Fakultas Kedokteran ULM

Fakultas Kedokteran ULM Gelar Workshop Manajemen Website

HomeBeritaFakultas Kedokteran ULM Gelar Workshop Manajemen Website
11Sep

FK ULM, Banjarmasin (10/09/21) Kemajuan teknologi komunikasi sekarang ini semakin berkembang dan mentransformasi banyak hal, dan memegang peran penting dalam tatanan sosial serta budaya baru, termasuk di dunia pendidikan tinggi. Hal ini tentu tidak luput dari perhatian Fakultas Kedokteran (FK) ULM yang pada Jumat, 10 September 2021 lalu melaksanakan Workshop “Manajemen Pengelolaan Website Untuk Tenaga Pendidik Di Lingkungan Fakultas Kedokteran”, melalui media Converence Zoom Meeting.

Workshop ini dihadiri oleh semua tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan dan operator website dari Program Studi di Fakultas Kedokteran ULM, yaitu Program Studi Kedokteran Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Psikologi. Kegiatan ini juga dihadiri sekaligus dibuka oleh Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Sambutan dan Pembukaan yang diberikan oleh Dekan FK ULM

Sebagai narsumber di workshop ini adalah dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, yaitu Andie, S.Kom., M.Kom yang membawakan materi mengenai “Manajemen Pengelolaan Website untuk Tenaga Pendidik”. Adapun tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada tenaga pendidik dan pengelola website. Pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan dari Program Studi di Fakultas Kedokteran ULM dalam pengelolaan website sebagai media informasi FK ULM baik kepada sivitas akademika maupun kepada publik.

Peserta Workshop Manajemen Pengelolaan Website

Website merupakan sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website dapat dibuka dengan menuliskan URL atau alamat website di browser. Website memiliki banyak manfaat di kehidupan dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis, organisasi untuk melayani berbagai tujuan. Sistem ini memudahkan pencarian informasi untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lain sebagainya pada jaringan internet. Internet memberikan dampak luar biasa bagi manusia untuk bisa mengakses segala jenis informasi. Website menjadi salah satu alat dan media yang menggunakan akses internet untuk berbagai macam tujuan dan penggunaan. Fungsi utama pembuatan website adalah sebagai wadah atau media. Baik media komunikasi, media penyampai berita, atau media penerima informasi. 

Penyampaian Materi Oleh Andie, S.Kom., M.Kom

Materi yang dibawakan oleh pemateri terkait dengan manajemen pengelolaan website berbasis WordPress. WordPress ini sendiri merupakan sebuah aplikasi open source populer yang digunakan sebagai blog engine. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tidak hanya sebagai aplikasi open source. WordPress menggunanakan CMS (Content Manajemen System) atau sebuah sistem yang mengatur konten pada situs web, baik situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya. Manfaat CMS memberikan kemudahan untuk membuat halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana membuat website dari awal. Keunggulan WordPress Open source yang berarti bisa digunakan tanpa membayar, template dan desain sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Adanya kemudahan untuk melakukan impor dari situs lainnya, banyak plugin tambahan dan template yang bisa diunduh dan gunakan secara gratis. 

Pemaparan materi mengenai manajemen pengelolaan website oleh narasumber

Praktik langsung juga dilakukan oleh pemateri dalam sela-sela kegiatan workshop. Diawali dengan pengenalan cara instalasi website dari awal, sampai configurasi server dengan memakai aplikasi yang dibutuhkan. Dalam workshop ini juga diajarkan bagaimana cara mengelola kategori, tag, post (berita), media, page (halaman), komentar pada website serta ditambah dengan pengelolaan widget, menu, plugins, user dan keamanan.

Praktik penggunaan WordPress oleh narasumber

Kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta workshop sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan dalam perkembangan kedepan FK ULM dapat memaksimalkan pengelolaan website dan mampu menghadirkan informasi yang dikonsumsi oleh publik secara lebih luas dan waktu yang cepat (der/ihy).

Pembuat Artikel : Dery Yuswanto Jaya, S.Kom 

Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Editor : Ihya Hazairin Noor