Fakultas Kedokteran ULM

Opening Diesnatalis Fakultas Kedokteran ULM ke-31

HomeBeritaOpening Diesnatalis Fakultas Kedokteran ULM ke-31

FK ULM Banjarbaru, Sabtu (18/09/2021) – Fakultas Kedokteran ULM telah melaksanakan kegiatan Opening Diesnatalis ke-31 secara daring dan luring. Kegiatan secara daring menggunakan media Converence Zoom Meeting, sedangkan kegiatan secara luring dilakukan di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru.

Tema yang diusung pada kegiatan ini ialah “The Old Wind Brings a New Atmosphere” atau “Mengangkat Kembali Budaya Banjar yang Mulai Luntur dengan Atmosfer yang Baru” Harapannya dengan diangkatnya tema ini pada kegiatan Diesnatalis FK ULM yang ke-31 ini dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan budaya banjar dan mengangkat kembali budaya banjar kepada anak muda dengan nuansa kebaruan atau atmosfer yang baru.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dekan FK ULM yaitu Dr. Iwan Alfanie, dr., M. Kes., Sp.F., SH, Kepala Dinas Kabupaten Banjar yaitu dr. Diauddin, M. Kes, perwakilan tim PT Arutmin Satui, para Koordinator Program Studi yaitu Kedokteran Program Sarjana, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan Program Sarjana, Psikologi, Kesehatan Masyarakat Program Magister, Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, Pendidikan Profesi Ners Program Profesi serta tenaga pendidik (Dosen) dan tenaga kependidikan di lingkungan FK ULM.

Opening Diesnatalis FK ULM ke-31 ini diselenggarakan dengan dua sesi, yaitu sesi formal dan sesi informal. Pada sesi formal diawali dengan pemeriksaan swab antigen oleh tim pemeriksa dari FK ULM. Protokol kesehatan ditegakkan secara ketat saat pelaksanaan kegiatan secara luring. Kegiatan selanjutnya yaitu penampilan tarian khas dari Kalimantan Selatan, yaitu tari Radap Rahayu. Mengusung tema tentang mengangkat kembali budaya banjar tentunya penampilan tari Radap Rahayu menjadi awal dari harapan besar yang tersemat pada bagian dari tema Diesnatalis FK ULM tahun ini. Selain itu, tarian ini merupakan salah satu tarian untuk penyambutan tamu sebagai tanda penghormatan.

Setelah penampilan tari Radap Rahayu, kegiatan selanjutnya adalah pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan oleh Ketua Pelaksana dari mahasiswa disampaikan oleh Raditya dari Program Studi Kedokteran Program Sarjana, sedangkan sambutan Ketua Pelaksana dari dosen disampaikan oleh Agianto, S.Kep, Ns., MNS, Ph.D.. Kegiatan Diesnatalis FK ULM merupakan sebuah kolaborasi yang sinergis antara mahasiswa dan dosen. “Pelaksanaan digelar dalam tiga tahapan, yakni bakti sosial, lomba dan webinar. Alhamdulillah, kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar hari ini. Dengan tema Gawi Sabumi Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan kebanggaan terhadap sasirangan, diharapkan mampu mengangkat kembali budaya banjar yang mulai luntur dengan atmosfer yang baru”, tutur Agianto, S.Kep, Ns., MNS, Ph.D.

Sambutan oleh Dekan FK ULM, Dr. Iwan Alfanie, dr., M. Kes., Sp.F., SH

“Kami berharap Fakultas Kedokteran bisa semakin maju dan semakin banyak sumbangsih terbaiknya untuk negara Indonesia khususnya Banua kita, Kalimantan Selatan. Saya yakin akan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa FK sekarang untuk mewujudkan harapan tersebut dan mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi serta seperti tema pada hari ini mengenai mengangkat kembali budaya Banjar yang mulai luntur adalah peran kita semua dan tentunya mahasiswa dan anak muda adalah tonggak utamanya” ucap Dekan FK ULM pada sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan juga menjelaskan terkait kerja sama antara FK ULM dengan PT Arutmi yang sudah berjalan sejak lama. Dalam hal memperkuat kerja sama tersebut secara lebih formal dalam bentuk memperluas desa binaa, salah satunya di wilayah PT Arutmin Site Satui. Harapannya dalam kesinergisan antara perguruan tinggi dan dunia usaha, khususnya dalam hal ini PT Arutmin Site Satui dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan dalam bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran serta Pengabdian kepada Masyarakat. Masih dalam rangkaian kegiatan Opening Diesnatalis FK ULM ke-31, penampilan tari Baras Kuning juga ikut menghiasi rangkaian acara. Upaya memperkenalkan tari khas Kalimantan Selatan tersebut merupakan suatu upaya mengangkat kembali budaya Banjar. Terlebih pelaksanaan kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan secara luring melainkan juga secara daring, sehingga peserta kegiatan yang berhadir secara daring juga ikut merasakan nuansa kebudayaan Banjar dalam menikmati suguhan tari Baras Kuning.

Pemberian Apresiasi Kepada Mahasiswa Berprestasi di lingkungan FK ULM

Lomba Masak Berbahan Dasar Cempedak Yang Diikuti Oleh Dosen Dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan FK ULM

Peserta Lomba Masak dan Juri Lomba Masak, Agus Gazali Rahman, S.Pd (Chef Agus Sasirangan)

Lebih lanjut, acara formal opening Dies Natalis FK ULM ke-31 di tutup oleh kegiatan Pemberian Apresiasi Mahasiswa Berprestasi di lingkungan FK ULM baik prestasi tingkat lokal hingga internasional. Kegiatan sesi formal ditutup oleh Master of Ceremony sesi formal dan diestafetkan pada Master of Ceremony informal. Kegiatan informal dipenuhi dengan kegiatan perlombaan, diantaranya perlombaan masak dengan bahan dasar cempedak yang diikuti oleh tenaga pendidik (Dosen) dan tenaga kependidikan di lingkungan FK ULM. Selain itu terdapat drama kabaret serta perlombaan Fashion Show untuk mahasiswa FK ULM yang mengusung tema “Recreate the Old Me”. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada acara Closing Dies Natalis FK ULM di bulan November 2021 (rin/dia).

Pembuat Artikel : Mahrisya Rindu Wahyuni, Amd.KG 

Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM

Editor : Noor Diani