Fakultas Kedokteran ULM

Mahasiswa PSKM Siap Magang!

HomeBeritaMahasiswa PSKM Siap Magang!

Foto Bersama UP Magang dan Peserta Program Magang setelah Kegiatan Pembekalan Magang Resmi di Tutup pada Rabu (23/06/2022) Bertempat di Ruang Kuliah Besar H. Adenan, Banjarbaru.

Banjarbaru – Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKM FK ULM) telah melaksanakan kegiatan Pembekalan Magang bagi mahasiswa angkatan 2019 yang akan menjalani magang pada periode Juli – Agustus Tahun 2022. Pembekalan Magang dilaksanakan guna mempersiapkan skill maupun attitude peserta saat melaksanakan magang di berbagai instansi. Program Studi menyadari pentingnya program magang bagi mahasiswa. Kegiatan magang bertujuan untuk mengatasi gap atau kesenjangan yang sering terjadi antara teori dan kenyataan di lapangan yang kompleks. Selain itu, program tersebut dapat menambah pengalaman kerja dalam bidang tertentu yang berkenaan dengan rencana keahlian mahasiswa. 

Kegiatan Pembekalan Magang dilaksanakan Rabu dan Kamis, 22 – 23 Juni 2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh Koordinator Unit Pengelola Magang PSKM FK ULM, yaitu Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes di Ruang Kuliah Besar H. Adenan. Saat pembukaan, Koordinator Magang berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga etika selama menjalani kegiatan magang di instansi masing-masing. Pentingnya etika tergambar dalam bobot penilaian formatif, yaitu 100% untuk Etika Mahasiswa. Penilaian etika juga akan menjadi pertimbangan dalam pemberian penilaian sumatif dan kelulusan magang.

Pada periode kali ini, peserta magang berjumlah 86 orang, yang terbagi menjadi 39 orang dari Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan, 30 orang dari peminatan Kesehatan dan keselamatan Kerja (K3), 12 orang dari Peminatan Epidemiologi dan 5 orang dari Peminatan Kesehatan Lingkungan. Adapun instansi magang yang dituju oleh mahasiswa sangat beragam, mulai dari rumah sakit, dinas kesehatan, dinas ketenagakerjaan, laboratorium kesehatan dan keselamatan kerja, perusahaan, puskesmas dan lainnya. Lamanya durasi magang tiap mahasiswa juga beragam, mulai yang tersingkat 1 bulan hingga terlama 2 bulan.

Peserta Program Magang mendapatkan materi antara lain pengantar konsep magang konvensional dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MBKM-MSIB); prosedur dan tahapan dalam pelaksanaan magang; teknik perumusan masalah dan alternatif intervensi; gambaran singkat program magang; perumusan POA; teknik komunikasi, advokasi dan pembuatan intervensi kesehatan; pedoman penyusunan laporan magang; dan penyelesaian administrasi berkas magang. Tidak lupa Unit Pengelola Magang Prodi membagikan buku pedoman untuk menunjang kelancaran proses magang mahasiswa.

Salah satu hal yang paling ditekankan saat Kegiatan Pembekalan adalah kesungguhan dan etika mahasiswa ketika magang. Mahasiswa angkatan 2019 diharapkan dapat bersungguh-sungguh untuk memberikan etos kerja terbaik kepada instansi mitra program magang dan menjunjung tinggi etika. “Beban moral ataupun beban kewajiban kalian itu akan membawa nama baik PSKM. Kalian istilahnya bekerja tidak sesuai aturan, etika kalian buruk dengan atasan, itu yang dibawa adalah nama PSKM dan tidak hanya kalian saja. Seluruh mahasiswa PSKM di bawah kalian atau di atas kalian, semua prodi, ataupun FK bahkan, dan nama ULM terseangkut paut. Nah jadi mohon ditekankan hal tersebut” Ucap Agung Waksito, ST., MT sebagai perwakilan Unit Pengelola Magang saat menyampaikan salah satu materi pembekalan.

Kedisiplinan juga menjadi pelajaran penting yang diperoleh mahasiswa ketika melaksanakan pembekalan magang. Selama pembekalan mahasiswa dilatih untuk datang tepat waktu dan membawa perlengkapan lengkap. Mahasiswa mendengarkan seluruh materi secara tertib dengan tidak mengobrol kepada peserta lainnya. 

Selamat magang mahasiswa PSKM FK ULM. Semoga mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman untuk memperkaya kompetensi anda! (rin/ihy).

Nama Penulis                : Mahrisya Rindu Wahyuni.,Amd.KG
Asal Program Studi      : Program Studi Kesehatan Masyarakat
Nama Editor                  : Ihya Hazairin Noor
Tanggal Penulisan        : 28 Juni 2022