benar  membantu dalam aplikasi pekerjaan di tempat Saudara bekerja nantinya. Untuk memberikan teoritif yang bagus di masyarakat terhadap lulusan kita di fakultas kedokteran ULM, maka tolong perlihatkan yang terbaik kepada dunia terutama masyarakat Kalimantan selatan. Kami juga berpesan untuk bisa menjaga nama baik dari Universitas, Fakultas Kedokteran, dan juga Program Studi Psikologi serta nama baik individu juga dalam bekerja di instansi masing-masing”.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Koordinator Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM Sukma Noor Akbar, M.Psi., Psikolog. Beliau menyampaikan bahwa yudisium untuk program studi Psikologi program sarjana dimana tercatat ada 30 mahasiswa yang mengikuti yudisium pada hari ini dinyatakan lulus dengan pujian artinya memiliki IPK lebih dari 3.00 dan lulus dengan tepat waktu. Untuk Program Studi Psikologi kalian bisa menjadi ujung tombak kami dalam mempromosikan program studi psikologi artinya kami bisa meluluskan lulusan berkualitas dan ungguls seperti kalian.

Pak Sukma, sapaan beliau, turut menyampaikan harapan untuk para lulusan agar tetap bisa bekerjasama setelah menjadi alumni. “Harapan kami kepada para lulusan yang telah dinyatakan resmi menyandang gelar S.Psi. diharapkan alumni tetap berperan dan mendukung prodi secara khusus dan fakultas secara umum, yang nantinya akan bekerjasama dengan para alumni. Jaga nama baik Program Studi Psikologi ULM dan juga menjaga nama almamater ULM. Sekali lagi selamat kepada para peserta yudisium. Semoga teman teman yang lain juga bisa cepat menyusul dengan predikat terpuji juga”. 

Sepatah kata juga disampaikan oleh perwakilan peserta yudisium yakni Ahmad Helmi Nugraha “Begitu banyak bantuan serta kemudahan yang telah kami dapatkan selama berkuliah di Fakultas Kedokteran ULM, baik berupa fasilitas, kompetensi dan ilmu dari bapak/ibu dosen, hingga kebebasan ruang untuk mengembangkan diri. Kami sadar bahwa seluruh kebaikan yang telah kami dapatkan tidak bisa sepenuhnya kami balaskan secara langsung, selain dengan mengaplikasikan seluruh ilmu yang telah kami dapatkan sehingga dapat menjadi amal jariah dan teriring pula doa semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang telah bapak dan ibu berikan kepada kami”

Kemudian, teruntuk teman-teman yang melaksanakan yudisium hari ini. Perjuangan selama 4 tahun ini tentu bukanlah suatu perjuangan yang mudah, begitu banyak tantangan, rintangan, dan pengorbanan yang harus dilalui. Namun percayalah bahwa proses yang kita alami saat menjadi mahasiswa merupakan sebuah bekal dasar menuju kedewasaan yang akan mengantarkan kita pada cerahnya masa depan. Kita harus memahami bahwa kuliah itu singkat, perjuangan sebenarnya adalah setelah kita keluar dari almamater kita tercinta ini dan harus bersaing dengan seluruh Sarjana diluar sana dengan berbagai macam latar belakang pendidikan. Saat itu terjadi orang lain tidak hanya semata-mata akan melihat dari sehebat apa kalian di kampus, pernah jadi apa kalian di kampus, dan sebanyak apa kegiatan kalian, namun seberapa besar value yang bisa kalian berikan, itu lah kunci dari semua bekal yang telah kita kumpulkan selama berkuliah di almamater kita tercinta ini. Terakhir, teriring doa semoga kita semua yang hari ini melaksanakan yudisium dapat menjadi insan yang bermartabat, bermanfaat, dan diberikan kemudahan serta jalan terbaik setelah kita lulus dan mendapatkan tanggung jawab atas gelar yang telah disematkan. Selamat untuk kita semua” lanjutnya.

A group of men posing for a photo

Description automatically generated with medium confidence

Foto Mahasiswa Psikologi Yudisium sebanyak 30 orang

Periode Yudisium Kali ini, Meli Hayati mahasiswa program studi angkatan 2018 tercatat sebagai lulusan dengan predikat tertinggi yaitu IPK 3.69 dan juga lulusan dengan pujian. Ia juga menyampaikan “Saya sangat bersyukur kepada allah swt karena diberikan kesempatan istimewa menjadi lulusan terbaik pada yudisium periode ini. Semoga pencapaian ini, bisa menjadi motivasi saya untuk memanfaatkan ilmu yang sudah saya pelajari di kehidupan bermasyarakat. Tentunya saya sadar, pencapaian yang saya ini tidak lepas dari dukungan dan doa keluarga saya. Juga kepada dosen dosen semua yang sudah banyak memberi saya ilmu di psikologi ini selama 4 tahun. Selama disini selain belajar mengenai teori saya juga belajar memahami diri sendiri, menghargai setiap orang dengan keunikannya masing masing dan memanusiakan manusia. Terakhir saya berharap kepada  teman teman seperjuangan yang lulus sama-sama pada hari ini sukses di jalan masing-masing kedepannya dan bermanfaat di masyarakat”. 

Segenap keluarga besar civitas akademika Fakultas Kedokteran ULM mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yudisium Program Studi Psikologi FK ULM. Semoga ilmu yang telah didapatkan dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya. (FAD/IHY)

Nama Penulis : Muhammad Fadhillah, SE

Asal Program Studi : Program Studi Psikologi FK ULM

Nama Editor :  Ihya Hazairin Noor, SKM., MPH

Tanggal Penulisan : 21 November 2022